Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Efek Suara Wulan di TikTok Android


Cara membuat efek suara Wulan di TikTok Android sekarang sedang banyak diperbincangkan. Pasalnya, Efek suara perempuan yang bernama Wulan ini sedang trending dan viral digunakan di TikTok.

Seiring perkembangannya, TikTok kerap menghadirkan fitur-fitur baru yang membuat pengguna mampu mendapatkan lebih banyak fitur pengeditan untuk video singkat miliknya, termasuk juga dengan fitur suara Wulan ini.

Sebenarnya, sebelum hadirnya efek suara Wulan TikTok, fitur efek suara hanyalah fitur biasa yang hampir dimiliki oleh semua aplikasi edit video Android. Tetapi, semenjak efek suara yang sedang viral di TikTok ini hadir, yaitu suara Wulan, fitur efek suara jadi lebih banyak digunakan.

Kamu bisa menjadikan sound efek suara Wulan sebagai pengganti suara asli di video TikTok yang ingin diunggah. Ketika membuat video dengan suara Wulan, suara kamu akan berubah seperti suara cewek. Tentunya akan sangat lucu kalau yang membuat videonya cowok dan suaranya dibuat perempuan.

Mungkin itulah yang membuat banyak pengguna merasa tertarik dan ingin menggunakan efek suara Wulan, karena bisa membuat video tampak lucu dan menghibur, sehingga membuat orang yang menontonnya pun enggan untuk melewatkannya.

Diketahui, orang yang pertama kali membuat suara Wulan di video TikTok adalah akun yang bernama @iniganta. Meskipun ia bukan pemilik asli dari suara Wulan, namun ialah yang membuat efek suara tersebut menjadi viral dan ramai digunakan hingga sekarang.

Pengguna TikTok bisa membuat suara Wulan langsung di dalam aplikasi TikTok tanpa bantuan dari aplikasi edit video apapun. Dalam hal ini, yang kamu butuhkan hanya ponsel Android, aplikasi TikTok versi terbaru, dan video yang suara aslinya ingin diubah menjadi seperti suara Wulan atau kamu juga bisa membuat videonya secara langsung di TikTok.

Baca Juga:

• Cara Mengubah Suara Voice Note di WhatsApp Tanpa Aplikasi

• Cara Menghilangkan Suara di Video Tanpa Aplikasi dan Dengan Aplikasi

Fitur audio efek suara Wulan terletak di dalam perpustakaan suara di TikTok, kamu akan menemukan opsi pengubah efek suara ini ketika kamu ingin mengunggah sebuah video ke TikTok.

Cara Membuat Efek Suara Wulan di TikTok Android

Berikut ini tutorial bagaimana cara buat efek suara Wulan di TikTok Android dengan beberapa langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Jalankan aplikasi TikTok di HP Android kemudian tidak lupa juga untuk login dengan akun TikTok masing-masing.

2. Pada halaman utama aplikasi TikTok, tap ikon (+) pada bagian bawah layar.

3. Selanjutnya, buat video baru atau unggah video yang sudah ada yang ingin kamu ubah suaranya ke suara Wulan.

4. Selesai membuat video, kamu akan diarahkan ke halaman editing. Pada halaman ini kamu akan melihat berbagai opsi pengeditan pada samping kanan layar. Untuk mengubah atau edit suara, tap "Suara".

5. Selanjutnya kamu pilih efek audio suara "Wulan".

6. Selesai memilih efek suara, tap "Simpan" yang berada di atas kanan layar.

7. Sekarang efek suara Wulan sudah berhasil diterapkan pada video tersebut. Sebelum mempostingnya, kamu bisa menggunakan opsi edit lainnya seperti menyesuaikan klip, menambahkan efek, filter, teks, stiker, dan lainnya agar video lebih kreatif.

8. Jika semuanya sudah selesai dan video sudah siap untuk diunggah, tap tombol "Berikutnya" yang ada di bagian bawah kanan.

9. Sekarang kamu bisa mengisi caption untuk video tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pengaturan lain yang diinginkan, seperti menandai teman, menambahkan hashtag, mencantumkan lokasi, dan lainnya. Jika sudah, tap "Posting"

10. Selesai.

Sekarang video dengan efek suara Wulan yang kamu buat tadi sudah berhasil diunggah ke akun TikTok milikmu.

