Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba


10 Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba

Jika sebelumnya yang kamu tahu bahwa game-game Android yang sering kamu mainkan adalah buatan dari negara luar saja. Kamu salah, ada juga lohh beberapa game Android buatan Indonesia terbaik yang tak kalah populer dengan game-game lainnya.

Indonesia juga memiliki sederet developer hebat yang mampu menciptakan sebuah game Android terbaik dan berkualitas. Mungkin salah satu gamenya ada yang pernah ataupun sering kamu mainkan, hanya saja kamu tidak tahu bahwa game Android tersebut merupakan buatan dari Indonesia.

Game di Indonesia juga memiliki kategori yang cukup beragam, mulai dari game perang, offline, online, startegi, teka-teki, dan masih banyak lagi kategori game lainnya. Dari pada kamu semakin penasaran dengan nama dari game game buatan Indonesia, berikut ini adalah daftarnya.


Baca Juga:

• 3 Game Offline Android Yang Bisa Dimainkan Tanpa Install

• 7 Game Edukasi Anak Lengkap Di Android


10 Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba


1. Tebak Gambar

Tebak Gambar - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Tebak Gambar merupakan salah satu game Android buatan dalam negri yang cukup populer namanya. Sebagian besar pengguna Android pasti sudah tidak asing lagi dengan game yang satu ini.

Dari awal mula dirilisnya yaitu pada tanggal 7 oktober 2017, sampai sekarang game Tebak Gambar sudah mendapatkan lebih dari 10 juta jumlah download oleh pengguna Android.

Di game ini kamu harus menebak dan menyusun kata dari gambar yang disediakan untuk menghasilkan sebuah kosa kata baru. Jika merasa kesulitan untuk menebak kata tersebut, kamu bisa menggunakan fitur yang bernama Kunci Jawaban.

Kamu harus menyelesaikan soal-soal yang diberikan agar dapat berlanjut ke level berikutnya. Dan pada akhir setiap level, ada sebuah soal terakhir yang harus kamu selesaikan sebelum batas waktu yang diberikan berakhir.

Game asah otak terbaik buatan Indonesia ini cocok dimainkan untuk segala jenis usia karena tantangan yang diberikan tidak terlalu sulit dan juga tidak terlalu mudah.


2. Tahu Bulat 2

Tahu Bulat 2 - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Game terbaik Android buatan Indonesia yang selanjutnya adalah Tahu Bulat 2. Game yang dikembangkan oleh Own Games ini dirilis pada 29 Desember 2019, tentunya setelah trend tahu bulat meledak di Indonesia.

Game Tahu Bulat 2 merupakan sekuel dari game Tahu Bulat sebelumnya namun dengan beberapa fitur baru dan menarik yang ditambahkan.

Sesuai dengan namanya, dalam game Android ini kamu akan berfokus untuk mengembangkan penjualan tahu bulat dengan membangun dan merancang sebuah kota tahu bulat milikmu sendiri.

Selain mengembangkan pabrik untuk pembuatan tahu bulat, disana kamu juga ditugaskan untuk membangun beberapa gedung pendukung lainnya agar kota tahu bulat mu semakin cepat berkembang. Contohnya seperti membuat sebuah bank untuk menampung penghasilan, stasiun kereta untuk mendatangkan turis, gedung pemasaran dan membangun gedung-gedung lainnya.

Pasti kamu pernah mendengar suara dari speaker penjual tahu bulat yang bertujuan untuk menarik minta dari pembeli. Nah, didalam game Tahu Bulat ini juga sama. Agar cepat mendatangkan pembeli, kamu tinggal pencet saja tombol speaker yang berwarna kuning berkali-kali.


3. Bus Simulator Indonesia

Bus Simulator Indonesia - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Game Android buatan Indonesia terbaik yang berikutnya bernama Bus Simulator Indonesia. Game yang dikembangkan oleh Maleo ini dirilis pada 27 Maret 2017 dan sudah didownload lebih dari 50 juta pengguna smartphone Android di Google Play Store.

Dengan jumlah download yang sangat besar, wajar saja jika banyak orang yang sudah tidak asing lagi mendengar nama dari game simulasi terbaik buatan indonesia yang satu ini, terutama untuk para pecinta bus mania.

Pada game Bus Simulator Indonesia kamu akan menjadi seorang sopir bus yang bertugas untuk mencari penumpang agar dapat menghasilkan uang. Uang tersebut bisa kamu gunakan untuk memodifikasi bus, dan membeli sebuah bus baru.

