Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android


Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android

 Agar lebih mudah memahami dan mengerti tentang pembahasan mengenai cara mengubah aplikasi menjadi file APK di Android yang akan admin bawakan setelah ini, kamu bisa baca terlebih dahulu tentang pengertian file APK, yang mana merupakan dasar dari pembahasan kita kali ini.

Kehadiran dari file APK sangat dibutuhkan sekali terutama ketika kamu ingin mengirim aplikasi ke perangkat yang lokasinya berada jauh dengan perangkat kamu. Jika dekat, kamu masih bisa menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga.

Jika perangkatnya jauh, akan sulit jika mengirim aplikasi tanpa file APK. Kamu tidak akan bisa untuk mengirim aplikasi yang sudah terinstall di HP kamu secara langsung misalnya lewat media seperti WhatsApp, Bluetooth, bahkan untuk menguploadnya ke Google Drive pun kamu membutuhkan mentahannya, yaitu berupa file APK.

Baca Juga:

• Cara Mengganti Icon Aplikasi Android Dengan Mudah

• 3 Situs Download Aplikasi Android Gratis Dan Terpercaya

• Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di HP Android Tanpa Root

Sekarang ini, sebagian orang menganggap bahwa untuk menemukan file aplikasi sangat susah, karena dengan mendownload di Play Store juga tidak akan ada bekas file APK nya setelah aplikasi tersebut terpasang.

Meskipun begitu, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika kamu ingin mendapatkan file APK dari aplikasi yang kamu inginkan. Salah satu cara yang tanpa aplikasi adalah dengan mendownloadnya melalui situs-situs penyedia aplikasi di internet, namun cara ini tidak begitu dianjurkan terkait banyaknya aplikasi berbahaya yang beredar bebas disana. Dengan membackup aplikasi juga akan membuat salinan APK dari aplikasi yang dibackup, namun cara ini terbilang ribet.

Jika tidak ingin ribet dan tidak ingin hp kamu terkena virus dari aplikasi yang kamu download di aplikasi maupun situs pihak ketiga, kamu tenang saja, masih ada lagi cara lainnya. Dan salah satunya adalah dengan ekstrak aplikasi menjadi file APK. Nah, buat kamu yang sedang membutuhkan caranya, berikut admin akan memberikannya untuk kamu.


Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android

Cara ubah aplikasi jadi file APK berikut ini bisa kamu praktekan di semua HP Android tanpa root. Sebenarnya untuk yang kamu pengguna iPhone juga berhak untuk mencoba cara ini.

Disini kita akan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga yang bernama APK extractor. Sesuai dengan namanya, satu-satunya fungsi dari aplikasi ini adalah untuk me-ekstrak aplikasi menjadi file APK.

Jika sudah penasaran bagaimana cara menggunakan aplikasi APK Extractor untuk ubah aplikasi jadi file APK, berikut adalah tutorial lengkapnya:


1. Download dan pasang terlebih dahulu aplikasi yang bernama APK Extractor di smartphone kamu masing-masing. Untuk pengguna Android bisa mendownload aplikasi ini secara gratis melalui Play Store. Ukuran dari aplikasi ini cukup ringan, yaitu hanya sekitar 1MB lebih.


2. Setelah aplikasinya terpasang di HP Android kamu, langsung saja buka aplikasi tersebut. Pertama kali membukanya, mungkin aplikasi akan meminta beberapa izin, silahkan izinkan akses yang diminta oleh aplikasi tersebut.


3. Di halaman awal aplikasi kamu akan langsung melihat semua daftar aplikasi yang sudah terinstall di Android kamu. Pada halaman ini pula kamu sudah bisa membuat file APK dari aplikasi yang kamu tuju dengan tap saja aplikasi tersebut.

3. Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android


4. Atau kamu juga bisa me-ekstrak beberapa aplikasi sekaligus dengan cara tekan lama salah satu aplikasi dan setelahnya kamu bisa menandai beberapa aplikasi yang ingin diekstrak atau diubah menjadi format APK.

4. Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android


5. Setelah menandai beberapa aplikasi yang kamu pilih, tap ikon download yang kamu lihat di bagian atas kanan layar. Setelahnya proses ekstrak akan langsung dimulai. Untuk proses ekstrak biasanya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, bahkan terbilang sangat cepat sekali.

5. Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android


6. Sebenarnya, sampai disini kamu sudah berhasil merubah aplikasi menjadi file APK. Mungkin yang jadi pertanyaan kamu adalah dimana file APK itu disimpan?

File APK yang sudah jadi disimpan didalam memori internal. Kamu bisa mengaksesnya dengan membuka File Manager di Android kamu lalu masuk kedalam folder bernama ExtractedApks, kemudian disana kamu akan melihat tiap folder untuk masing-masing aplikasi (tiap aplikasi yang diekstrak memiliki foldernya masing-masing).

6. Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android


7. Selesai.

Baca Juga:

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error

• Cara Menggandakan Aplikasi Di Pengaturan Semua HP Android

• 5 Aplikasi Android Keren Dan Canggih Yang Jarang Diketahui

Sekarang kamu sudah bisa membagikan file APK tersebut ke Android lain entah itu melalui WhatsApp, Google Drive, Email, dan semua aplikasi yang memungkinkan untuk mengirim sebuah media dalam bentuk file, lebih tepatnya file APK.

Itulah cara mengubah aplikasi menjadi file APK di Android. Mungkin cukup sampai disini saja artikel yang bisa admin sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android"