Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Script Kalkulator Sederhana di Termux


Cara Membuat Script Kalkulator Sederhana di Termux

 Kalkulator merupakan satu-satunya alat bantu yang paling efektif untuk melakukan perhitungan angka seperti membagi, menambah, dan mengalikan angka. Tak sedikit orang yang menggunakan kalkulator saat sedang mengalami berbagai kesulitan dalam berhitung.

Karena alat ini sering dibutuhkan, maka pada setiap smartphone kalkulator sudah menjadi salah satu aplikasi bawaan yang wajib ada, tujuannya tidak lain untuk memudahkan pengguna pada saat ingin menggunakan kalkulator diwaktu yang mendadak. Rasanya sangat tidak mungkin jika HP kamu tidak memiliki aplikasi kalkulator bawaan.

Namun, barang kali kamu bosan dengan kalkulator di HP yang tampilan dan cara menggunakannya terkesan begitu-begitu saja, kamu bisa mencoba hal baru yang anti mainstream, yaitu membuat script kalkulator sederhana di Termux.

Terlepas dari fungsinya yang sama, tentunya dengan membuat kalkulator sendiri kamu akan merasakan sensasi yang berbeda ketika sedang menggunakannya, dan juga ada kepuasan tersendiri yang bisa kamu dapatkan. Meskipun dianggap sederhana dan sepele, setidaknya hal ini bisa mengasah skill coding kamu di Termux.

Untuk belajar membuat kalkulator di Android menggunakan aplikasi Termux caranya bisa dibilang susah-susah gampang. Jika kamu sudah mengerti sedikit saja tentang dasar bahasa pemrograman, mungkin itu bisa membantu kamu menjadi lebih mudah, atau bahkan kamu bisa mengembangkannya sendiri.


Baca Juga:

• Belajar Cara Membuat Script Loading Di Termux Untuk Pemula

• Cara Membuat Virtex Sendiri Di Termux Dan Tanpa Termux

• Cara Membuat Login Keren di Termux Android


Namun, meskipun sebelumnya kamu tidak mengerti apapun tentang script dan bahasa pemrograman, tidak ada salahnya juga jika ingin menggunakan script kalkulator Termux berikut ini untuk dijadikan sebagai bahan pembelajaran, siapa tahu suatu saat nanti kamu juga bisa mengembangkannya sendiri.

Ada beberapa bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membuat kalkulator sendiri di Termux, dan script kalkulator yang akan admin bagikan berikut ini dibuat dengan python.

Jika kamu tidak tahu apa itu python, python merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang memiliki struktur kode lebih mudah dipahami dari beberapa bahasa pemrograman lainnya. Jadi bahasa ini sangat cocok sekali untuk kamu yang pertama kali belajar membuat program dan ingin mengembangkannya lebih jauh.

Jika sudah tidak sabar ingin mengetahui tentang tutorial membuat kalkulator dengan python di Termux Android, langsung saja simak ulasan berikut ini.


Cara Membuat Script Kalkulator Sederhana di Termux

Berikut ini merupakan program kalkulator sederhana untuk melakukan tambah-tambahan, untuk cara membuatnya bisa terbilang cukup sederhana, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah dibawah ini secara detail dan pastikan tidak ada kode atau perintah yang salah walaupun satu huruf.


1. Buka aplikasi Termux di HP Android milikmu. Jika tidak memilikinya silahkan download terlebih dahulu di Play Store.


2. Setelah berada didalam Termux, jalankan satu-persatu perintah dibawah ini untuk menginstall package yang dibutuhkan:

$ pkg update && pkg upgrade

$ pkg install nano

$ pkg install python python2


3. Karena disini kamu akan menggunakan editor nano, jadi kamu harus masuk dan membuat file script terlebih dahulu di dalam teks editor tersebut, perintahnya:

$ nano (nama file script).py

Contoh:

$ nano kalku.py

Nama file script bebas sesuai yang kamu mau, sebagai contoh admin membuat script tersebut dengan nama kalku.


4. Setelah berada didalam teks editor nano, selanjutnya kamu tinggal copy atau salin semua kode dibawah ini kemudian tempelkan kedalam teks editor tersebut.

#!/usr/bin/python

x = input('masukkan angka pertama : ')

y = input('masukkan angka kedua : ')

angka1 = int(x)

angka2 = int(y)

print(angka1, '+', angka2, '=', angka1 + angka2)

Cara Membuat Script Kalkulator Sederhana di Termux


5. Jika sudah, selanjutnya kamu simpan script tersebut dengan menggunakan CTRL + X + Y lalu enter.


6. Sekarang script sudah berhasil dibuat. Untuk menjalankan dan menggunakan script kalkulator tersebut gunakan perintah:

$ python kalku.py

Selanjutnya masukan angka pertama lalu angka kedua, kemudian hasil dari penambahan angka pertama dan kedua akan muncul.

Cara Membuat Script Kalkulator Sederhana di Termux


7. Selesai.


Baca Juga:

• Belajar Cara Membuat Script Sederhana Di Termux Menggunakan Program Bash Untuk Pemula

• Cara Membuat Teks ASCII Di Termux

• Cara Membuat Tulisan Berjalan di HP Android Dengan Mudah


Sekarang kamu sudah berhasil membuat program kalkulator menggunakan bahasa pemrograman python dengan mudah. Program atau script tersebut bisa kamu kembangkan sendiri dengan ilmu-ilmu yang sudah kamu pelajari.

Seperti yang sudah admin katakan diatas bahwa bahasa python memiliki sintaks yang lebih simpel dan mudah dipahami. Buktinya dengan sedikit kode saja kamu sudah bisa menciptakan sebuah alat untuk tambah-tambahan bilangan.

Itulah cara membuat script kalkulator sederhana di Termux Android, jika masih ada yang kurang dipahami kamu bisa bertanya melalui kolom komentar. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Script Kalkulator Sederhana di Termux"