Game ini bisa kamu mainkan saat sedang offline maupun online. Namun didalam mode offline kamu hanya bisa berjalan-jalan menggunakan bus saja, sedangkan pada mode online kamu bisa mencari penumpang, mengganti bus, bermain dengan temanmu dan masih banyak lagi hal lainnya.

Kerennya, semua hal yang ada dalam game ini terlihat seperti sungguhan, mulai dari tempat, pohon, gedung, bus-bus asli dari Indonesia, rute jalan di Indonesia yang cukup lengkap, dan yang uniknya lagi terdapat klakson yang dulunya sempat viral yaitu om-telolet-om.

Saat mengendari bus didalam game Android ini, kamu pasti akan merasakan seperti sedang mengendari mobil bus sungguhan.


4. Mini Racing Adventures

Mini Racing Adventures - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Mini Racing Adventures merupakan game balapan buatan Indonesia besutan dari Minimo yang dirilis pada 15 Januari 2015 lalu. Game ini sudah mendapatkan jumlah download mencapai 10 juta lebih pengguna Android, dan itu bukan hanya di Indonesia saja melainkan di seluruh dunia.

Game Android ini akan menawarkan kamu pengalaman bermain game balapan dengan grafis 3D yang keren. Disana terdapat 18 level yang seru dan menantang saat dimainkan. Untuk menambahkan keseruan saat bermain, kamu juga bisa mengajak teman untuk bermain bersama dalam mode Multi-Player.

Selain itu, game ini juga menyediakan 51 jenis kendaraan yang bisa kamu gunakan untuk balapan, beberapa diantaranya adalah motor trail, ATV, buggy, dan truk. Kamu juga bisa memilih kontrol yang menurut kamu enak digunakan untuk mengendari kendaraan tersebut.

Trek yang harus kamu lalui tidak hanya satu saja namun ada banyak medan trek menantang yang akan kamu hadapi seperti jalan tanah, pegunungan, salju, dan jalan berbatu. Kehebatan kamu akan semakin diuji setelah kamu berhasil melewatinya.

Jika tidak ingin semua data-data dari game Mini Game Adventures yang kamu mainkan hilang begitu saja, kamu bisa menyimpannya kedalam cloud agar nantinya kamu bisa dengan mudah untuk memulihkan data tersebut jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


5. Pangeran Diponegoro - Tower Defenese

Pangeran Diponegoro -Tower Defenese - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Pangeran Diponegoro - Tower Defenese adalah sebuah game perang buatan Indonesia yang dirilis oleh Game Lokal Indonesia yang bisa kamu mainkan di Android. Sesuai dengan namanya, game ini akan mengangkat karakter dari pahlawan nasional Indonesia, yaitu Pangeran Diponegoro.

Di game ini kamu harus mempertahankan wilayah Jawa dari serangan kolonial dengan cara membangun sebuah tower untuk menghadang 16 tipe musuh yang akan datang.

Terdapat 6 tower yang tersedia yaitu bunker lumpur, panah api, panah besar, bambu runcing, tembak jitu, dan sepeda listrik. Agar tower tersebut semakin kuat, kamu dapat mengupgradenya sampai ke level 5.

Disana ada 25 level yang harus diselesaikan, kamu bisa menggunakan berbagai skill dan item yang bisa membantu kamu untuk menyelesaikan sebuah misi. Yang menariknya lagi, di game ini kamu akan melihat sebuah peta yang hampir menyerupai pulau Jawa dan juga beberapa peta lainnya.

Pangeran Diponegoro - Tower Defenese juga merupakan sebuah game yang ada bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya. Jadi bisa disimpulkan bahwa orang yang memainkan game ini bukan hanya berasal dari Indonesia saja namun ada juga yang berasal dari luar negri.


6. Ojol The Game

Ojol The Game - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Ojol The Game ialah Game Android buatan Indonesia terbaru 2021 yang dirilis oleh CodeXplore tepatnya pada tanggal 18 Januari kemarin. Meskipun game ini bisa dikatakan sebagai game yang belum lama ada, namun kepopulerannya semakin terasa saat game ini mendapatkan lebih dari 1 juta download dalam waktu yang cukup singkat.

Tugas kamu dalam game Android ini adalah sebagai driver ojol atau ojek online yang mencari uang dengan cara menjalankan orderan dari costumer atau mengantarkan costumer ke tujuan mereka. Agar bisa menjadi driver ojol terbaik, kamu harus mencari orderan sebanyak-banyaknya. 

Setelah kamu mendapatkan uang yang cukup, kamu bisa menggunakan uang tersebut untuk memperbarui motor dan juga HP mu agar lebih cepat dan mudah dalam menjalankan tugas atau pekerjaan.

