Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone


6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

Pada era saat ini perkembangan teknologi Smartphone semakin cepat berkembang, maka tak heran banyak orang yang sering mengganti Smartphone-nya dengan Smartphone terbaru karena tergiur oleh berbagai fitur lebih canggih yang disajikan oleh Smartphone tersebut.

Karena hanya tergiur oleh fitur yang lebih canggih, banyak juga orang yang asal beli Smartphone saja tanpa memperhatikan komponen-komponen yang ada didalamnya, apa saja sih komponen tepenting di smartphone?

Komponen atau bagian-bagian smartphone sangat banyak sekali dan masing masing memiliki fungsinya tersendiri.




6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone


1. RAM (Random Acess Memory)

RAM - 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

RAM berfungsi untuk mengolah dan menampung data sementara dari aplikasi yang sedang berjalan, semakin besar kapasitas RAM maka semakin lancar pula kinerja Smartphone kita meskipun menjalankan aplikasi secara bersamaan (multi-tasking).

Baca Juga: Penyebab Dan Cara Mempercepat Android Yang Lemot Paling Ampuh


2. CPU (Central Processing Unit)

CPU - 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

CPU atau yang biasa disebut Prosesor merupakan komponen inti untuk mengatur dan mengoperasikan semua proses data Smartphone sehingga bisa berjalan sesuai dengan semestinya, Jika sebuah perangkat kita ibaratkan sebagai manusia maka CPU adalah otaknya. Semakin bagus spesifikasi CPU maka semakin baik juga performa Smartphone. Jenis-jenis CPU yang biasa digunakan adalah Exynos, Snapdragon dan MediaTek.
Smartphone dengan spesifikasi CPU yang tinggi sangat cocok untuk kamu yang suka bermain game berat.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Game Offline Android Petualangan Terbaik 2021 Grafik HD


3. ROM (Read Only Memory)

ROM - 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

ROM atau Memori Internal adalah tempat penyimpanan yang sudah disediakan oleh masing-masing perangkat Smartphone sebagai tempat untuk menyimpan media seperti foto, video, file, musik dokumen dan lainnya.
Dengan kapasitas ROM yang besar akan membuat kamu menjadi leluasa untuk menyimpan semua kebutuhanmu.


4. GPU (Graphics Processing Unit)

GPU - 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

GPU berfungsi untuk menampilkan visual ke dalam layar, semakin bagus GPU yang digunakan maka visual yang akan ditampilkan pun semakin baik dan jernih.
Smartphone dengan spesifikasi GPU yang tinggi akan memberikanmu pengalaman terbaik dalam bermain game atau streaming film untuk kamu yang hobi nonton.


5. Sistem Operasi

Sistem Operasi - 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

Sistem Operasi atau Operating System (OS) merupakan penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak dan sebagai pengatur kerja perangkat keras dan perangkat lunak, Tanpa Sistem Operasi Smartphone kita tidak akan bisa menjalankan sebuah program.
Contoh sistem operasi yang banyak digunakan adalah Android dan iOS.

Baca Juga: 10 Perbedaan Sistem Operasi Android (OS Android) & iOS (iphone Operating System)


6. Kapasitas Daya Baterai

6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

Baterai juga termasuk salah satu komponen dari Smartphone yang sangat penting, terutama bagi kamu yang tidak bisa lepas dari Smartphone mu entah untuk pekerjaan atau yang lainnya.
Smartphone dengan kapasitas baterai yang cukup besar akan sanggup untuk menunjang segala aktivitas sehingga kamu tidak akan terganggu karena harus sering-sering mengisi daya.

Agar kamu tidak menyesal saat membeli Smartphone baru perhatikan terlebih dahulu 6 komponen penting di atas dan pastikan Smartphone yang akan kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu masing-masing.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone"