Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencari Chat di WA iPhone dan Android


Cara Mencari Chat di WA iPhone dan Android

 Seringnya kita lupa akan topik penting yang diobrolkan didalam sebuah chat WhatsApp. Namun hal tersebut tidak perlu kamu khawatirkan, sebab kamu tahu bahwa kamu masih bisa mencari kemudian melihat kembali riwayat dari chat tersebut.

Namun bagaimana jika topik chat tersebut sudah tertimpa oleh obrolan-obrolan baru yang kamu bicarakan dan ditambah lagi dengan begitu banyaknya jumlah chat yang sudah ada disana, pasti hal itu akan membuat kamu sedikit kesulitan untuk mencari topik chat WA yang kamu cari.

Nah, untuk membantu menjawab kesulitan kamu itu, disini admin akan memberikan tutorial tentang cara mencari chat di WA iPhone dan Android. Jadi dengan cara ini kamu tidak akan merasa kesulitan lagi saat ingin menemukan pesan di WhatsApp untuk beberapa chat tertentu.

Kamu sudah tahu bahwa aplikasi WhatsApp merupakan aplikasi yang sebagian besar pengguna smartphone baik Android ataupun iPhone sudah pasti menggunakan aplikasi ini terutama untuk chatting dengan orang lain, jadi tak ayal lagi jika didalam aplikasi WhatsApp terdapat segudang fitur menarik dan bermanfaat untuk penggunanya. Maka dari itu, banyak pengguna smartphone yang lebih memilih untuk menggunakan aplikasi WhatsApp ketimbang aplikasi perpesanan lainnya.

Baca Juga:

• Cara Chat WA Tanpa Save Nomor Terlebih Dahulu

• Cara Mengetahui Pesan WhatsApp Yang Dihapus Dengan Mudah

• Cara Membuat Fake Chat WhatsApp di Android

Tapi ada salah satu fitur di WhatsApp yang kehadirannya cukup membantu namun sayangnya fitur ini jarang diketahui sehingga jarang juga digunakan oleh penggunanya. Padahal untuk orang yang sering menggunakannya, mereka mengaku fitur ini sangat bermanfaat sekali. Ya, fitur ini adalah fitur pencarian pesan yang fungsinya tidak lain dan tidak bukan adalah untuk mencari kata didalam chat WA.

Dengan menggunakan fitur ini kamu tidak perlu lagu susah-susah untuk membaca chat satu-persatu dan scroll layar keatas kebawah hanya untuk mencari chat WhatsApp yang ingin ditemukan. Kamu hanya perlu menuliskan kata dari chat dan kamu akan langsung diarahkan kebagian chat tersebut. Biasanya fitur ini banyak digunakan oleh orang yang ingin mencari dan melihat chat lama mereka di WhatsApp.

Untuk kamu yang sudah penasaran dengan bagaimana cara mencari pesan WA dengan menggunakan fitur pencarian chat, kamu bisa langsung melihat tutorialnya setelah pesan-pesan berikut ini.


Cara Mencari Chat di WA iPhone dan Android

Tutorial berikut ini bisa kamu praktikan di HP iPhone maupun di HP Android, karena pada dasarnya caranya tetaplah sama. Jadi admin tidak perlu untuk membuat dua tutorial yang sama untuk dua HP dengan sistem operasi yang berbeda.

Fitur cari chat ini merupakan fitur bawaan dari WhatsApp itu sendiri, jadi kita tidak perlu menggunakan bantuan aplikasi apapun untuk melakukannya, karena fitur ini sudah ada didalam aplikasi WhatsApp.

Ada dua cara yang dapat digunakan untuk mencari pesan di WA, kedua caranya memiliki fungsi yang berbeda. Baiklah, agar kamu tidak semakin bertambah penasaran, langsung saja kita masuk ke tutorialnya.


1. Mencari chat dengan semua kontak WhatsApp

Cara yang pertama ini bisa kamu gunakan untuk mencari kata didalam semua chat yang pernah kamu lakukan dengan siapapun dikontak kamu.

1. Buka aplikasi WhatsApp di Android ataupun di iPhone milikmu masing-masing.

2. Setelah membuka WhatsApp otomatis kamu berada didalam beranda chat, nah, didalam beranda chat ini kamu sudah bisa melakukan pencarian chat dengan cara tap ikon kaca pembesar yang kamu lihat pada bagian atas kanan layar.

