Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Encrypt dan Decrypt Script Bash di Termux Android


Cara Encrypt dan Decrypt Script Bash di Termux Android

 Kemarin kita baru saja membahas tentang cara compile script Python menggunakan Termux. Nah, sekarang giliran kita membahas cara encrypt dan decrypt script Bash di Termux Android.

Untuk istilah encrypt decrypt dan compile decompile sendiri itu sebenarnya sama saja, yaitu sama-sama berfungsi untuk mengamankan atau mengunci sebuah file script agar tidak bisa ditiru dan dimodifikasi oleh orang lain dan sebaliknya.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada script atau program Bash yang sedang kamu buat maupun program yang sudah jadi, kamu bisa mencegahnya dengan melakukan enkripsi pada file script tersebut.

Baca Juga:

• Kumpulan Script Termux Terbaru 2022 Lengkap Dengan Cara Installnya

• Belajar Cara Membuat Script Sederhana Di Termux Menggunakan Program Bash Untuk Pemula

Untuk encrypt ataupun decrypt script Bash, Bash Shell, program Bash, file Bash, Bash script atau apapun itu kamu menyebutnya, tentu cara maupun script yang akan kita gunakan berbeda dengan ketika kita melakukannya pada script Python.

Dan berkat adanya aplikasi Termux, sekarang kamu bisa dengan mudah untuk melakukan encrypt dan decrypt script Bash hanya dengan menggunakan HP Android yang sedang kamu gunakan saat ini, tentunya akan dibantu juga dengan aplikasi Termux dan script Termux yang memungkinkan kamu untuk bisa encrypt dan decrypt script Bash.

Buat kamu yang sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak pembahasan di artikel ini sampai selesai agar kamu bisa lebih mudah lagi untuk memahami tutorial yang akan admin sampaikan.


Cara Encrypt Dan Decrypt Script Bash di Termux Android

Script yang akan kita gunakan disini didalamnya memiliki dua fitur sekaligus yaitu untuk encrypt dan decrypt. Jadi admin tidak perlu membuatkan tutorial terpisah baik untuk cara encrypt maupun cara decrypt sebab didalam satu script ini sudah menyediakan keduanya.

Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi berikut ini adalah tutorial encrypt dan decrypt script Bash di Termux:

Cara Encrypt dan Decrypt Script Bash di Termux Android

1. Buka aplikasi Termux di HP Android kamu masing-masing.

2. Setelah berada didalam Termux, kamu harus terlebih dahulu menginstall beberapa package yang nantinya akan dibutuhkan. Untuk menginstallnya silahkan jalankan perintah dibawah ini satu-persatu:

$ apt-get update

$ apt-get upgrade

$ pkg install python2

$ pkg install git

3. Selanjutnya kamu clone atau install script encrypt decrypt Bash di Termux milikmu dengan perintah:

$ git clone https://github.com/pembriahmad/Bash-Crypt

4. Setelah script tersebut berhasil diclone, kamu masuk kedalam script tersebut dan juga mengubah hak aksesnya dengan menggunakan perintah:

$ cd Bash-Crypt

$ chmod +x install-crypt.sh

5. Selanjutnya kamu perlu menjalankan perintah berikut ini untuk menginstall module dan package yang dibutuhkan oleh script dan tunggu sampai proses penginstallan benar-benar berhasil. Berikut perintahnya:

$ bash install-crypt.sh

6. Langkah berikutnya kamu tinggal menjalankan saja script tersebut dengan perintah:

$ python2 crypt.py

7. Jika script sudah berhasil dijalankan tanpa adanya eror sedikitpun, berarti sekarang kita lanjut ke cara menggunakan script tersebut untuk encrypt ataupun decrypt script Bash shell. Namun sebelum itu kamu wajib memindahkan terlebih dahulu file Bash milikmu kedalam folder atau direktori script ini.

8. Setelah kamu menjalankan script tersebut, kamu akan langsung diberi dua pilihan. Pilihan yang pertama yaitu untuk encrypt script Bash, sedangkan pilihan yang kedua ialah untuk decrypt script Bash. Silahkan kamu pilih ingin melakukan encrypt atau decrypt pada script Bash milikmu. Setelah kamu memilih salah satu dari kedua pilihan tersebut, untuk langkah-langkah selanjutnya akan tetap sama, mungkin yang berbeda hanya pada poin ini saja. Jika sudah memasukan pilihan, tap enter.

9. Setelah itu masukan nama script Bash yang ingan kamu encrypt atau decrypt.

10. Selanjutnya untuk mengisi opsi Output, kamu bisa mengisinya dengan kata atau nama bebas terserah kamu, yang penting dibelakangnya diakhiri dengan ekstensi .sh. Contoh: hasil.sh, output.sh, script.sh dan lainnya. Sebagai contoh admin akan menamai script tersebut dengan nama hasil.sh.

11. Setelahnya kamu tinggal menunggu saja proses encrypt/decrytp file Bash itu hingga selesai.

12. Jika sudah selesai, script shell Bash yang sudah berhasil di decrypt atau encrypt akan tersimpan didalam script tersebut. Untuk melihatnya gunakan perintah:

$ ls

12. Cara Encrypt dan Decrypt Script Bash di Termux Android

13. Sekarang kamu tinggal periksa script itu sudah berhasil di-encrypt atau belum dengan cara masuk kedalam program script menggunakan perintah:

$ nano namascript.sh

Contoh:

$ nano hasil.sh

14. Untuk script Bash yang berhasil di decrypt maka kamu akan melihat semua struktur kode didalam script tersebut, sedangkan untuk script yang berhasil di encrypt, kamu hanya akan melihat kode seperti gambar dibawah ini, kamu tidak akan bisa melihat kode asli yang dirancang untuk membangun script shell Bash tersebut.

14. Cara Encrypt dan Decrypt Script Bash di Termux Android

15. Selesai.


Dengan menggunakan cara diatas, kamu sudah bisa melakukan encrypt untuk mengamankan program Bash milikmu, dan juga melakukan decrypt untuk melihat struktur kode program dari script Bash entah itu milikmu atau bisa juga dari script Bash milik orang lain yang ingin kamu pelajari lagi programnya.

Jika alasannya memang hanya untuk belajar, sepertinya boleh-boleh saja me-decrypt script Bash orang lain asalkan kamu tidak mengubah, memodifikasi, mencuri, apalagi sampai mengaku-ngaku bahwa script tersebut milikmu hanya dengan mengganti nama pembuat asli dengan nama kamu.

Baca Juga:

• Pengertian Enkripsi End To End WhatsApp

• Cara Membuat Script Kalkulator Sederhana di Termux

Kejadian seperti diatas sudah sering sekali terjadi, tapi sebelum kamu melakukan tindakan tersebut, kamu harus tahu bahwa di internet ada yang namanya pelanggaran hak cipta. Kamu bisa saja dilaporkan ke pihak berwajib karena sudah mencuri dan memodifikasi karya milik orang lain tanpa seizin darinya.

Itulah cara encrypt dan decrypt script Bash di Termux Android. Gunakan tutorial diatas untuk hal-hal yang bermanfaat saja dan tidak merugikan orang lain. Jika kamu memliki pertanyaan mengenai tutorial diatas, langsung tanyakan saja melalui kolom komentar dibawah ini.

Cukup sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

2 komentar untuk "Cara Encrypt dan Decrypt Script Bash di Termux Android"

  1. Cara mindahin folder bash milikku kedalam scrip gimana gan?
    Perintah nya gak ada gan jadi bingung bagi pemula yg gak tau apa² cuma asal ngikutin aja:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar lebih gampang, sekarang taruh dulu file bash nya di luar folder apapun di penyimpanan internal. Kalo sudah, masuk ke aplikasi Termux terus jalanin perintah:
      $ cd /sdcard
      $ mv (namafile.sh) /$HOME/Bash-Crypt
      ganti (namafile.sh) jadi nama file bash milik masing-masing. Perintah tersebut bakal mindahin file bash langsung kedalam folder script.

      Hapus