Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Compile Script Python di Termux Android


Cara Compile Script Python di Termux Android

 teknoinfo09 - Jika kamu adalah salah satu pembuat script dengan bahasa pemrograman Python, kamu wajib mengetahui bagaimana cara compile script Python di Termux Android agar script-script Python buatan kamu tidak bisa di recode oleh orang lain.

Buat kamu yang tidak tahu apa itu compile pada sebuah script atau program, secara sederhananya proses compile hampir sama dengan proses encode atau enkripsi, yaitu sama-sama bertujuan untuk mengamankan semua code pemrograman yang dibangun untuk membuat sebuah script.

Bukan hanya script dengan bahasa Python saja yang bisa di compile, namun semua script yang menggunakan bahasa pemrograman selain Python juga bisa, misalnya seperti PHP, Bash, C++, Java, Ruby, dan lainnya.

Setelah kamu berhasil meng-compile script Python tersebut, maka semua isi kode didalam script tidak akan bisa dilihat maupun diedit oleh siapapun.

Biasanya saat script Python kamu di recode atau diedit oleh orang lain, akan ada beberapa hal yang diganti dari script tersebut, misalnya ada penambahan fungsi, penggantian nama author (pembuat script), dan mengubah beberapa data lainnya yang bertujuan untuk mengambil alih kepemilikan dari script Python milikmu.

Untuk sebagian pembuat script, hal seperti itu memang bisa menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Bagaimana tidak, script Python yang kamu buat susah-susah dari awal hingga selesai tapi setelah script itu sudah selesai, malah ada orang yang mengakui bahwa ialah pembuatnya dan ialah pemiliknya.

Tapi, ketika kamu merasa bahwa script Python buatan kamu sudah ada yang membajaknya dan kamu benar-benar yakin bahwa itu adalah script milikmu, kamu tidak bisa menyalahkan si recoder tersebut, dan kamu tidak bisa berbuat banyak akan hal itu karena kamu sendirilah yang tidak me-compilenya sejak pertama kali script itu akan dipublikasikan.

Baca Juga:

• Kumpulan Script Termux Terbaru 2022 Lengkap Dengan Cara Installnya

• Cara Membuat Script Deface Termux Keren

Mungkin sang recoder juga berfikir bahwa script tersebut bersifat open source yang artinya semua orang bebas untuk mengubah, menghapus, menambahkan, atau mengembangkan lagi kode pemrograman yang sudah ada didalamnya.

Nah, jika kamu tidak ingin script Python yang kamu buat bisa seenaknya di recode dan diedit oleh orang lain, maka kamu jangan malas untuk compile script tersebut.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk mengamankan script Python milikmu agar terhindar dari para recoder atau pembajak script milik orang lain. Dan salah satu caranya ialah dengan compile script.

Salah satu alat yang bisa kamu gunakan untuk compile script atau program Python di Termux Android adalah dengan menggunakan Comarsh atau Marshal. Jika ingin tahu tutorial lengkapnya, baca artikel ini sampai selesai yah.


Cara Compile Script Python di Termux Android

Alat yang akan kita gunakan untuk encrypt, encode, atau compile script Python Termux bernama Compile Marshal atau yang biasa disebut juga dengan Comarsh. Script Comarsh ini tidak hanya ada satu melainkan ada banyak sekali script Comarsh namun dibuat dari tangan yang berbeda-beda.

Untuk fungsinya sendiri tetaplah sama, yaitu untuk compile script Python. Mungkin yang membedakan hanya seberapa kuat compile yang mampu dilakukan oleh script tersebut sehingga script yang di compile olehnya tidak bisa dibobol atau tingkat kesulitan untuk membobolnya sangat tinggi.

Script compile yang satu ini merupakan script yang cukup terkenal dan paling banyak digunakan oleh orang yang ingin menyembunyikan kode didalam script Python miliknya namun hanya dengan berbekal HP Android dan aplikasi Termux saja.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022

Jika kamu sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara compile script Python menggunakan Marshal di Termux Android, silahkan simak baik-baik tutorial berikut ini.

1. Buka aplikasi Termux di HP Android kamu masing-masing.

2. Setelah berada didalam aplikasi Termux, sebelumnya kamu harus menginstall terlebih dahulu beberapa package yang dibutuhkan untuk menginstall dan menggunakan Marshal. Untuk cara menginstallnya silahkan jalankan beberapa perintah berikut ini satu persatu.

$ termux-setup-storage

$ apt-get update

$ apt-get upgrade

$ pkg install git

$ pkg install python python2

3. Sekarang kamu langsung saja clone script Marshal dari Github ke Termux dengan menjalankan perintah:

$ git clone https://github.com/hatakecnk/CompileMarshal

4. Selanjutnya kamu masuk kedalam direktori script Marshal dengan menggunakan perintah:

$ cd CompileMarshal

5. Kemudian gunakan perintah berikut ini untuk menjalankan Marshal:

$ python2 marshal.py

6. Sekarang kamu sudah berhasil install dan menjalankan script tersebut di Termux. Namun, sebelum berlanjut ke tutorial cara menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu memindahkan file script Python milikmu kedalam direktori atau folder script Marshal. Script yang menggunakan bahasa Python memiliki ekstensi .py. Jika kamu tidak tahu cara memindahkannya, kamu bisa lihat tutorial berikut.

