Sabtu, 11 Desember 2021

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di YouTube HP Android


Cara Menghapus Riwayat Pencarian di YouTube HP Android

 Saat kamu sedang melakukan pencarian video di YouTube, maka kata kunci yang kamu cari akan dicatat dan dijadikan sebagai riwayat pencarian. Biasanya daftar riwayat tersebut akan ditampilkan bersamaan dengan saran pencarian lainnya ketika kamu sedang mencari video di YouTube pada kemudian hari.

Sebenarnya fitur riwayat pencarian YouTube juga bermanfaat, dengan adanya fitur tersebut kamu bisa menjadi lebih mudah ketika ingin menemukan video yang sebelumnya pernah kamu cari.

Meskipun bermanfaat, tapi masih banyak pengguna yang justru ingin menghapus riwayat pencarian YouTube di HP Android miliknya. Alasannya ada bermacam-macam, namun pada intinya mereka tidak ingin jika ada orang lain yang melihat history pencarian video yang sudah dilakukannya.


Baca Juga:

• 2 Cara Menonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

• Cara Menampilkan Subtitle Bahasa Indonesia Di YouTube Android

• 3 Aplikasi Download Video YouTube Langsung Ke Galeri


Sayangnya masih banyak orang khususnya pengguna Android yang belum mengetahui tentang cara hapus pencarian yang pernah mereka lakukan di YT atau YouTube. Pastinya hal itu membuat bingung karena kamu tidak tahu langkah apa saja yang harus dilakukan untuk menghapusnya.

Untuk kamu yang sedang mengalami hal seperti diatas, artinya kamu beruntung. Karena disini kamu akan menemukan jawabannya.


Cara Menghapus Riwayat Pencarian di YouTube HP Android

YouTube memang salah satu media yang paling banyak digunakan oleh seseorang untuk menonton sebuah video yang disukai. Didalamnya terdapat banyak sekali video yang bisa kamu temukan. Ketika kamu mencari sebuah video, hasil pencariannya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan video.

Tapi, semakin sering kamu mencari video, maka histori penelusuran di YouTube kamu juga akan semakin menumpuk. Hal itu juga bisa menjadi salah satu penyebab kenapa YouTube di HP kamu menjadi lemot saat sedang digunakan, atau sering mengalami buffering saat memutar video.

Untuk mengatasi ataupun mencegah hal seperti diatas, kamu bisa hapus semua history pencarian yang pernah dilakukan selama kamu menggunakan aplikasi YouTube di Android, baik itu history lama ataupun history baru. Dan caranya pun sangat mudah, apabila tidak mengetahui bagaimana caranya, kamu bisa mengikuti tutorial yang akan admin sampaikan berikut ini.

Bukan cuma untuk pengguna smartphone Android, untuk kamu yang menggunakan iPhone juga bisa mencoba cara ini. Ada dua cara yang bisa digunakan untuk menghapus riwayat pencarian tersebut. Cara yang pertama yaitu menghapusnya satu-persatu dan cara yang kedua adalah menghapus semuanya sekaligus.

Sebelum memulai tutorialnya pastikan dulu kamu sudah terhubung dengan internet.


Menghapus Riwayat Pencarian Satu-persatu

Cara yang pertama ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang ingin menghapus hanya pada riwayat penelusuran tertentu saja.


1. Buka aplikasi YouTube di HP Android kesayangan kamu masing-masing.


2. Pada halaman beranda YouTube, tap ikon kaca pembesar atau yang biasa kamu gunakan untuk mencari video.

Tap ikon kaca pembesar


3. Setelahnya kamu sudah bisa melihat semua daftar histori penelusuran yang pernah kamu lakukan. Tap dan tahan selama beberapa detik pada salah satu riwayat yang ingin dihapus.


4. Jika sudah muncul sebuah pop-up bertuliskan "Hapus dari histori penelusuran?", silahkan kamu tap "Hapus". Sekarang riwayat yang kamu hapus sudah hilang dari dalam daftar history.

