Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Mode Terbatas di TikTok? Berikut Penjelasan, Cara Mengaktifkan dan Cara Menonaktifkannya


Apa itu Mode Terbatas di TikTok? Berikut Penjelasan, Cara Mengaktifkan dan Cara Menonaktifkannya

 Platform TikTok memiliki banyak fitur yang sangat berguna dan bermanfaat bagi kita. Diantara fitur-fitur yang dimilikinya, ada satu fitur yang memiliki peran yang sangat penting. Fitur tersebut bernama Resticted Mode atau Mode Terbatas. Bagi kalian yang belum tahu apa itu Mode Terbatas, di artikel ini admin akan menjelaskan tentang mode tersebut serta cara mengaktifkan dan menonaktifkannya.

Kita semua tahu bahwa siapapun dapat mengakses aplikasi TikTok, mulai dari kalangan anak-anak sampai dengan orang dewasa sangat menikmati konten video pendek yang disuguhkan oleh aplikasi ini.

Bagaimana tidak tertarik, sebab video jenis apapun yang kamu cari pasti ada di dalam platform ini, misalnya video berita, video yang sedang viral, edukasi, hiburan, entertainment, musik, video potongan dari platform lain seperti YouTube dan Instagram, dan bahkan video-video eksplisit juga kadang muncul di dalam aplikasi TikTok.

Bukannya menjadi kelebihan karena memiliki konten video yang cukup lengkap, terkadang sebagian orang tua justru merasa khawatir ketika anaknya menonton video di TikTok. Hal itu dikarenakan tidak semua video yang ada di TikTok layak untuk dikonsumsi oleh anak di bawah umur.

Baca Juga:

• Script Termux Auto Followers TikTok Gratis

• Cara Mengaktifkan Penghemat Data di Aplikasi TikTok HP Android

Nah, karena orang tua tidak mungkin mengawasi anaknya setiap saat membuka TikTok, maka aplikasi TikTok membantunya dengan menghadirkan fitur Mode Terbatas. Fitur ini akan memfilter video-video yang mungkin tidak pantas untuk ditonton oleh anak-anak.

Apa itu Mode Terbatas di TikTok?

Mode Terbatas TikTok adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membatasi interaksi dengan beberapa konten video yang dianggap tidak pantas untuk sebagian orang, umumnya terkait dengan batasan usia.

Jadi ketika fitur ini aktif, konten-konten yang disuguhkan untuk orang dewasa tidak akan ditampilkan di dalam feed atau beranda pengguna TikTok yang usianya masih di bawah 17 tahun. Sehingga mereka dapat menikmati tontonan video TikTok yang layak sesuai dengan usianya.

Mengapa TikTok bisa tahu dan bisa membedakan mana konten dewasa dan tidak? 

Jawabannya karena hal itu di bantu oleh para kreator atau pembuat video itu sendiri. Sebelum memposting video, sang kreator bisa menandai konten tersebut sebagai konten untuk dewasa. Selain itu bisa juga karena ada penonton yang melaporkan bahwa konten tersebut sangat sensitif sehingga TikTok akan menggolongkannya kedalam konten dewasa dan tidak akan ditampilkan untuk anak usia remaja dan dibawahnya.

Mode Terbatas tidak aktif secara default. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini, kamu perlu mengaktifkannya sendiri. Namun dalam beberapa kasus, fitur ini sudah aktif tanpa perlu diaktifkan, Mode Terbatas juga bisa diaktifkan oleh orang lain misalnya orang tua atau wali kamu melalui Family Pairing .

Untuk mengetahui bahwa fitur ini sudah aktif atau tidak, caranya sangat mudah. Jika aktif, kamu akan melihat tulisan Mode Terbatas saat mengakses beberapa konten yang di filter oleh mode tersebut.

Perlu kamu tahu bahwa fitur Mode Terbatas di aplikasi TikTok hanya dapat diaktifkan dan dinonaktifkan menggunakan sebuah password, password tersebut bisa berupa pin, kata sandi, atau sidik jari. Hal tersebut berguna agar anak-anak tidak dapat menonaktifkan mode tersebut tanpa seizin dari orang tuanya.

Meskipun memiliki peranan yang cukup penting tetapi biasanya mode ini hanya digunakan untuk tujuan yang lebih spesifik saja. Salah satu contohnya adalah untuk orang tua yang tidak ingin anaknya melihat konten vulgar di TikTok.

Sedangkan untuk pengguna yang sudah berumur sepertinya fitur ini tidak perlu diaktifkan karena akan membatasi video-video yang sebenarnya sah-sah saja untuk ditonton oleh orang dewasa.

Namun, entah untuk tujuan apapun kamu ingin mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur Mode Terbatas TikTok, kamu tetap dapat melakukannya dengan mudah melalui smartphone masing-masing. Jika memang kamu tidak mengetahui caranya, berikut ini admin akan memberikan panduannya.

Cara Mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

Pada dasarnya, aplikasi TikTok tidak memiliki fitur mode anak, namun fitur Mode Terbatas ini dapat menggantikan fitur tersebut karena fungsinya sama, yaitu untuk memblokir atau menghilangkan konten negatif di TikTok seperti konten pornografi, kekerasan, dan konten lain yang dibatasi untuk anak.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah, silahkan kamu ikuti langkah-langkah yang dijabarkan di bawah ini.

1. Buka aplikasi TikTok di ponsel masing-masing lalu login menggunakan akun TikTok yang sudah terdaftar.

2. Pada halaman utama aplikasi TikTok, tap menu "Profil" yang berada di pojok bawah kanan.

Langkah ke 2 untuk mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

3. Selanjutnya tap ikon garis tiga horizontal yang ada di atas kanan layar.

Langkah ke 3 untuk mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

4. Setelah itu kamu tap "Pengaturan dan Privasi".

Langkah ke 4 untuk mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

5. Kemudian pilih "Preferensi Konten".

Langkah ke 5 untuk mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

6. Lalu sekarang kamu pilih "Mode Terbatas".

Langkah ke 6 untuk mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

7. Langkah selanjutnya tap tombol "Aktifkan".

Langkah ke 7 untuk mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

8. Untuk mengaktifkan Mode Terbatas kamu perlu membuat kata sandi baru terlebih dahulu. Kata sandi ini adalah kata sandi khusus untuk Mode Terbatas, bukan kata sandi dari akun TikTok milikmu. Kamu harus ingat kata sandi ini karena akan digunakan juga ketika kamu ingin menonaktifkan mode tersebut.

9. Setelah memasukan kata sandi yang pertama, ulangi kata sandi tersebut untuk konfirmasi bahwa kata sandi sudah benar. Jika sudah, tap tombol "Atur".

Langkah ke 9 untuk mengaktifkan Mode Terbatas di TikTok

10. Selesai.

Sekarang fitur Mode Terbatas di TikTok milikmu sudah berhasil diaktifkan dengan langkah-langkah yang mudah dan lengkap.

Setelah mode itu aktif, selain kamu tidak akan menemukan konten dengan tema dewasa, ada sebagian fitur yang tidak dapat kamu gunakan di dalam Mode Terbatas, diantarnya umpan mengikuti dan memberi gift di acara siaran langsung.

Cara Menonaktifkan Mode Terbatas di TikTok

Menonaktifkan Mode Terbatas artinya tidak membatasi kategori konten apapun yang muncul di FYP beranda TikTok milikmu. Tentunya hal itu dapat memberikan beberapa keuntungan, salah satunya adalah memungkinkan pengguna memiliki akses yang lebih luas ke berbagai jenis video dan topik di TikTok.

Untuk kamu pengguna yang merasa sudah dewasa dan cukup umur untuk melihat konten video dewasa di TikTok, kamu dapat menonaktifkan atau mematikan fitur tersebut dengan cara yang tidak kalah mudah dengan cara mengaktifkannya seperti di atas, bahkan caranya hampir tidak berbeda jauh. Untuk lebih jelasnya, langsung saja kamu ikuti langkah-langkah menonaktifkannya berikut ini.

1. Langkah pertama buka menu aplikasi TikTok di HP kamu.

2.  Setelah berada di dalam aplikasi tersebut, tap menu "Profil" yang berada disamping kanan bawah.

3. Setelah itu kamu tap ikon garis tiga horizontal yang ada disamping atas kanan.

4. Kemudian kamu pilih "Pengaturan dan Privasi".

5. Setelahnya pilih "Preferensi Konten".

6. Berikutnya akan ada 2 tombol pilihan, silahkan kamu tap tombol "Nonaktifkan".

Langkah ke 6 untuk menonaktifkan Mode Terbatas di TikTok

7. Masukan kode sandi atau pin yang telah kamu setel saat pertama kali mengaktifkan Mode Terbatas.

8. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Menonaktifkan Akun Tiktok Untuk Sementara Waktu

• Cara Mengaktifkan Komen di TikTok HP Android

Itulah langkah-langkah sederhana untuk menonaktifkan Resticted Mode TikTok sehingga kamu dapat mengeksplorasi lebih banyak video dan mendapatkan pengalaman yang lebih sempurna saat nonton video di TikTok.

Demikian penjelasan tentang apa itu Mode Terbatas TikTok yang dapat memperluas pengetahuan kamu mengenai fitur tersebut sehingga kamu jadi lebih tahu kapan waktu yang tepat untuk mengaktifkan maupun menonaktifkannya yang kedua caranya sudah dijelaskan juga di atas.

Posting Komentar untuk "Apa itu Mode Terbatas di TikTok? Berikut Penjelasan, Cara Mengaktifkan dan Cara Menonaktifkannya"