Minggu, 15 Agustus 2021

6 Cara Mengatasi Aplikasi Gboard Xiaomi Error


6 Cara Mengatasi Aplikasi Gboard Xiaomi Error

 Gboard Xiaomi error - Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang beberapa keluhan dari pengguna Xiaomi yang merasa aplikasi Gboard yang digunakannya mengalami error. Jika pernah mengalaminya, kamu tidak usah khawatir. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi Gboard Xiaomi yang sering error.

Gboard atau Google Keyboard merupakan salah satu aplikasi keyboard yang dikeluarkan oleh Google. Aplikasi ini digunakan sebagai keyboard bawaan dari beberapa smartphone khususnya oleh smartphone dengan sistem operasi Android.

Keuntungan yang didapatkan bagi Android yang keyboard bawaan nya menggunakan Gboard adalah tidak perlu mendownload aplikasi lain jika ingin mengganti tema. Kebanyakan Keyboard bawaan pada smartphone tidak bisa mengganti tema. Alhasil kamu harus download aplikasi keyboard pihak ketiga. Namun hal itu tidak berlaku untuk Papan ketik Gboard yang didalamnya kamu bisa mengganti tema sesuka hati tanpa memerlukan bantuan dari aplikasi keyboard pihak ketiga.

Selain dapat mengganti tema, ada banyak lagi fitur fitur didalam aplikasi Gboard yang tidak kalah keren dengan aplikasi keyboard lainnya.


Baca Juga:

• Cara Mengembalikan Keyboard Vivo Seperti Semula Atau Bawaan

• Cara Menampilkan Tombol Kanan Kiri Pada Termux Versi Terbaru


Salah satu alasan Gboard sering dijadikan keyboard bawaan pada beberapa HP Android  termasuk salah satunya adalah Xiaomi, adalah karena Gboard dengan Android sama sama besutan dari raksasa teknologi, yaitu Google.

Meskipun begitu, yang namanya buatan manusia tidak selamanya sempurna. Meskipun Gboard dihadirkan oleh Google namun tetap saja memiliki kekurangan. Hal itu bukan terjadi pada aplikasi Gboard yang error saja, namun aplikasi buatan perusahaan besar lainnya pun sering mengalaminya. Dan itu memanglah hal yang sangat wajar terjadi.

Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab Gboard di HP Xiaomi error dan semua faktor tersebut tidak selalu di akibatkan oleh aplikasinya. Bisa saja itu karena kesalahan dari perangkat yang tidak mendukung dalam beberapa segi sehingga membuat aplikasi Gboard menjadi error dan tidak lancar saat digunakan.

Pesan kesalahan pada Gboard di Xiaomi error ada banyak sekali. Namun yang umumnya sering sekali terjadi di HP Xiaomi adalah aplikasi Gboard trus berhenti. Jika tidak segera diperbaiki, maka masalah seperti itu akan terus menerus terjadi.

Ada banyak cara mengatasi aplikasi Gboard Xiaomi Error yang bisa kamu lakukan. Dan berikut ini adalah caranya.


Cara Mengatasi Aplikasi Gboard Xiaomi Error

Karena disini kita akan membahas tentang cara untuk mengatasi keyboard Gboard Xiaomi yang error. jadi sebelum melanjutkan tutorial, pastikan terlebih dahulu HP Xiaomi kamu menggunakan keyboard bawaan Gboard. Karena tidak semua HP Xiaomi menggunakan keyboard bawaan ini.


1. Perbaiki Gboard Xiaomi Error

Cara yang pertama ini adalah cara paling mudah. Namun cara ini hanya berhasil dilakukan jika masalah yang dialami hanyalah kesalahan yang ringan saja, baik itu kesalahan dari aplikasi ataupun kesalahan dari sistem Android. Berikut ini adalah caranya:

• Buka aplikasi Setelan di HP Xiaomi kamu masing-masing.

• Didalam Setelan, cari dan pilih menu "Setelah tambahan".

• Lalu sekarang pilih "Bahasa & Masukan".

• Setelah itu tap "Gboard". Jika keyboard tersebut error biasanya akan muncul pesan pop-up yang menyatakan "Gboard telah berhenti".

• Sekarang coba kamu mengetikan sesuatu. Dalam kondisi kesalahan yang ringan, keyboard akan bisa digunakan. Jika keyboard masih error. Maka kamu bisa menggunakan beberapa cara lainnya dibawah ini.


2. Hapus Data Pada Aplikasi Gboard

Menghapus data pada aplikasi Gboard biasanya bisa juga digunakan untuk mengatasi masalah error yang terjadi pada Gboard pada HP Xiaomi.

Dengan menghapus data, maka semua data yang ada akan hilang begitupun penyebab yang membuatnya error juga pastinya akan ikut hilang dan kemudian data tersebut digantikan dengan data yang baru.

Berikut ini cara menghapus data aplikasi Gboard di HP Xiaomi:

• Masuk ke aplikasi Setelan.

• Pilih menu "Kelola aplikasi".

• Setelah itu tap ikon titik tiga yang berada diatas kanan layar, lalu pilih opsi "Tampilkan semua aplikasi".

• Sekarang cari dan pilih aplikasi Gboard.

• Lalu pilih "Penyimpanan". Setelah itu itu tap "Hapus Data".


3. Perbarui Aplikasi Gboard di HP Xiaomi

Cara untuk mengatasi Gboard error di HP Xiaomi yang berikutnya adalah dengan memperbarui aplikasi Gboard itu sendiri. Dengan memperbarui aplikasinya, mungkin saja error yang diakibatkan oleh adanya bug akan hilang.

Berikut ini cara untuk memperbarui aplikasi Gboard di Play Store:

• Buka aplikasi Play Store di HP Xiaomi kamu masing-masing.

• Pada kolom pencarian ketikan "Gboard", lalu cari. Jika sudah muncul dalam hasil pencarian, tap aplikasi tersebut.

• Lalu tap "Update" atau "Perbarui". Setelah itu tunggu sampai pembaruannya selesai.


4. Hapus Pembaruan Gboard

Pembaruan pada aplikasi memang bertujuan untuk meningkat aplikasi itu sendiri. Namun terkadang setelah melakukan pembaruan ada beberapa peningkatan yang justru malah membuat smartphone kamu tidak kompatibel dengan versi terbarunya. Jika di paksakan maka hasilnya aplikasi tersebut menjadi error saat digunakan.

Jika kamu merasa error yang terjadi muncul setelah kamu melakukan pembaruan pada aplikasi Gboard, maka untuk mengatasinya adalah dengan mencopot pembaruan tersebut. Berikut ini adalah caranya:

• Masuk ke aplikasi Setelan di HP Xiaomi.

• Pilih menu "Kelola aplikasi".

• Setelah itu tap ikon titik tiga yang berada diatas kanan layar, lalu pilih "Tampilkan semua aplikasi".

• Sekarang kamu cari dan pilih aplikasi Gboard.

• Lalu tap "Hapus pembaruan" atau "Copot pembaruan".


5. Install ulang aplikasi Gboard di Xiaomi

Install ulang dengan menghapus data adalah hal yang berbeda. Menginstall ulang adalah menghapus aplikasi tersebut kemudian kamu memasangnya lagi. Jika menghapus data, kamu hanya menghapus datanya saja namun tidak dengan aplikasinya.

Menginstall ulang aplikasi sama artinya dengan kamu memulai dan menggunakan aplikasi tersebut dari nol. Hal ini diklaim mampu untuk mengatasi keyboard Gboard yang error di HP Xiaomi.

• Buka aplikasi Play Store di HP Xiaomi kamu masing-masing.

• Pada kolom pencarian didalam Play Store ketikan "Gboard", lalu cari. Jika aplikasi sudah muncul dalam hasil pencarian, tap aplikasi tersebut.

• Lalu setelah itu tap "Uninstall", dan tunggu sampai prosesnya selesai.

• Jika sudah, sekarang kamu install lagi aplikasi tersebut dengan tap "Install", kemudian tunggu sampai aplikasi terpasang.


6. Ganti Keyboard

Jika semua cara sudah dilakukan namun aplikasi Gboard di Xiaomi tetap error. Maka cara satu satunya yang harus kamu lakukan adalah dengan mengganti keyboard Gboard tersebut. Cara terakhir ini bisa dibilang sangat ampuh.

Dengan mengganti keyboard, maka semua masalah error yang sebelumnya sering dialami akan hilang dengan sekejap. Ada banyak aplikasi keyboard untuk Android yang bisa kamu download secara gratis didalam Play Store.


Baca Juga:

• Cara Penggunaan Turbo VPN Di Hp Android

• Cara Menghapus Hot Apps Dan Hot Games Di HP VIVO


Itulah 6 cara mengatasi Aplikasi Gboard Xiaomi error. Cara diatas mungkin juga berlaku untuk smartphone selain Xiaomi. Asalkan smartphone tersebut menggunakan Gboard. Entah itu sebagai keyboard bawaan ataupun hasil mendownload karena kamu ingin menggunakannya.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar