Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi


Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

 Cara mengetik dengan suara di HP Android tanpa aplikasi - Kegiatan di smartphone tentu tidak akan lepas dari yang namanya mengetik. Oleh karena itu, wajar jika kita sering merasa malas ketika harus mengetik, entah itu untuk chatting-an atau mengerjakan sebuah tugas yang sudah jelas jumlah kata yang harus di ketik lebih banyak lagi.

Tapi untungnya, kini sudah ada beberapa keyboard untuk Android yang memiliki fitur voice typing, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengetik dengan suara atau ucapan. Bahkan fitur voice typing ini sudah menjadi fitur bawaan di beberapa keyboard HP Android. Jadi, kamu bisa menggunakannya langsung tanpa aplikasi keyboard apapun atau keyboard pihak ketiga.

Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Fitur Floating Keyboard Gboard di Android

• 6 Cara Mengatasi Aplikasi Gboard Xiaomi Error

Dengan fitur ini semua kata yang kamu ucapkan akan di ketik secara otomatis. Atau lebih jelasnya lagi, suara yang diucapkan akan diubah menjadi bentuk tulisan atau teks. Tentu fitur ini akan mempermudah kamu karena bisa memasukan sebuah teks atau kata tanpa mengetik, yaitu hanya dengan menggunakan suara.

Nah, buat kamu yang sering merasakan jarinya pegal-pegal karena terlalu banyak mengetik, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba cara mengetik dengan suara di Android tanpa aplikasi yang akan admin bagikan disini.

Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

Mengapa admin mengatakan bahwa cara ini tanpa menggunakan aplikasi tambahan, yaitu karena hampir semua perangkat Android sudah menggunakan Gboard (Google Keyboard) sebagai keyboard bawaan atau keyboard utama.

Tapi, jika keyboard bawaan di Android kamu bukanlah Gboard, kamu wajib mendownloadnya terlebih dahulu di Play Store, karena fitur ketik otomatis menggunakan suara ini tersedia didalam Gboard.

Baiklah, tanpa banyak basa-basi lagi berikut ini adalah tutorial lengkapnya.

1. Masuk ke aplikasi dimana kamu bisa memunculkan keyboard dan mengetikan sebuah teks.

2. Setelah keyboard sudah muncul, tap ikon mic atau mikrofon yang berada diatas keyboard.

2. Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

Catatan: Jika kamu tidak menemukan ikon mikrofon ini, nanti caranya akan admin jelaskan dibawah. Di cara ini kita fokus terlebih dahulu untuk Android yang sudah menggunakan Gboard secara bawaan.

3. Setelah muncul kata "Ucapkan sekarang", silahkan kamu ucapkan kata yang ingin kamu tulis atau ketik. Kamu juga bisa menggunakan frasa misalnya seperti titik, koma, tanda pagar, tanda seru, tanda tanya, paragraf baru dan baris baru.

3. Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

4. Selanjutnya Gboard akan mengetik atau menuliskan semua kata dari suara yang kamu ucapkan.

5. Selesai.

Itu dia tutorial untuk ketik pakai suara menggunakan Gboard di HP Android. Kamu bisa menggunakannya untuk apapun dan di semua aplikasi apapun, contohnya chatting di WA, membuat catatan, berkomentar di media sosial, dan lain sebagainya.

Agar keyboard dapat mendengar dan mengetikan kata yang kamu ucapkan dengan benar dan akurat, usahakan kamu mengucapkannya dengan jelas dan tidak terbata-bata.

Terkait masalah mikrofon yang tidak muncul di atas keyboard tadi, ada dua kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut. Pertama, mungkin HP Android kamu tidak menggunakan Gboard sebagai metode input keyboard. Dan penyebab keduanya mungkin karena kamu tidak mengaktifkan dikte atau fitur untuk mengetik otomatis dengan suara tersebut.

Cara untuk mengatasi kedua masalah tersebut, yaitu seperti berikut ini.

1. Download dan pasang terlebih dahulu aplikasi Gboard di HP kamu masing-masing. Kamu bisa mendownload dan menginstalnya secara gratis di Play Store. Apabila kamu sudah memiliki aplikasinya, kamu bisa update atau perbarui saja aplikasi tersebut.

1. Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

2. Setelah aplikasinya terpasang, sekarang kamu harus menjadikan Gboard sebagai keyboard utama di pengaturan keyboard HP kamu.

3. Selanjutnya kamu masuk ke tempat dimana kamu bisa mengetik dan lihat apakah ikon mikrofon sudah muncul atau belum. Jika sudah, kamu bisa langsung menggunakannya. Namun jika belum, tap ikon gir yang kamu lihat diatas keyboard.

3. Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

4. Setelahnya kamu akan dibawa masuk ke pengaturan Gboard. Disana kamu pilih "Dikte".

4. Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

5. Selanjutnya, kamu tinggal mengaktifkan opsi "Gunakan dikte".

5. Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi

6. Selesai.

Sekarang ikon mikrofon tersebut sudah muncul dan kamu sudah bisa mengetik dengan mengucapkan suara yang ingin di ketik, untuk caranya seperti yang admin bagikan diatas tadi.

Baca Juga:

• Cara Mengembalikan Keyboard HP Xiaomi Seperti Semula

• Cara Mengembalikan Keyboard Vivo Seperti Semula Atau Bawaan

Cara diatas berlaku untuk semua HP Android seperti Samsung, Xiaomi, VIVO, OPPO, Realme, Infinix, dan semua merk HP Android lainnya dengan syarat harus menggunakan papan ketik Gboard sebagai keyboard utama. Karena di HP admin keyboard utamanya adalah Gboard, jadi admin bisa langsung menulis atau mengetik dengan suara tanpa install aplikasinya lagi.

Tapi, mengetik dengan ucapan menggunakan Gboard hanya bisa dilakukan ketika kamu sedang online atau sedang terhubung dengan internet. Jika tidak, cara ini tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi.

Itu dia pembahasan mengenai tutorial cara mengetik dengan suara di HP Android tanpa aplikasi tambahan. Jika ada yang perlu ditanyakan mengenai tutorial yang admin sampaikan, silahkan bertanya melalui kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetik Dengan Suara di HP Android Tanpa Aplikasi"