Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Install Kali Linux di Termux Android Tanpa Root


2 Cara Install Kali Linux di Termux Android Tanpa Root

 2 cara install Kali Linux di Termux Android tanpa root - Kali Linux merupakan salah satu distro Linux yang terkenal karena memiliki lebih dari 600 alat atau tools keamanan yang canggih dan kuat. Jadi, tidak heran jika Kali Linux sering digunakan untuk melakukan berbagai pengujian keamanan dan mengidentifikasi kerentanan dalam sistem, aplikasi, dan jaringan.

Dengan tools Kali Linux, pengguna dapat melakukan pengujian penetrasi (penetration testing), pemulihan data, memecahkan password, pemeriksaan celah, dan berbagai aktifitas lainnya melalui perangkat apapun termasuk di perangkat yang bersistem operasi Android.

Kamu dapat menginstal Kali Linux di Android karena distro ini didasarkan pada Debian sedangkan Android didasarkan pada kernel Linux, sehingga keduanya memiliki arsitektur yang sejalan dan saling mendukung. Hal itulah yang memungkinkan Kali Linux dapat dioperasikan di Android dengan bantuan aplikasi Termux.

Termux memiliki lingkungan virtual tersendiri untuk menjalankan distribusi Linux di ponsel Android. Adanya teknologi seperti containerisasi dan chroot mampu menciptakan lingkungan terisolasi di Android yang di mana Kali Linux dapat diinstall dan dijalankan melalui lingkungan shell tersebut.

Baca Juga:

• Cara Install dan Menggunakan Text Editor Vim di Termux Android

• Cara Menggunakan Termux Styling Gratis

Ketersediaan script atau tool untuk install Kali Linux Nethunter di Termux juga sudah ada banyak sekali. Dengan tools-tools seperti ini kamu bisa menginstall Kali Linux dengan mudah dan tanpa root. Kamu tidak usah lagi menginstal apapun yang dibutuhkan untuk distribusi Linux tersebut karena semua akan di install secara otomatis.

Jika ingin mencoba menggunakan Kali Linux di Termux, admin sudah menyiapkan dua metode yang sangat mudah untuk kamu lakukan, bahkan ketika kamu pemula sekalipun. Jika penasaran, baca artikel ini sampai selesai karena masih banyak hal penting yang harus kamu tahu tentang penginstalan Kali Linux di Android dengan aplikasi Termux.

2 Cara Install Kali Linux di Termux Android Tanpa Root

Sebelumnya perlu kamu ingat bahwa ukuran dari Kali Linux biasanya lebih dari 500 MB, bahkan bisa mencapai 1GB lebih. Oleh karena itu, kamu harus memastikan bahwa kuota internet dan ruang penyimpanan yang tersedia di Android kamu cukup untuk menginstalnya.

Selain itu kamu juga harus menyiapkan bahan dasar utamanya, yaitu aplikasi Termux. Karena sekarang ini aplikasi Termux asli sudah tidak tersedia lagi di Play Store, kamu perlu download aplikasi Termux melalui situs atau aplikasi pihak ketiga.

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut ini 2 cara install kali Linux di Termux tanpa root. Silahkan simak baik-baik.

1. Menggunakan Script Installer Kali Linux

Pada cara pertama ini kamu akan menggunakan script installer Kali Linux yang berasal dari Gitlab. Sebenarnya, selain Gitlab, di Github juga banyak script serupa namun yang paling mudah hanya admin temukan di Gitlab.

Untuk menginstall dengan cara ini dapat dilakukan tanpa aplikasi tambahan apapun selain aplikasi Termux itu sendiri. Berikut adalah tutorial selengkapnya.

1. Jalankan aplikasi Termux di Android kamu.

2. Setelah berada di Termux dan prompt sudah siap untuk dimasukan dan menjalankan perintah, kamu jalankan perintah-perintah di bawah ini untuk menyiapkan semua package yang nantinya akan dibutuhkan:

$ pkg update && pkg upgrade

$ pkg install proot

$ pkg install wget

$ pkg install curl

3. Sekarang kamu download file script Kali Linux langsung di dalam Termux menggunakan perintah di bawah ini.

$ wget -O install-nethunter-termux https://offs.ec/2MceZWr

4. Terakhir kamu jalankan perintah di bawah ini untuk mengubah izin file dan menginstall serta menjalankan script Kali Linux:

$ chmod +x install-nethunter-termux

$ ./install-nethunter-termux

5. Jika Kali Linux sudah berhasil di install kamu akan melihat tampilannya seperti di bawah ini. Jika sudah seperti itu berarti Kali Linux siap untuk kamu gunakan.

5. 2 Cara Install Kali Linux di Termux Android Tanpa Root

6. Selesai.

2. Menggunakan Aplikasi Termux dan AnLinux

Di cara yang kedua ini sebenarnya membutuhkan 2 aplikasi, yakni aplikasi Termux dan aplikasi AnLinux. AnLinux merupakan aplikasi yang yang menyediakan distribusi Linux lengkap untuk Android, termasuknya Kali Linux, Debian, Ubuntu, Fedora, Arch Linux, dan distro Linux lain yang semuanya dapat dijalankan tanpa root.

Nantinya aplikasi AnLinux akan memberikan kamu beberapa perintah khusus untuk menginstall Kali Linux melalui Termux Android. Kamu tinggal copy perintah tersebut dan menjalankannya di Termux.

Namun, di sini kamu tidak perlu menginstall aplikasi AnLinux lagi, admin sudah merangkum semua perintah-perintahnya untuk mempermudah dan mempersingkat waktu kamu. Karena mau di HP Android apapun pasti perintah yang akan di berikan oleh aplikasi AnLinux ini akan tetap sama.

Berikut ini langkah-langkah dari tutorial install Kali Linux di aplikasi Termux berdasarkan perintah dari AnLinux.

1. Buka aplikasi Termux di HP Android masing-masing.

2. Selanjutnya sama seperti cara pertama tadi kamu perlu terlebih dahulu memperbarui package yang sudah ada dan menginstall beberapa package pendukung lainnya, berikut adalah perintah-perintahnya.

$ pkg update && pkg upgrade

$ pkg install root-repo

$ pkg install unstable-repo

$ pkg install openssl-tool

$ pkg install x11-repo

$ pkg install curl

$ pkg install wget

$ pkg install git

3. Jika semua perintah di atas sudah berhasil dijalankan dengan sukses, sekarang kamu jalankan perintah di bawah ini.

$ wget https://raw.githubusercontent.com/EXALAB/AnLinux-Resources/master/Scripts/Installer/Kali/kali.sh && bash kali.sh

4. Jika sudah, sekarang kamu jalankan perintah:

$ ./start-kali.sh

5. Langkah selanjutnya kamu jalankan perintah:

$ wget https://raw.githubusercontent.com/EXALAB/AnLinux-Resources/master/Scripts/DesktopEnvironment/Apt/Xfce4/de-apt-xfce4.sh && bash de-apt-xfce4.sh

Proses dari perintah ini mungkin membutuhkan waktu yang agak lama tergantung dari koneksi jaringan yang digunakan. Kamu tunggu saja hingga prosesnya selesai.

6. Jika sudah, kamu akan menemukan opsi "Keyboard layout", silahkan isi angka 1 lalu Enter.

7. Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukan atau membuat password, silahkan isi dengan password yang diinginkan.

8. Selesai.

Itu dia 2 cara install Kali Linux di Termux Android tanpa root. Harap lebih teliti dalam menjalankan setiap langkah yang ada di atas terutama saat kamu menjalankan perintah di Termux. Sebab, di Termux, kesalahan pada besar kecil huruf pun bisa menjadi kesalahan besar.

Baca Juga:

• Cara Install dan Menggunakan Tool-X di Termux Terbaru

• Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022

Setelah berhasil menginstall dan menjalankan Kali Linux di Termux, mungkin kamu perlu sedikit mempelajarinya karena setiap distribusi Linux pasti memiliki perbedaan. Tapi semua perintah dasar untuk menggunakan Kali Linux sama saja seperti sebelumnya atau seperti biasanya kamu menggunakan Termux.

Namun, package, script, tools, module, dan peralatan lainnya perlu di Install ulang di Kali Linux yang baru kamu install. Semua yang sebelumnya pernah kamu install di Termux tidak akan terinstall di saat kamu menggunakan Kali Linux. Setiap distro memiliki penyimpanannya masing-masing.

Sedangkan jika dilihat dari segi fungsi, fungsi Kali Linux di Termux sama seperti Kali Linux pada umumnya, yaitu sebagian besarnya digunakan untuk uji keamanan. Namun untuk mengenal lebih dalam tentang distribusi Linux yang satu ini, kamu harus membiasakan untuk menggunakannya di Termux.

Sebelum artikel ini admin akhiri, ada satu hal lagi yang perlu kamu catat, meskipun kamu bisa install Kali Linux tanpa root di Termux Android, mungkin ada saja beberapa tools yang di batasi untuk user biasa dan hanya dapat digunakan untuk perangkat Android yang sudah di root.

Posting Komentar untuk "2 Cara Install Kali Linux di Termux Android Tanpa Root"