TikTok tidak hanya menyediakan efek suara Wulan saja, tetapi ada beberapa efek suara lain yang tidak kalah lucu dan menarik, diantaranya efek suara Filsuf, Elf, Raksasa, Sang Sastra, Bergetar, Tupai, Electro, Bergema, Bariton, Mic, Megaphone, Robot, Paduan Suara, dan Battery Drain.

Namun, apabila kamu tidak menemukan efek suara Wulan pada beberapa daftar efek suara yang tadi disebutkan, ada beberapa penyebab dan cara biar ada suara Wulan di TikTok.

Penyebab dan Cara Mengatasi Efek Suara Wulan TikTok di Android Tidak Muncul

Untuk menjawab pertanyaan kenapa tidak ada efek suara Wulan di TikTok, ada banyak sekali jawabannya, begitupun dengan penyebabnya yang juga tidak bisa dipastikan secara spesifik. Namun, meskipun begitu ada beberapa opsi yang dapat kamu coba untuk memunculkan efek suara Wulan. Berikut adalah daftarnya.

1. Update Aplikasi TikTok

Pada artikel-artikel sebelumnya, admin sering sekali mengatakan bahwa update aplikasi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan sebab semua pembaruan mungkin saja ada di versi terbaru, dan tidak tersedia untuk versi lama.

Begitu pula yang terjadi dengan aplikasi TikTok yang terkadang menghadirkan fitur baru melalui update tersebut, termasuk pada fitur efek suara Wulan. Jadi, cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi sound suara Wulan yang tidak ada, bisa di coba dengan melakukan update pada aplikasi TikTok.

Untuk kamu yang menggunakan perangkat Android bisa update aplikasi TikTok di Play Store.

2. Hapus Cache Aplikasi TikTok

Terkadang, cache yang terlalu besar berdampak pada kinerja aplikasi. Aplikasi bisa saja mengalami masalah terkait dengan cache yang sudah lama atau rusak. Ini bisa menjadi penyebab kenapa sebagian fitur di TikTok tidak tersedia untuk beberapa pengguna.

Dalam beberapa kejadian, dengan menghapus cache bisa memaksa aplikasi TikTok agar mengunduh data baru dari sumbernya dan memastikan bahwa kamu menggunakan data terbaru dari data yang tersimpan di dalam cache.

Menghapus cache aplikasi TikTok bisa kamu lakukan di dalam pengaturan aplikasi masing-masing. Mungkin setiap Android memiliki letak pengaturan yang berbeda. Setelah menghapus cache, kamu bisa membuka kembali aplikasi TikTok dan lihat apakah efek suara Wulan sudah tersedia.

3. Video Tidak Mendukung

Video yang tidak mendukung bisa menjadi penyebab suara Wulan tidak muncul di TikTok memang kemungkinannya sangat kecil, namun tidak sepenuhnya menutup kemungkinan bahwa hal ini tidak akan terjadi.

Coba periksa kembali video yang ingin kamu edit suara Wulan apakah video tersebut mengandung suara atau tidak, apakah videonya didukung atau tidak. Agar lebih jelas cobalah dengan mengganti videonya dengan video lain.

4. Android Tidak Support

Meskipun sebagian pengguna Android tidak mengalami masalah terkait efek audio Wulan dan mereka bisa dengan lancar ketika menggunakannya, akan tetapi tidak semua perangkat Android support dengan fitur efek suara tersebut. Oleh karena itu, efek suara Wulan menghilang atau tidak ada di sebagian Android.

Jika memang penyebabnya adalah karena ponsel Android kamu tidak mendukung efek suara Wulan, maka yang dapat kamu lakukan adalah mencari aplikasi yang bisa membuat efek suara Wulan selain di TikTok, kamu bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi CapCut.

Baca Juga:

• Cara Live di TikTok Tanpa Followers 1000

• Cara Menghilangkan Watermark Video Online Gratis Tanpa Aplikasi

• Cara Menggunakan Aplikasi CapCut Untuk Edit Video Di Android

Itu dia beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi efek suara Wulan yang tidak muncul. Jika efek suara Wulan sudah muncul, kamu bisa langsung menggunakannya dengan melihat tutorial cara membuat efek suara Wulan di TikTok Android sebagaimana cara yang sudah admin bahasa di atas.

Mungkin sampai sini saja untuk pembahasan di artikel kali ini, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Efek Suara Wulan di TikTok Android"