Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Tombol Easy Touch di HP VIVO


Cara Mengaktifkan Tombol Easy Touch di HP VIVO

 Easy Touch atau yang biasa disebut juga dengan bola bantu adalah salah satu fitur pintasan yang berfungsi untuk memudahkan pengguna HP VIVO mengakses fitur lain yang ada didalam smartphone contohnya seperti melakukan screenshot, menyalakan senter, perekaman layar, membuka aplikasi dan melakukan kegiatan lainnya. Itu semua tergantung dari apa yang ingin kamu tambahkan kedalam bola pintas di HP VIVO tersebut.

Selain itu, didalam pintasan easy touch VIVO juga terdapat tombol umum seperti tombol home, back, dan recents apps. Tentunya hal itu akan sangat membantu ketika tombol navigasi di HP VIVO kamu tidak berfungsi. Ketika kamu mengaktifkan fitur easy touch maka kamu akan melihat sebuah tombol melayang yang didalamnya terdapat beberapa menu yang disebutkan tadi.

Dulu bahkan sampai sekarang fitur seperti ini sering kali kita lihat di smartphone besutan Apple, namun Apple menamai fitur easy touch ini dengan nama yang berbeda, yaitu AssistiveTouch.


Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Fitur Floating Keyboard Gboard di Android

• Cara Mengaktifkan Kunci Layar Sidik Jari Di Semua HP Android


Tapi untuk sekarang ini para pengguna Android juga sudah bisa menikmati fitur tersebut. Pasalnya, sudah ada beberapa smartphone Android yang menghadirkan fitur easy touch secara bawaan. Karena fitur tersedia secara bawaan jadi kamu bisa mengaktifkannya tanpa aplikasi.

Dari sekian banyaknya smartphone Android yang memiliki fitur untuk menampilkan tombol melayang dilayar, namun yang akan kita bahas disini hanya cara untuk mengaktifkan easy touch di HP VIVO saja.

Untuk menampilkan bola pintas di VIVO caranya cukup mudah sekali, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah saja dan fitur easy touch sudah bisa kamu gunakan. Apabila tidak mengetahui langkah apa saja yang harus dilakukan, kamu bisa mengikuti tutorialnya dibawah ini.


Cara Mengaktifkan Tombol Easy Touch di HP VIVO

Sebelum melanjutkan tutorial admin akan memberikan sedikit informasi bahwa cara ini hanya berlaku untuk HP VIVO yang memiliki fitur easy touch bawaan saja. Karena tidak semua smartphone VIVO memiliki fitur ini. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi sekarang kita lanjut ke tutorialnya, berikut ini cara mengaktifkan easy touch VIVO:


1. Buka pengaturan atau setting di HP VIVO kesayanganmu.

Buka pengaturan/setelan


2. Setelah berada didalam menu pengaturan tap menu "Pintasan dan Aksesibilitas".

Pintasan dan aksesibilitas


3. Dihalaman selanjutnya pilih "Sentuhan Mudah"

Pilih sentuhan mudah


4. Lalu aktifkan opsi "Sentuhan Mudah". Setelah opsi sentuhan mudah sudah diaktifkan maka bola pintas akan langsung muncul dilayar VIVO milikmu.

Aktifkan sentuhan mudah


5. Sekarang kamu tinggal mengatur menu yang akan muncul ketika kamu men-tap bola pintas itu. Untuk mengaturnya tap "Kostumisasikan menu". Lalu dihalaman selanjutnya kamu bisa mengganti ataupun menambahkan beberapa fitur tambahan dan aplikasi lainnya.

Pilih kostumisasikan menu


6. Selain mengatur menu didalam tombol bola pintas, kamu juga bisa mengatur fungsi ketukan pada bola pintas vivo tersebut, misalnya fungsi yang diinginkan untuk satu kali ketukan, fungsi untuk 2 kali ketukan dan beberapa fungsi gestur lainnya.

Mengatur fungsi easy touch vivo


7. Untuk memindahkan posisi dari bola pintas kamu tinggal menggesernya ketempat dimana kamu ingin menempatkannya.


8. Untuk menyembunyikan bola pintas ketika kamu sedang bermain game, menonton video, atau menjalankan aktifitas yang mengharuskan kamu membuka layar penuh, kamu tinggal aktifkan saja opsi "Sembunyikan otomatis di layar penuh".

Opsi sembunyikan otomatis di layar penuh


9. Untuk menyembunyikan bola pintas secara otomatis ketika sedang tidak digunakan, kamu bisa mengaktifkan opsi "Sembunyikan otomatis setelah 3 detik tidak ada aktifitas".

Opsi sembunyikan otomatis setelah 3 detik tidak ada aktifitas


10. Kamu juga bisa mengatur tingkat transparansi bola pintas ketika sedang tidak digunakan dengan mengaturnya pada opsi Visibilitas.

Mengatur tingkat transparansi tombol bola bantu


11. Untuk mengubah tampilan dari bola pintas agar terlihat lebih menarik dan keren kamu juga bisa memilih temanya pada opsi "Personalisasi tampilan depan". Disana terdapat beberapa tema yang bisa kamu terapkan pada bola pintas tersebut.

Opsi personalisasi tampilan depan


12. Selesai.


Baca Juga:

• 5 Cara Merawat Layar Sentuh Hp Android Agar Awet Dan Tahan Lama

• Cara Menampilkan Notifikasi Kecepatan Internet di Semua Android 2021


Itulah cara mengaktifkan tombol easy touch di HP VIVO dan pembahasan mengenai beberapa pengaturan lain yang ada didalamnya. Admin rasa cukup sampai disini saja tutorialnya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Tombol Easy Touch di HP VIVO"