Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Daya Baterai di HP VIVO


Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Daya Baterai di HP VIVO

 Salah satu smartphone besutan Tiongkok yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat luas di Indonesia adalah smartphone VIVO. VIVO memiliki banyak sekali smartphone dengan spesifikasi yang berbeda yang bisa kita kategorikan kedalam tiga jenis yaitu entry-level, mid-end dan high-end.

Namun, di beberapa HP VIVO yang termasuk kedalam kategori kelas bawah atau low-end atau yang biasa disebut juga dengan entry-level sekalipun saat ini sudah dibekali dengan beberapa fitur canggih didalamnya. Mungkin itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa smartphone ini sangat laku dipasaran.

Berbicara tentang fitur didalam smartphone, pada kesempatan kali ini admin tertarik dan ingin membahas salah satu fitur HP VIVO, lebih tepatnya mengenai cara mengaktifkan fitur hemat daya baterai di HP VIVO. Umumnya fitur ini juga sudah tersedia di semua smartphone yang ada saat ini.


Baca Juga:

• Cara Merawat Dan Men-charge Baterai Smartphone Yang Benar Agar Tetap Awet & Tahan Lama

• 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone


Fitur penghemat baterai di VIVO fungsinya sangat bermanfaat sekali saat smartphone kamu dalam kondisi baterai low dan kamu tidak membawa charger ataupun power bank, sedangkan kamu sangat membutuhkan sekali smartphone itu. Nah, agar baterai tidak cepat habis kamu bisa mengatasinya dengan mengaktifkan fitur hemat baterai.

Ketika diaktifkan, fitur ini akan bekerja untuk menghemat baterai di HP VIVO kamu dengan cara mengurangi bahkan menghentikan beberapa proses baik dari aplikasi ataupun fitur-fitur yang dapat membuat ponsel bekerja lebih keras dan membuat baterai jadi boros.

Untuk mengaktifkan penghemat baterai VIVO cukup mudah, kamu juga tidak perlu menggunakan aplikasi apapun untuk melakukannya. Pada dasarnya fitur ini sudah disediakan secara langsung atau bawaan pada masing-masing smartphone.


Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Daya Baterai di HP VIVO

Baterai menjadi salah satu hal yang sangat sering diperhatikan ketika seseorang ingin membeli smartphone baru. Tentunya semua orang pasti akan memilih HP yang memiliki daya baterai yang cukup besar sehingga akan menjadi lebih awet dan bisa digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Tapi tahukah kamu, semakin besar spesifikasi dari smartphone maka akan semakin besar juga daya yang akan dikeluarkan untuk menampungnya. Jadi biasanya smartphone yang memiliki spesifikasi besar misalnya dari segi prosessor dan RAM, sudah pasti memiliki daya baterai yang cukup besar juga untuk menyeimbangkannya.

Selain daya baterai yang besar akan membuat baterai tidak cepat habis, ternyata ada hal lain yang dapat menunjangnya lagi, yaitu dengan mengaktifkan mode hemat daya baterai.

Nah, untuk mengaktifkan fitur tersebut di VIVO, kamu bisa mengikuti langkah-langkah seperti berikut ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Daya Baterai di HP VIVO

1. Buka menu pengaturan di HP Android VIVO kamu masing-masing.


2. Setelah berada didalam pengaturan, cari dan pilih opsi "Baterai".


3. Setelah itu kamu akan dibawah ke halaman pengaturan baterai HP VIVO milikmu. Disana kamu bisa melihat beberapa opsi seperti untuk memilih mode daya baterai, melihat aplikasi yang membuat baterai boros, dan aplikasi dengan penggunaan daya di latar belakang yang tinggi.

Sedangkan untuk menghemat daya baterai, ada 3 opsi berbeda yang ditawarkan, diantaranya adalah:

1. Normal: Merupakan opsi default yang tidak berpengaruh apapun terhadap daya baterai. Hemat atau tidaknya daya baterai pada opsi Normal tergantung dari pemakaian kamu sendiri. Tidak ada batasan apapun yang diberikan di opsi ini.

2. Mode daya rendah: Bisa dibilang opsi ini akan menghemat daya baterai dalam tingkat sedang dengan cara menurunkan tingkat frekuensi CPU & GPU, mengurangi waktu penguncian otomatis, menonaktifkan fitur yang dapat membuat baterai lebih cepat terkuras seperti jaringan hotspot, Wi-Fi, dan Feedback sentuhan. Mengaktifkan penguncian layar potret.

Opsi mode daya rendah hanya otomatis melakukan beberapa hal untuk mengurangi penggunaan daya baterai yang cukup besar, diantaranya seperti yang sudah disebutkan tadi. Tapi terlepas dari itu kamu tetap bisa melakukan hal lain yang dapat membuat baterai di HP VIVO tetap terkuras, salah satu contohnya seperti bermain game.

3. Penghemat super: Opsi penghemat super berbeda dengan kedua opsi diatas yang ketika diaktifkan kamu masih bisa melakukan banyak kegiatan di smartphone. Opsi yang terakhir ini merupakan cara paling ampuh yang bisa kamu pilih untuk menghemat baterai di VIVO milikmu. Dengan mengaktifkan mode penghemat daya super ini, semua fungsi di smartphone akan dinonaktifkan kecuali jam, kontak, telpon, alarm dan pesan. Mode ini akan otomatis dinonaktifkan setelah daya baterai di smartphone VIVO kamu terisi sampai 60%.

Silahkan kamu pilih salah satu dari 3 mode penghemat baterai diatas sesuai dengan keperluan. Tentunya ketiga mode tersebut memiliki efek samping berbeda setelah kamu mengaktifkannya.


4. Selesai.


Baca Juga:

• Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP VIVO Tanpa Aplikasi

• Cara Merawat Baterai Tanam Agar Awet Dan Tahan Lama

• Penyebab Dan Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Paling Ampuh


Sekarang baterai HP VIVO kamu sudah menjadi lebih hemat. Tapi ada baiknya jika kamu mengaktifkan fitur tersebut hanya saat sedang dibutuhkan saja. Yang sebenarnya harus kamu lakukan adalah merawat baterai dan menggunakannya dengan cara yang benar. Dengan begitu baterai tidak akan boros dan cepat rusak.

Itulah cara mengaktifkan fitur hemat daya baterai di HP VIVO yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Kamu bisa mempraktekan cara diatas di VIVO Y30i, Y12, Y12i, Y12s, Y20, Y71, Y91, Y91c, dan HP VIVO lainnya. Jika di HP VIVO kamu memang tersedia fitur tersebut, pasti cara untuk mengaktifkannya pun tidak akan jauh berbeda.

Baiklah, cukup sampai disini saja tutorial yang mampu admin sampaikan, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Fitur Hemat Daya Baterai di HP VIVO"