Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Sidik Jari HP Tidak Berfungsi


Penyebab Dan Cara Mengatasi Sidik Jari HP Tidak Berfungsi

 Karena saat ini sudah banyak sekali smartphone yang menggunakan fitur keamanan berupa kunci sidik jari, maka tidak heran jika kita sering sekali mendengar pertanyaan "kenapa sidik jari hp tidak berfungsi?". Tak hanya mendengar saja, mungkin salah satu dari kamu juga pernah mengalaminya.

Sidik jari hp yang eror ataupun rusak, pastinya disebabkan oleh beberapa hal sehingga hal itu membuatnya tidak mampu untuk berfungsi dengan baik, entah itu karena kesalahan dari sistem ataupun kesalahan dari cara kamu menggunakannya.

Terlepas dari itu semua, menggunakan sidik jari memang memiliki beberapa manfaat dan keuntungan yang diberikan.

Nah, sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi sidik jari HP yang tidak berfungsi. Ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa kelebihan serta manfaat yang didapatkan dari menggunakan fitur ini.


Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Kunci Layar Sidik Jari Di Semua HP Android

• Cara Merawat Baterai Tanam Agar Awet Dan Tahan Lama


Manfaat Menggunakan Sidik Jari Di HP

1. Keamanan

Yang namanya kunci sidik jari pasti tujuan utamanya adalah menjaga dan memberikan keamanan. Dengan menggunakan teknologi ini, HP kamu akan terjamin lebih aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Jika dibandingkan dengan gaya kunci lain seperti pin, pola, dan password. Sidik jari merupakan salah satu tipe layar kunci yang sangat susah untuk dibobol dari beberapa gaya kunci tersebut.


2. Praktis Dan Simpel

Manfaat lain dari HP yang menggunakan sidik jari adalah lebih simpel dan praktis saat membuka kunci. Meskipun sangat sulit dibobol, bukan berarti untuk membukanya juga sulit.

Kunci sidik jari tidak seperti gaya layar kunci lainnya. Yang dimana semakin sulit untuk dibobol maka akan ribet juga untuk kita membukanya. Hal itu justru berbanding terbalik dengan kunci sidik jari. Sidik jari mudah dibuka namun tidak mudah dibobol.

Untuk membuka sidik jari di HP, kamu hanya perlu satu kali menempelkan jari kamu ke sensor sidik jari dan kunci pun akan langsung terbuka. Sangat efisien sekali, bukan?


3. HP Terlihat Lebih Canggih

Tahukah kamu bahwa smartphone yang memiliki fitur kunci sidik jari akan terlihat lebih canggih dan modern. Hal itu dikarenakan fitur kunci sidik jari masih sebagian smartphone saja yang menggunakannya. Sehingga hal itu membuat smartphone dengan sidik jari terlihat lebih menonjol.

Mungkin untuk satu atau dua tahun ke depan, kunci sidik jari sudah digunakan oleh hampir seluruh smartphone. Termasuk smartphone kelas menengah kebawah.

Itulah beberapa manfaat menggunakan sidik jari.


Penyebab Sidik Jari HP Tidak Berfungsi

1. Panel Sidik Jari Terkena Goresan Benda Tajam

Hal pertama yang membuat sidik jari di hp Android kamu menjadi tidak berfungsi adalah karena panel sidik jari tergores benda tajam ataupun benda keras. Biasanya hal ini diakibatkan oleh kesalahan kamu sendiri saat menaruh HP tersebut.


2. Menggunakan Sidik Jari Saat Jari Dalam Keadaan Basah

Memakai sidik jari saat jari kamu dalam keadaan basah, kotor, atau berminyak, lama kelamaan kebiasaan itu akan membuat sidik jari tidak mampu untuk mendeteksi. Bahkan dalam kasus yang lebih parah, sidik jari tidak berfungsi sama sekali.

Panel sidik jari merupakan komponen yang sangat sensitif, jadi pastikan jari kamu bersih dan kering sebelum ingin menggunakan sidik jari.


3. Jari Yang Tergores Atau Luka

Penyebab sidik jari tidak berfungsi bukan hanya dari segi sidik jari itu sendiri. Jari yang luka ataupun tergores juga akan membuat sensor sidik jari di HP kamu tidak mampu untuk mendeteksinya.