2. Mencari chat dengan semua kontak WhatsApp

3. Selanjutnya kamu tinggal mengetikan kata yang ingin kamu cari didalam kolom yang tertera disana. Sebagai contoh admin ingin mencari kata "Tidak".

3. Mencari chat dengan semua kontak WhatsApp

4. Dan hasilnya semua chat kamu dengan kontak kamu yang didalamnya terdapat kata "Tidak" akan ditampilkan, termasuk dengan media seperti foto, video, gif, dokumen, audio dan tautan juga akan ditampilkan dengan alasan media tersebut mengandung kata "Tidak".

4. Mencari chat dengan semua kontak WhatsApp

5. Selesai.

Jadi kesimpulan di cara pertama ini kamu bukan cuma bisa mencari chat saja, namun kamu juga bisa mencari beberapa media seperti yang sudah admin sebutkan diatas, dan kamu juga bisa mencari kontak.

Baca Juga: Cara Mencari Kata di Halaman Web Google Chrome Android


2. Mencari chat di WA dengan kontak tertentu

Cara kedua ini berbeda dengan cara pertama tadi. Di cara ini kamu akan mencari kata di chat WA dengan kontak yang lebih spesifik atau lebih jelasnya dengan satu kontak WA saja.

1. Langkah pertama sama seperti tadi, yaitu buka aplikasi WhatsApp di iPhone atau Android kamu.

2. Setelah berada didalam beranda chat WhatsApp, masuk kedalam chat kamu dengan kontak yang dimana ada chat yang ingin kamu cari disana.

3. Selanjutnya tap ikon titik tiga pada bagian atas kanan layar.

3. Mencari chat di WA dengan kontak tertentu

4. Setelah muncul beberapa pilihan, kamu pilih opsi "Cari".

4. Mencari chat di WA dengan kontak tertentu

5. Sekarang kamu tinggal memasukan kata yang ingin dicari. Misal admin ingin mencari chat dengan kata "Jauh".

6. Setelahnya kamu akan otomatis dibawa kebagian chat yang didalamnya ada kata "Jauh". Kata tersebut ditandai dengan background berwarna kuning, kamu bisa melihat chatnya sendiri disana.

6. Mencari chat di WA dengan kontak tertentu

7. Jika kata "Jauh" itu ada lebih dari satu, artinya kamu dibawa kebagian chat dengan kata "Jauh" yang paling awal atau pertama, dan untuk menemukan lagi kata "Jauh" dari chat yang lebih lama kamu tidak perlu scroll layar, disana kamu bisa melihat ada dua tombol dengan ikon keatas dan kebawah. Tap ikon keatas untuk kebagian chat lama dan tap ikon kebawah untuk menuju bagian chat baru.

7. Mencari chat di WA dengan kontak tertentu

8. Untuk melihat tanggal chat tersebut, kamu bisa scroll sedikit layar kebawah atau keatas dan tanggal berupa pop-up pun akan muncul.

9. Selesai.


Baca Juga:

• 2 Cara Membalas Pesan WhatsApp Tanpa Terlihat Online Dan Mengetik

• Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Di iPhone Dan Android

• 4 Cara Mengetahui WA Diblokir Tanpa Harus Chat

Apakah sampai disini kamu sudah paham tutorial mencari kata didalam sebuah chat WhatsApp iPhone dan Android? Menurut admin kamu pasti sudah paham, cara diatas cukup mudah untuk dicerna.

Buat kamu yg ingin pergi ke chat pertama atau ingin mencari chat berdasarkan tanggal, kamu harus menggunakan WhatsApp mod atau GBWhatsApp, karena fitur tersebut belum tersedia di aplikasi WhatsApp asli atau resmi. Yang tersedia di WA resmi hanyalah fitur mencari chat dengan menuliskan kata dari chat tersebut, dengan fitur ini kamu juga bisa mencari chat yang sudah lama asalkan kamu ingat dengan kata di chat WA tersebut.

Itulah cara mencari chat di WA iPhone dan Android. Hanya itu saja yang bisa admin sampaikan didalam artikel kali ini, dan buat kamu yang mungkin masih ada yang tidak paham tentang tutorial diatas, kamu bisa langsung bertanya melalui kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Chat di WA iPhone dan Android"