Tap hapus dari histori penelusuran


5. Selesai.


Menghapus Semua Riwayat Pencarian di YouTube Sekaligus

Jika ingin menghilangkan semua daftar history pencarian di YouTube, kamu tidak perlu lagi ribet dan susah payah untuk menghapusnya satu-persatu karena YouTube sendiri sudah dibekali dengan fitur untuk menghapus semua riwayat pencarian hanya dalam satu tahap saja.


1. Buka aplikasi YouTube di Android milikmu.


2. Didalam beranda YouTube, tap ikon foto profil akun kamu yang berada dipojok atas kanan layar.

Tap ikon foto profil akun YouTube


3. Lalu setelah itu pilih menu "Setelan".

Pilih menu setelan


4. dihalaman selanjutnya pilih "Histori & privasi".

Pilih menu histori dan privasi


5. Sekarang tap "Hapus histori penelusuran". 

Tap hapus histori penelusuran


6. Setelahnya akan muncul sebuah pop-up untuk konfirmasi penghapusan, di pop-up tersebut juga berisi tentang hal yang akan terjadi setelah kamu menghapus histori penelusuran pada YouTube. Kamu boleh membaca dan memahaminya terlebih dahulu.

Takutnya kamu kesulitan mengerti tentang arti didalam pop-up tersebut, disini admin akan menyederhanakannya. Jadi, setelah kamu menghapus histori pencarian maka semua riwayat pencarian kamu akan dihapus dari semua aplikasi YouTube di semua perangkat yang menggunakan akun Google yang sama dengan akun yang kamu gunakan saat ini.

Lebih jelasnya lagi seperti ini, jika 2 HP menggunakan 1 akun Google yang sama untuk login ke YouTube, maka ketika kamu menghapusnya di 1 HP, di HP lain yang menggunakan akun itu untuk login ke YouTube juga akan ikut terhapus. Selain itu, video rekomendasi untuk kamu (video yang muncul di beranda YouTube) juga akan direset. Semua itu tidak akan mempengaruhi data-data kamu dan cara kamu menggunakan YouTube.

Untuk konfirmasi penghapusan pilih opsi "Hapus Histori Penelusuran".

Pilih opsi hapus history pencarian


7. Selesai.

Sekarang coba cek riwayat pencarian YouTube di HP kamu. Jika masih ada, kamu keluar dari aplikasi YouTube setelah itu masuk lagi.


Cara Agar Riwayat Pencarian YouTube Tidak Muncul Lagi

Apabila kamu ingin riwayat pencarian yang kamu lakukan tidak akan muncul lagi atau dihapus secara otomatis, caranya cukup mudah. YouTube sendiri sudah menghadirkan fitur untuk jeda histori penelusuran sehingga semua aktifitas yang kamu lakukan tidak akan dicatat dan disimpan oleh YouTube. Untuk caranya seperti berikut ini.


1. Saat masih berada dihalaman menu "Histori & privasi", aktifkan opsi "Jeda histori penelusuran".

Aktifkan opsi jeda histori penelusuran


2. Setelahnya akan muncul sebuah pop-up konfirmasi pengaktifan seperti tadi. Sekarang kamu tinggal pilih opsi "Jeda".

Pilih jeda


3. Selesai.

Setelah mengaktifkannya, kamu tidak perlu lagi menghapus riwayat penelusuran karena YouTube yang akan menghapusnya otomatis. Untuk mengembalikannya lagi, kamu tinggal nonaktifkan saja fitur tersebut.


Baca Juga:

• Cara Menghapus Riwayat Pencarian Di Google Play Store

• Cara Mencari Kata di Halaman Web Google Chrome Android

• Cara Melakukan Pencarian Dengan Gambar di Google Android


Itulah cara menghapus riwayat pencarian di YouTube HP Android dan sedikit pembahasan terkaitnya. Cukup sampai disini saja tutorial dan pembahasan yang bisa admin sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar