Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Memilih VPN Untuk HP Agar Browsing Lebih Aman


Cara Mudah Memilih VPN Untuk HP Agar Browsing Lebih Aman

 Saat menggunakan smartphone Android atau iPhone, pada kesempatan tertentu bisa jadi kamu menginginkan kerahasiaan riwayat aktivitas internet kamu. Saat inilah kamu memerlukan VPN atau virtual private network.

Misalnya saat kamu sedang mengakses situs tertentu dan kamu tidak ingin aktivitas kamu ini diketahui orang lain, kamu dapat mengaktifkan VPN saat mengakses situs tersebut. Dengan menggunakan VPN, kerahasiaan aktivitas browsing atau searching kamu akan aman dari pihak ketiga.

Selain itu, menggunakan VPN pada smartphone juga berguna saat kita sedang mengakses Wifi di tempat umum. Misalnya saat menggunakan Wifi di kafe atau bandara. Saat memakai Wifi di tempat umum, ada resiko data pribadi dan riwayat internet kita dapat diakses pihak lain.

Memakai Wifi umum memiliki resiko kebocoran data seperti akun email, akun mobile banking, password, dan lainnya. Hal ini dapat disalahgunakan oleh pihak lain. Menggunakan VPN akan melindungi kamu dari hal ini.

Baca Juga:

• VPN : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja Serta Kekurangan Dan Kelebihan VPN

• 5 Aplikasi VPN Gratis Dan Terbaik Yang Aman Digunakan Untuk Android

Fungsi lain dari VPN adalah saat kamu ingin mengakses situs yang diblokir secara lokal. Misalnya jika kamu ingin mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah setempat, memakai VPN dengan server dari negara lain dapat membuat situs tersebut dapat kamu buka.

Namun, kamu tidak boleh memilih VPN secara sembarangan, kamu juga harus bisa menyesuaikan VPN tersebut dengan tujuan atau manfaat yang ingin kamu ambil dari alasan kamu menggunakannya. Meskipun VPN yang sering kamu gunakan memiliki fitur lebih, tapi jika fitur tersebut memang tidak kamu gunakan, maka percuma saja. Jadi, carilah VPN yang memiliki fitur yang kamu butuhkan.

Berikut ini ada beberapa tips memilih VPN untuk HP Android yang baik dan benar secara umum.


Cara Memilih VPN Untuk HP Agar Browsing Lebih Aman

Cara menggunakan VPN di smartphone cukup mudah, dan harga untuk berlangganan VPN sebenarnya cukup terjangkau. Banyak pilihan VPN dari berbagai developer yang bisa kamu pilih. Jika masih bingung memilih VPN yang terbaik untuk smartphone kamu, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut:


1. Pilih VPN yang kompatibel dengan smartphone kamu

Langkah pertama untuk memilih VPN terbaik untuk smartphone kamu adalah dengan mencari jenis VPN yang kompatibel. Jadi kamu bisa mengawali dengan searching menggunakan kata kunci VPN dan tipe smartphone kamu.

Kamu juga bisa mencari rekomendasi VPN terbaik yang sesuai dengan smartphone yang kamu gunakan. Pastikan VPN yang kamu pilih dapat digunakan di smartphone kamu.


2. Sesuaikan dengan tujuan

Apa tujuan kamu menggunakan VPN? Jika tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan dan agar dapat mengakses situs yang diblokir di negeri sendiri, maka pilihlah VPN yang menggunakan server dari negara lain.

Namun jika kamu ingin memakai VPN agar lebih aman saat menggunakan Wifi di tempat umum, maka kamu dapat memakai VPN dengan server dari negara sendiri. Umumnya, koneksi internet akan menjadi lebih cepat jika kita menggunakan server yang lebih dekat dengan lokasi kita.


3. Perhatikan harga berlangganan

Aplikasi VPN ada yang gratis dan ada yang berbayar. Seperti halnya aplikasi lain, versi gratis tentu memiliki keterbatasan fitur jika dibandingkan dengan versi berbayar. Jika kamu menginginkan fitur yang berkualitas dan layanan konsumen yang responsif, kamu dapat mempertimbangkan untuk memiliki VPN berbayar. Lakukan searching VPN berbayar apa saja yang memiliki harga terjangkau dengan fitur yang kamu butuhkan.


4. Perhatikan kecepatan internet

Umumnya, memakai VPN dapat membuat koneksi internet menjadi lebih lambat. Namun tergantung dari masing-masing jenis VPN, ada yang dapat membuat kecepatan internet menurun drastis, ada juga yang penurunan kecepatan internetnya masih dapat ditolerir.

Jika kamu ingin memakai VPN berbayar, sebaiknya manfaatkan fitur free trial terlebih dahulu. Cobalah dulu VPN yang akan dipilih dan bandingkan kecepatan internet saat menggunakan VPN ini.


5. VPN gratis

Saat ini memang banyak aplikasi VPN yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis di smartphone. Namun kamu juga perlu mengetahui kekurangan dan resiko saat menggunakan VPN gratis.

VPN gratis umumnya memiliki keterbatasan fitur, seperti adanya iklan atau terbatasnya server yang bisa digunakan. VPN gratis juga dapat memiliki resiko kurang aman dalam menjaga kerahasiaan data kita.

Baca Juga:

• Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi VPN di Android

• Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga Dengan Android Yang Sudah Tersambung

• Cara Penggunaan Turbo VPN Di Hp Android

Itulah beberapa tips atau cara memilih VPN yang benar untuk HP agar browsing menjadi lebih aman. Jika sekarang kamu sudah paham tentang tips memilih aplikasi VPN, tentunya kamu juga sudah bisa mencari dan menyesuaikan sendiri VPN yang cocok untuk digunakan di HP kamu.

Semoga artikel diatas bisa bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Memilih VPN Untuk HP Agar Browsing Lebih Aman"