Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Dan Men-charge Baterai Smartphone Yang Benar Agar Tetap Awet & Tahan Lama

 

Cara Merawat Dan Men-charge Baterai Smartphone Yang Benar Agar Tetap Awet & Tahan Lama

 Baterai merupakan salah satu komponen yang sangat penting didalam sebuah perangkat, salah satunya adalah perangkat smartphone, tanpa baterai tentu saja smartphone tidak bisa digunakan.

Pasti kamu semua ingin baterai smartphone yang kamu gunakan tetap awet dan tidak mudah rusak, Jika begitu penting bagi kamu untuk merawat baterai smartphone dengan benar.

Masih banyak diantara kita yang tidak mengerti tentang bagaimana cara merawat baterai smartphone yang benar, salah satu kesalahannya adalah dalam melakukan charging smartphone.

kesalahan men-charge smartphone malah akan membuat baterai smartphone menjadi cepat rusak dan baterai yang rusak juga akan berdampak buruk terhadap smartphone kamu.


6 Kesalahan Fatal Saat Men-charge Yang Membuat Baterai Smartphone Cepat Rusak


6 Kesalahan Fatal Saat Men-charge Yang Membuat Baterai Smartphone Cepat Rusak


1. Menggunakan Smartphone Saat Sedang Di-charge

Sering memainkan smartphone saat sedang di-charge merupakan kebiasaan umum yang sering di lakukan oleh para pengguna smartphone. Kebiasaan tersebut jika sering dilakukan akan membuat baterai smartphone cepat panas dan menggembung.


2. Sering Men-charge Smartphone Ketika Baterai Benar Benar Habis

Memainkan smartphone sampai daya baterai sudah benar benar habis lalu men-charge nya akan membuat kinerja baterai smartphone menurun dan bisa mengurangi umur baterai.

Men-charge smartphone sebaiknya saat kondisi baterai 35 persen keatas.


3. Men-charge Smartphone Semalaman

Meskipun smartphone di era modern saat ini sudah menyediakan fitur yang bisa memutuskan arus daya otomatis saat baterai sudah terisi penuh. Tetap saja hal tersebut bisa membuat baterai smartphone menjadi panas berlebih karena pemborosan arus daya yang terbuang.


4. Keseringan Menggunakan Power Bank

Terlalu sering menggunakan power bank akan membuat umur baterai smartphone kamu berkurang. Kamu bisa gunakan power bank saat keadaan terdesak saja, misalnya saat kamu sedang berpergian jauh lalu lupa membawa charger kamu bisa memanfaatkan power bank tersebut, karna memang itulah fungsi dan kegunaan dari power bank.


5. Sering Menggunakan Charger Yang Bukan Bawaan

Semua fungsi charger memang sama yaitu untuk mengisi daya baterai, akan tetapi setiap smartphone memiliki daya yang berbeda beda seperti contohnya besar daya di adapter dan panjang port. Jika daya charger tidak cocok dengan daya smartphone yang kamu gunakan tentu saja hal itu akan berpengaruh pada baterai smartphone kamu.


6. Hindari Men-charge Smartphone Sampai 100%

Hal ini sering membuat orang keliru dalam men-charge smartphone, banyak yang mengatakan bahwa men-charge sampai 100% adalah hal yang benar, faktanya saat kamu men-charge smartphone ketika sudah mencapai 80%, tekanan daya menjadi lebih meningkat, hal ini akan membuat baterai harus menahan daya yang lebih besar sehingga membuat daya baterai perlahan akan melemah.


Cara Men-charge Smartphone Yang Benar


Cara Men-charge Smartphone Yang Benar


Berikut ini 6 cara men-charge smartphone yang baik dan benar agar baterai smartphone tetap awet dan tahan lama.


1. Jangan Men-charge Saat Smartphone Dalam Keadaan Panas

Saat selesai bermain game dan suhu smartphone kamu masih dalam keadaan panas jangan langsung men-charge nya, sebaiknya kamu diamkan terlebih dahulu sampai suhu smartphone kamu membaik baru kamu bisa men-charge nya.


2. Lepas Softcase Saat Sedang Men-charge

Suhu hangat yang keluar dari smartphone yang sedang di-charge akan terhambat oleh softcase tersebut, jadi ada baiknya jika kamu melepaskan benda tersebut saat smartphone kamu hendak di-charge.


3. Jangan Sering Men-charge Menggunakan PC / Laptop

Keseringan menggunakan PC / laptop untuk men-charge akan mengurangi umur baterai smartphone.


4. Selalu Gunakan Charger Ori

Selalu menggunakan charger ori membuat baterai smartphone tetap terawat karena daya charger yang sesuai dengan smartphone. Akan lebih baik lagi jika charger tersebut merupakan charger bawaan dari smartphone kamu.


5. Jangan Menunggu Daya Baterai Habis Baru Di-Charge

Menguras daya baterai sama saja kamu mengurangi umur baterai.


6. Sering Seringlah Men-charge Smartphone

Keseringan men-charge smartphone tidak akan membuat kinerja baterai smartphone kamu menurun. Hal ini justru akan membuat daya baterai smartphone kamu tetap stabil.


Baca Juga : Penyebab Dan Cara Mempercepat Android Yang Lemot Paling Ampuh


Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone Saat Di-Charge


Cara Mempercepat Pengisian Daya Baterai Smartphone Saat Di-Charge

Adapun cara yang bisa kamu lakukan agar baterai smartphone cepat terisi penuh saat di-charging, berikut ini caranya


1. Matikan Smartphone

Cara paling ampuh jika ingin baterai smartphone cepat terisi penuh adalah dengan mematikan smartphone. Jika smartphone dalam keadaan mati otomatis baterai sama sekali tidak mengeluarkan daya, hal inilah yang membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat terisi penuh.


2. Memanfaatkan Fitur AirPlane Mode

Cara kedua yaitu memanfaatkan fitur airplane mode atau mode terbang, jika fitur ini diaktifkan semua jaringan yang tersambung pada smartphone akan terputus sehingga pengeluaran daya baterai berkurang.


3. Gunakan Aplikasi Fast Charging

Untuk mempercepat pengisian baterai smartphone, kamu juga bisa memanfaatkan bantuan dari fitur aplikasi penghemat daya baterai atau aplikasi fast charging tdengan catatan aplikasi tersebut aman untuk baterai dan cocok digunakan oleh smartphone kamu jika tidak, aplikasi tersebut malah akan membuat pengisian daya smartphone kamu semakin lambat.


4. Matikan Semua Aplikasi Yang Berjalan

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone adalah membiarkan aplikasi tetap berjalan di latar belakang setelah selesai digunakan. Kebiasaan ini bukan hanya memperlambat pengisian daya baterai tapi juga bisa merusak baterai karena saat melakukan charger baterai tetap mengeluarkan daya sehingga daya masuk dan keluar menjadi tidak stabil.


5. Turunkan Kecerahan Layar Sampai 0%

Karena konsumsi daya yang besar kecerahan layar merupakan faktor utama yang membuat baterai smartphone cepat terkuras, hal ini juga bisa memicu lambatnya proses charger.


Itulah 5 cara mempercepat pengecasan baterai smartphone agar cepat penuh.


Cara Merawat Charger Smartphone


Cara Merawat Charger Smartphone


Selain kesalahan dalam melakukan charging pada smartphone ternyata charger yang rusak atau bermasalah juga bisa menjadi pemicu baterai bahkan smartphone kamu menjadi cepat rusak dan membuat charger smartphone menjadi lambat.

Untuk menghindari hal tersebut merawat charger juga penting untuk kamu lakukan.


Berikut ini 3 cara merawat charger agar tidak mudah rusak dan eror.


1. Cabut Charger Setelah Digunakan

Meninggalkan charger terus menancap di stop kontak setelah digunakan akan membuat charger menjadi panas karena aliran listrik yang terus mengalir kedalam charger tersebut.


2. Simpan Ditempat Yang Benar

Menyimpan charger di tempat yang sempit seperti tas atau kantong celana yang ketat akan membuat charger menjadi tergores dan tertekan, hal ini bisa membuat kabel akan menjadi bengkok dan rusak.


3. Jangan Menggunakan Penjepit Kabel Berbahan Keras

Jika kamu menggunakan penjepit untuk kabel charger agar terlihat rapi dan mudah dibawa, itu memang hal yang benar. Tapi kamu harus menggunakan penjepit yang berbahan lunak misalnya seperti karet.

jika kamu menggunakan penjepit yang berbahan keras seperti kawat akan menimbulkan gesekan yang bisa membuat lapisan kabel kamu menipis.


Itulah beberapa cara agar charger smartphone awet.


Baca Juga : 5 Tips Merawat Smartphone Agar Lebih Tahan Lama


Apakah Smartphone Baru Harus Di-charge Selama 8 Jam ?


Satu lagi ulasan tentang pertanyaan "apakah smartphone baru harus di-charge selama 8 jam?" Jawabannya adalah tidak.

Saat kamu membeli smartphone baru jika baterai smartphone tersebut dalam kondisi 40% - 80% kamu boleh langsung memainkannya, tapi jika baterai smartphone dalam kondisi low bat silahkan kamu charger sampai full setelah itu kamu bisa memainkannya.


Sekian ulasan mengenai cara merawat dan men-charge baterai smartphone yang benar agar tetap awet & tahan lama.


Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan, terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Merawat Dan Men-charge Baterai Smartphone Yang Benar Agar Tetap Awet & Tahan Lama"