Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI


Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

Cara menghapus riwayat chat di ChatGPT OpenAI - Selain sebagai chat bot canggih yang mampu menjawab pertanyaan apapun karena menggunakan teknologi artificial intelligence, ChatGPT juga menghadirkan fitur lain yang kecanggihannya dapat memudahkan kamu ketika menggunakannya.

Di dalam ChatGPT kamu bisa menemukan fitur untuk melihat, membagikan, dan menghapus riwayat chat atau obrolan yang pernah kamu lakukan. Jadi, sebenarnya setiap sesi data permintaan percakapan di ChatGPT akan disimpan dan bisa di lihat kembali kapan pun kamu ingin.

Seperti yang sudah kamu tahu, meskipun fitur ini bermanfaat untuk melihat kembali riwayat ChatGPT yang pernah dilakukan, namun tidak semua orang ingin aktifitas obrolannya disimpan atau dicatat. Untuk alasannya bermacam-macam dan yang paling umum adalah terkait masalah privasi.

Mungkin kamu pernah melontarkan pertanyaan ke ChatGPT yang bersifat privasi sehingga tidak ingin siapapun mengingat pertanyaan tersebut termasuk pihak dari ChatGPT OpenAI itu sendiri. Dan caranya adalah dengan menghapus history chat tersebut.

Dengan hapus riwayat chat di ChatGPT dapat melindungi privasi yang mungkin pernah kamu berikan di dalam chat sehingga tidak akan tersimpan di dalam sistem. Hal ini juga membuat privasi kamu jadi lebih aman dari akses yang tidak sah. Selain itu, menghapus riwayat Chat GPT yang tidak diperlukan lagi juga membantu mengurangi penggunaan penyimpanan dan menghilangkan jejak.

Baca Juga:

• Cara Menghapus Riwayat Pencarian Di Google Play Store

• Cara Mencari Chat di WA iPhone dan Android

Melihat banyaknya pengguna yang mencari cara menghapus riwayat ChatGPT, itu membuat admin tergerak untuk membuatkan tutorialnya di artikel ini. Untuk kamu yang membutuhkan Tutorialnya, yuk simak artikel ini lebih lanjut!

Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

Untuk menghapus riwayat obrolan ChatGPT, kamu tidak perlu menghapus data pribadi apalagi sampai menghapus akunnya. Memang benar, kedua cara tersebut lebih efektif dan jelas, namun ada cara lain yang lebih mudah untuk dilakukan yang dampaknya hanya menghapus riwayat saja, tidak berdampak pada hal lain.

Bagaimanakah caranya? Langsung saja kamu simak dan ikuti tutorial hapus riwayat di ChatGPT OpenAI berikut ini.

1. Langkah pertama adalah dengan masuk terlebih dahulu pada halaman web ChatGPT OpenAI menggunakan browser. Maka, buka browser di perangkat kamu masing-masing.

2. Pada kolom pencarian masukan URL https://chat.openai.com/ untuk langsung mengunjungi situs ChatGPT.

3. Setelah kamu berada di situsnya, pada samping kanan layar kamu sudah bisa melihat kumpulan riwayat chat. Jika tidak melihatnya, tap ikon kotak yang berada di pojok kiri atas layar.

3. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

4. Jika riwayat chat sudah di tampilkan, kamu sudah bisa menghapus salah satunya dengan tap riwayat chat yang ingin di hapus. Setelahnya akan muncul beberapa opsi di samping kanannya. Kamu tinggal tap ikon tong sampah jika ingin menghapusnya.

4. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

5. Selanjutnya tap ikon centang untuk konfirmasi penghapusan.

5. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

6. Untuk kamu yang ingin menghapus riwayat ChatGPT sekaligus, caranya beda lagi. Silahkan kamu tap ikon titik tiga di samping kanan alamat email kamu (opsi ini bisa kamu temukan di pojok kiri bawah).

6. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

7. Setelahnya akan muncul beberapa pilihan diatasnya, di sana kamu pilih "Clear Conversation".

7. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

8. Selanjutnya tap lagi "Confirm clear conversation". Setelahnya semua riwayat chat akan langsung dibersihkan.

8. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

9. Kamu juga bisa menonaktifkan riwayat chat di ChatGPT agar lain waktu percakapan kamu tidak akan dijadikan riwayat lagi atau di hapus secara otomatis setelah sesi chat berakhir. Untuk caranya, tap  "Settings".

9. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

10. Selanjutnya kamu tap "Data Control", setelah itu nonaktifkan opsi "Chat History & Training".

10. Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI

11. Selesai.

Itu dia langkah-langkah menghapus riwayat GhatGPT dengan berbagai opsi pilihan yang bisa kamu terapkan, yaitu untuk menghapus salah satu riwayat chat, menghapus semuanya, dan menonaktifkan riwayat chat.

Baca Juga:

• Cara Menghapus Riwayat Video Yang Pernah Ditonton di YouTube

• Cara Menghapus Riwayat Pencarian di YouTube HP Android

Cara di atas admin lakukan di Android dengan mengaktifkan opsi situs desktop pada browser yang admin gunakan, sehingga tampilannya mirip di PC. Itu berarti cara di atas bisa kamu gunakan di HP maupun di PC.

Setelah menghapus riwayat chat, ChatGPT mungkin tidak lagi memiliki akses ke data pelatihan yang mungkin ia perlukan untuk mempertahankan dan mengembangkan kemampuannya dalam jangka waktu yang panjang. Ini bukan masalah yang besar namun perlu kamu pertimbangkan lagi.

Mungkin itu saja yang mampu admin sampaikan dari pembahasan cara menghapus riwayat chat di ChatGPT OpenAI yang dapat dilakukan dengan mudah melalui browser di perangkat apapun. Silahkan di coba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Riwayat Chat di ChatGPT OpenAI"