Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mengatasi Speaker HP Sember Dengan Mudah


Cara Mengatasi Speaker HP Sember

 Speaker HP yang sember memang sangat mengganggu kita saat sedang mendengarkan musik, menelpon, pesan suara, menonton video, menggunakan nada dering, dan lain sebagainya.

Dimana speaker HP sember umumnya mengeluarkan suara yang tidak terlalu jelas dan biasanya suara yang dikeluarkan dibarengi dengan bunyi kresek-kresek.

Untuk mengobati keluhan yang kamu rasakan, ada cara mengatasi speaker HP sember. Namun semua itu tergantung dari penyebabnya. Dalam kasus ringan mungkin suara sember dari HP tersebut bisa kamu perbaiki dengan sangat mudah.


Baca Juga:

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Sidik Jari HP Tidak Berfungsi

• Cara Merawat Baterai Tanam Agar Awet Dan Tahan Lama


Speaker memang berperan cukup penting untuk smartphone. Jika tidak ada speaker mungkin HP yang kita gunakan saat ini menjadi tidak berguna. Bicara kasarnya, bukan HP jika tidak memiliki speaker.

Karena hampir setiap hal yang ada didalam sebuah HP membutuhkan sebuah speaker, hal itu bertujuan agar dapat memaksimalkan fungsinya untuk pengguna. Jika tidak ada speaker mungkin bermain game malah akan membosankan.

Maka dari itu, patut bagi kita sebagai pengguna smartphone untuk merawat speaker HP agar tidak sember dan juga tidak mudah rusak ataupun mati. Alangkah baiknya jika kita mencegah dari pada harus memperbaiki.

Namun sebelum membahas cara mengatasi speaker HP sember, akan lebih bagus lagi jika kita ketahui terlebih dahulu beberapa penyebab-penyebabnya.


Penyebab Speaker HP Menjadi Sember

1. Kemasukan Debu Atau Kotoran

Debu adalah alasan pertama mengapa speaker HP bisa sember. Debu atau kotoran lain yang menempel pada speaker akan membuat suaranya menjadi tertahan.

Alhasil, suara yang dikeluarkan pun menimbulkan sedikit getaran pada HP. Semakin kamu menaikan volumenya maka getaran tersebut akan semakin terasa. Jika hal seperti ini dibiarkan terlalu lama maka akan menyebabkan sember yang terjadi semakin parah.


2. Speaker Sudah Rusak

Beberapa komponen dari speaker yang sudah rusak tentu saja akan menyebabkan suara yang dikeluarkan akan mengalami sedikit gangguan seperti sember, suara tidak jelas, dan bahkan speaker tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali alias mati.

Untuk memastikan speaker HP sudah rusak atau belum, kamu bisa membuka casing HP milikmu dan lihat speakernya. Jika kamu melihat robekan pada bagian luar speaker, sudah bisa dipastikan bahwa speaker tersebut memang rusak dan kamu perlu untuk menggantinya.


3. Sering Menggunakan Volume Tinggi

Ini menjadi peringatan bagi kamu yang suka mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game dengan menggunakan volume yang tinggi.

Keseringan menggunakan volume tinggi tidak baik untuk kesehatan speaker. Speaker akan mengeluarkan daya maksimal secara terus menerus, hal itu bisa membuat speaker cepat sember dan mengurangi usianya.


4. Speaker HP Terkena Air

Selain debu, air juga menjadi penyebab suara speaker HP menjadi terganggu fungsinya. Bahkan, kerusakan yang disebabkan oleh air bisa saja berakibat lebih fatal jika dibandingkan dengan debu. Maka dari itu kamu harus sesegera mungkin untuk menangani hal tersebut.

Untuk cara mengatasi speaker HP sember kena air kita sudah pernah membahasnya. Kamu bisa melihatnya disini.


Itulah beberapa kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab kenapa suara speaker di HP sember.


7 Cara Mengatasi Speaker HP Sember

1. Bersihkan Debu Pada Speaker

Untuk membersihkan debu yang terdapat didalam speaker HP caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka casing HP dan kamu bisa langsung membersihkan debu yang terdapat pada permukaan speaker tersebut.

Meskipun speaker di HP kamu tidak sember, namun membersihkan debu secara rutin adalah hal yang wajib kamu lakukan untuk mencegah dan meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.


2. Perbaiki Komponen Speaker Yang Rusak

Satu-satunya cara mengatasi sember pada HP dengan speaker yang sudah rusak parah adalah dengan membawanya ke konter HP langganan kamu untuk mengganti komponennya.

Usahakan kamu membeli speaker yang orisinilnya saja. Meskipun itu bukan orisinil tapi setidaknya carilah yang memilik kualitas  terjamin sehingga speaker HP tersebut bisa bertahan lama.


3. Pindahkan Speaker HP Utama Ke Speaker Kedua

Di semua HP pasti memiliki dua speaker yaitu speaker utama yang fungsinya untuk mendengarkan musik atau media lainnya dan speaker kedua yang berfungsi untuk menelpon. Umumnya speaker kedua memiliki volume yang lebih kecil.

Jika kamu menyadari bahwa kerusakan yang terjadi adalah pada speaker utama, kamu bisa memindahkan fungsi dari speaker utama ke speaker kedua.

Perlu diingat, cara ini hanyalah untuk memindahkan saja tapi tidak untuk memperbaikinya. Jadi kamu bisa menggunakan cara ini untuk sementara waktu sampai speaker HP kamu yang kedua sudah diperbaiki.


Berikut ini cara memindahkan speaker utama ke speaker kedua:

• Install / download aplikasi yang bernama SoundAbout.

• Setelah aplikasinya terpasang, langsung saja buka aplikasi tersebut.

• Pada halaman utama aplikasi tap "SoundAbout Service:", setelah itu pilih opsi "ON - With Status".

• Sekarang pilih menu "Media audio:", lalu pilih opsi "Earpiece".

• Selesai.


Setelah menggunakan speaker kedua kamu harus bisa membedakan cara penggunaan speaker utama dan kedua. Salah satunya adalah dengan cara mengurangi kebiasaan kamu yang suka menggunakan volume tinggi. Speaker kedua lebih rentan mengalami kerusakan dibanding dengan speaker utama.

Jika speaker utama di HP kamu sudah diperbaiki, kamu bisa mengembalikan lagi setelan dari aplikasi SoundAbout ke semula.


4. Mengatur Volume

Cara mengatasi speaker HP sember yang keempat adalah dengan mengatur volume untuk setiap nada dering, media, notifikasi, dan volume lainnya. Turunkan semua volume tersebut ke titik dimana suara kresek atau sember tidak terdengar lagi.

Meskipun cara ini tidak bisa mengembalikan suara speaker HP menjadi normal ke seperti semula, setidaknya hal ini membantu menyembunyikan suara sember dan mencegahnya agar tidak semakin parah.


5. Tes Hardware Speaker HP

Untuk meyakinkan dimana letak kerusakan yang terjadi pada speaker HP, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan sebuah kode dial. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu panggilan setelah itu masukan kode tersebut lalu panggil.

Kode untuk memperbaiki speaker HP biasanya berbeda-beda untuk setiap smartphone. Kamu bisa mencoba beberapa kode dibawah ini:


• *#0*#

• *#*#64663#*#*

• *#*#0*#*#

• *#*#0673#*#*

• *#*#3424#*#*


Jika semua kode tidak ada yang berhasil, kamu bisa mencari kode yang cocok dengan HP kamu melalui pencarian Google. Disana kamu akan menemukan banyak sekali kode untuk tes speaker HP. Silahkan coba satu persatu kode tersebut sampai menemukan kode yang bisa digunakan untuk HP kamu.

Jika setelah di tes suaranya normal, maka bisa dipastikan bahwa kesalahan yang terjadi bukan karena hardware speaker melainkan dari sistem.


6. Restart HP (Mulai Ulang)

Jika kesalahan dari sistem adalah kesalahan yang cukup ringan, maka dengan melakukan restart pada HP bisa membantu kamu untuk mengatasi bunyi sember pada speaker HP tersebut. Hal ini sama seperti kamu merefresh sistem. Untuk melakukan restart pada HP, pasti kamu semua sudah mengerti caranya.


7. Reset HP (Kembalikan Ke Setelan Pabrik)

Cara terakhir untuk memperbaiki speaker HP sember adalah dengan mereset-nya atau mengembalikannya ke setelan pabrik. Namun Sebelum melakukan cara ini kamu harus terlebih dahulu untuk mempertimbangkannya secara matang-matang.

Cara ini boleh kamu lakukan jika kamu sudah benar-benar yakin bahwa kerusakan speaker yang terjadi disebabkan oleh adanya kesalahan pada sistem. Dan sebelum melakukan reset, sebaiknya cadangkan terlebih dahulu semua data yang terdapat di HP kamu. Setelah itu kamu bisa mencoba untuk mereset-nya.


Baca Juga:

• Penyebab Dan Cara Mempercepat HP Android Yang Lemot Paling Ampuh

• Cara Merawat Dan Men-charge Baterai Smartphone Yang Benar Agar Tetap Awet & Tahan Lama

• Penyebab Dan Cara Mengatasi Aplikasi Android Yang Error


Itulah 7 cara mengatasi speaker HP sember dengan mudah. Meskipun, ada juga beberapa cara yang memang agak sulit untuk dilakukan namun semua itu tergantung dari kerusakan speaker HP yang terjadi. Semakin parah maka akan semakin susah juga untuk memperbaikinya. Apalagi jika kita tidak ahli dalam bidang tersebut.

Baiklah, cukup sekian untuk pembahasan mengenai cara mengatasi speaker HP yang sember. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


Posting Komentar untuk "7 Cara Mengatasi Speaker HP Sember Dengan Mudah"