4. Kesalahan Pada Sidik Jari

Jika HP kamu berusia sudah lebih dari 3 tahun, maka error yang terjadi pada sidik jari adalah hal yang wajar. Hal ini tidak hanya berlaku untuk sidik jari saja namun komponen lain dari smartphone yang sudah lama digunakan juga akan menjadi lebih rentan error.

Nah itulah beberapa penyebab sidik jari di HP tidak berfungsi dengan semestinya.


Cara Mengatasi Sidik Jari HP Tidak Berfungsi

1. Membersihkan Sensor Sidik Jari

Sidik jari yang tidak berfungsi bisa saja terhalang oleh debu atau kotoran lainnya yang menempel pada sensor sidik jari. Untuk mengantisipasi kerusakan yang lebih parah lagi, maka wajib bagi kamu untuk membersihkannya secara berkala.

Kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu kering. Tapi ingat, jangan menggosoknya dengan terlalu keras, kamu hanya perlu mengusapnya secara perlahan-lahan saja.


2. Mendaftarkan Lebih Dari Satu Sidik Jari

Setiap smartphone yang memiliki fitur buka kunci dengan sidik jari pastinya bisa untuk mendaftarkan lebih dari satu sidik jari.

Kamu bisa memanfaatkan fitur itu untuk menambahkan lagi sidik jari untuk jari kamu yang lain. Dengan begitu, saat sensor sidik jari tidak mengenali jari yang kamu gunakan, kamu bisa menggunakan jari lain yang sudah kamu daftarkan sebelumnya.


3. Bersihkan Jari

Jika kamu sudah membersihkan panel sidik jari namun tetap saja tidak berfungsi, maka kamu juga harus membersihkan jari kamu terlebih dahulu. Siapa tahu kotoran yang menghalangi sensor sidik jari itu ada di jari kamu bukan di panelnya.


4. Mulai Ulang HP (Restart)

Untuk mengatasi sidik jari hp tidak berfungsi yang selanjutnya adalah dengan melakukan restart pada perangkat yang kamu gunakan. Biasanya dengan melakukan restart, semua bug yang ada akan teratasi termasuk bug yang membuat sidik jari di HP Android kamu menjadi tidak berfungsi.


5. Hapus Cache Fingerprint

Cache atau memori pada aplikasi Fingerprint yang menumpuk bisa menjadi penyebab sidik jari error. Jadi untuk mengatasinya kamu bisa menghapus cache tersebut pada setelan aplikasi di HP kamu masing-masing karena ini adalah merupakan aplikasi sistem jadi kamu tidak bisa menemukannya pada menu aplikasi.


6. Mengembalikan HP Ke Pengaturan Pabrik

Jika semua cara sudah dilakukan namun tidak ada yang berhasil, maka cara terakhir adalah dengan mereset smartphone ke setelan pabrik. Sebelum melakukan reset, cadangkan terlebih dahulu data-data penting yang ada di HP kamu.

Harus kamu tahu, jika kerusakan yang terjadi adalah pada hardware-nya, maka dengan melakukan reset ulang atau mengembalikan ke setelan pabrik tidak akan bisa untuk memperbaikinya. Satu-satunya jalan yang harus kamu ambil ialah dengan memperbaikinya ke konter hp. Syukur-syukur sidik jari di HP kamu masih bisa berfungsi lagi.


Tips Agar Sidik Jari HP Tidak Mudah Rusak:

• Jangan menaruh HP di tempat yang lembab dan basah.

• Jangan menaruh HP didekat benda benda tajam atau benda keras.

• Rutin Membersihkan Sensor Sidik Jari.

• Hindari kebiasaan menggunakan sidik jari saat jari kamu basah, kotor, atau berminyak.

• Jangan menggunakan sidik jari dengan menekannya dengan terlalu keras.


Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Fitur Kunci Sidik Jari Di WhatsApp

• Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android


Itulah penyebab dan cara mengatasi sidik jari HP tidak berfungsi. Cukup sekian untuk pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih.


Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Sidik Jari HP Tidak Berfungsi"