Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Enkripsi End To End WhatsApp


Pengertian Enkripsi End To End WhatsApp

Apa artinya enkripsi end to end WhatsApp?

Saat sedang membuka chat WhatsApp, pasti kamu pernah melihat sebuah tulisan yang berisi "Pesan dan panggilan terenkripsi secara end-to-end". Apakah kamu mengerti tentang maksud dari pesan tersebut? Jika belum mengerti dan penasaran tentang arti dari pesan tersebut kamu bisa simak ulasannya di bawah ini.

End to end artinya dalam bahasa Indonesia adalah ujung ke ujung. Seperti dikutip dari Wikipedia, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuatnya tidak dapat terbaca tanpa adanya pengetahuan khusus. Enkripsi telah digunakan untuk mengamankan komunikasi di berbagai negara.


Baca Juga:

• Cara Mengaktifkan Fitur Kunci Sidik Jari Di WhatsApp

• Cara Keluar Dari Grup Whatsapp Tanpa Ketahuan Orang Lain


Sistem enkripsi tidak hanya digunakan oleh WhatsApp namun masih banyak aplikasi lain yang juga menggunakan enkripsi untuk alasan keamanan.

Sedangkan enkripsi end to end pada WhatsApp juga tidak berbeda jauh fungsinya yaitu untuk mengamankan komunikasi antar pengguna.

Enkripsi end to end WhatsApp adalah fitur keamanan dari WhatsApp yang dimana sistem ini akan berfungsi mengenkripsi setiap pesan yang dikirimkan sehingga hanya pengirim dan penerima pesan saja yang dapat melihat pesan tersebut, pihak WhatsApp sendiri pun tidak bisa untuk melihatnya.


Baca Juga:

• Cara Mudah Menyimpan Foto Dan Video Status Whatsapp Teman Ke Galeri

• Ciri Ciri WhatsApp Diretas Dan Cara Mengatasinya


Cara kerja enkripsi end to end WhatsApp adalah dengan menanamkan sebuah kode pada data atau pesan yang dikirimkan, tujuannya adalah untuk mengamankan data agar tidak dapat dilihat oleh pihak ketiga dan menghindari akses yang tidak diinginkan.

Saat kita mengirimkan sebuah pesan di WhatsApp maka secara otomatis pesan tersebut akan terenkripsi.

Intinya, fungsi dari enkripsi end to end WhatsApp tersebut adalah untuk mengamankan pertukaran data antara pengirim dan penerima pesan untuk menghindari penyusup yang bersembunyi di balik jalur akses komunikasi.

Itulah sedikit pengertian tentang enkripsi end to end pada WhatsApp.
Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Enkripsi End To End WhatsApp"