Jika script Python milikmu tersimpan didalam penyimpanan internal, sekarang kamu pindahkan terlebih dahulu dan simpan script itu diluar folder apapun agar nantinya lebih mudah untuk dipindahkan. Jika sudah, jalankan perintah berikut ini untuk memindahkan script Python ke folder Marshal (sebagai contoh admin menamai script Python tersebut dengan nama teknoinfo09.py):

$ cd /sdcard && mv teknoinfo09.py /$HOME/CompileMarshal/ && cd $HOME

Ganti nama teknoinfo09.py dengan nama script Python milikmu.

Jika script tersebut tersimpan didalam home Termux, untuk memindahkannya lebih mudah, kamu hanya cukup gunakan perintah berikut:

$ mv namascript.py /CompileMarshal

Ganti namascript.py dengan nama script Python milikmu.

Setelah berhasil memindahkan scriptnya dan kamu tidak mengalami kendala apapun, sekarang saatnya lanjut lagi ke tutorial compile script Python di Termux.

7. Tadi kamu sudah menjalankan script marshall, sekarang kamu masukan nama script Python yang ingin di compile pada bagian "Input Your File Path".

7. Cara Compile Script Python di Termux Android

8. Jika sudah, kamu tinggal enter saja dan setelahnya kamu sudah berhasil compile script Python tersebut. Script itu tersimpan didalam folder script Compile Marshal itu sendiri. Untuk melihat scriptnya, gunakan perintah berikut:

$ ls

Yang didalam tanda kurung berwarna merah adalah scriptnya.

8. Cara Compile Script Python di Termux Android

9. Sekarang kamu boleh mencoba apakah script Python milikmu sudah berhasil di compile atau belum, kamu bisa coba membukanya menggunakan teks editor nano, untuk perintahnya seperti berikut ini:

$ nano namafile.py

Contoh:

$ nano teknoinfo09.py

Jika yang kamu lihat hasilnya seperti gambar dibawah ini, itu artinya script kamu sudah berhasil di compile. Selamat!

9. Cara Compile Script Python di Termux Android

10. Selesai.


Diatas adalah cara compile script Python di Termux HP Android dengan menggunakan Marshal. Saat sedang mengikuti tutorial diatas, kamu harus memperhatikannya dengan lebih teliti, dan pastikan juga huruf dari perintah-perintah yang kamu masukan tidak salah baik dari segi penulisan maupun besar kecil huruf yang digunakan.

Baca Juga:

• 2 Cara Download File di Termux Dengan Mudah & Cepat

• Cara Mengubah Tampilan Termux 2021 Agar Lebih keren

• Cara Memutar Musik Menggunakan Aplikasi Termux

Proses compile script diatas bukan me-compile script aslinya tetapi hanya membuatkan salinan dari script asli namun dalam keadaan sudah di compile.

Apabila kamu ingin mengembangkan lagi script tersebut, kamu masih bisa menggunakan script asli, tapi jika ingin membagikan script tersebut agar bisa digunakan oleh banyak orang, kamu bisa menggunakan script yang sudah di compile. Dengan begitu mereka tidak akan bisa membuka ataupun melihat isi kode pemrograman didalam script Python tersebut, dan perasaan khawatir kamu akan script di recode orang lain sudah teratasi.

Namun dengan script yang sudah di compile, kamu jangan menganggap bahwa script itu sudah sangat aman dan tidak ada orang yang bisa membukanya, mungkin iya jika untuk orang yang awam, namun tidak untuk mereka yang mengerti tentang cara decompile script Python, mereka bisa saja melakukannya dengan sangat mudah. Jadi, meng-compile script hanya dilakukan sebagai antisipasi saja jika ada orang yang ingin mengambil kode script milikmu.

Demikian dari cara compile script Python di Termux Android yang mana merupakan cara lama namun masih work sampai dengan saat ini. Semoga artikel ini bisa membantu khusunya untuk kamu yang script Python-nya sering di recode oleh orang lain. Jika ada kendala yang kamu hadapi saat menggunakan tutorial yang admin berikan diatas, kamu boleh menanyakannya pada kolom komentar dibawah ini, admin selalu bersedia untuk membantu.

Jika merasa tutorial diatas bermanfaat bagi kamu, kamu boleh membagikan artikel ini ke teman-teman kamu agar bisa bermanfaat juga untuk orang banyak, dan itu juga bisa menambah semangat admin untuk terus menulis tutorial bermanfaat di blog teknoinfo09. Cukup sekian dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Compile Script Python di Termux Android"