Di game ini kamu juga harus memperhatikan bensin, jika kehabisan bensin kamu harus mengisinya. Selain itu, kamu juga harus mematuhi rambu-rambut lalu lintas agar tidak kena tilang nantinya. Jika sudah kena tilang, kamu harus rela untuk mengeluarkan denda.

Di game Ojol The Game, kamu bisa berjalan-jalan mengelilingi map sesuka hati sambil menunggu orderan masuk. Tapi sesaat setelah orderan masuk, kamu harus menyelesaikannya dengan segera dan jangan sampai menabrak agar mendapatkan rating yang tinggi.


7. Arena Masters 2

Arena Masteres 2 - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Jika kamu mencari game buatan Indonesia mirip MOBA, maka Arena Masters 2 menjadi salah satu rekomendasi game Android yang harus kamu coba. Saat kamu memainkan game ini, kamu akan merasakan nuansa bermain game MOBA. 

Gameplay-nya pun hampir mirip. Bedanya, di game ini kamu akan bertanding 3 lawan 3 dan tidak ada yang namanya tower. Kamu bisa memilih beberapa hero yang bisa dimainkan. Hero-hero tersebut memiliki skillnya tersendiri.

Ada tiga mode pertandingan didalam game Arena Masters 2. Yang pertama adalah Team Death Match, di mode ini kamu akan bertarung 3 lawan 3 dan pemenangnya akan ditentukan oleh tim yang paling banyak membunuh. Untuk mode yang kedua adalah Duel, seperti namanya, di mode ini kamu akan bertanding 1 lawan 1. Dan mode yang ketiga bernama Kantor dan Pelanggaran Hukum, di mode ini kamu akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu polisi dan penjahat, tugas polisi harus menangkap penjahat dalam waktu yang sudah ditentukan.

Selain adanya tiga mode pertandingan yang seru-seru, game Android asal Indonesia ini juga menawarkan kualitas grafis yang bisa dibilang sudah cukup bagus.


8. Misguided

Misguided - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Misguided adalah Game horor buatan Indonesia untuk hp Android. Game ini merupakan game terbaru yang ditawarkan oleh JEVO Games yang dirilis 2 Maret 2021.

Game Android ini memiliki konsep permainan yang hampir mirip dengan game PC yang juga berasal dari Indonesia yaitu DreadOut.

Di game Misguided kamu akan berperan sebagai seorang siswi bernama Silvia, disana kamu diharuskan untuk mencari teman didalam sebuah tempat yang angker dan berhantu. Didalam tempat tersebut kamu juga akan melihat barang-barang dengan tampilan yang khas dari rumah angker yang sering ada di Indonesia.

Game ini akan menawarkan ketegangan yang akan benar-benar terasa nyata saat kamu sedang memainkannya. Kengerian demi kengerian akan kamu rasakan saat melawati tempat yang sangat mencekam didalam game Misguided.

Meskipun game ini masih dirilis versi demo tapi sudah banyak orang yang menunggu game ini dirilis versi full setelah ia mencobanya.

Ukuran dari game ini adalah 262MB dan membutuhkan Android dengan RAM minimal 2GB. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa HP Android kamu sudah memenuhi syarat sebelum ingin mendownload gamenya.


9. Esports King

Esports King - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Game Android buatan Indonesia terbaik dan gratis yang wajib kamu coba selanjutnya adalah game yang bernama Esports King. Game buatan Agate Games ini pertama kali rilis pada 27 Februari 2020.

Dalam game ini kamu akan bertindak sebagai seorang manager di tim Esports. Sebagai manajer, kamu bisa merekrut beberapa pro player agar bisa masuk ke tim milik kamu. Setelah itu kamu bisa melatihnya kemudian mengatur strategi agar tim kamu menjadi lebih kuat dan bagus.

Selain itu, kamu juga bisa mengatur tata ruang dari kantor Esports tersebut. Kamu bisa menambahkan beberapa interior dan bangunan lainnya. Aturlah tim milikmu sedemikian rupa agar menghasilkan tim yang tidak terkalahkan.


10. Epic Space Ship

Epic Space Ship - Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba
Sumber gambar: https://play.google.com

Game buatan Indonesia offline dan terbaik untuk Android yang terakhir adalah Epic Space Ship. Game yang dirilis oleh Livander Gamedev ini memiliki konsep permainan yang simpel namun tetap seru dan menegangkan.

Game Epic Ship mengambil latar di luar angkasa. Disana kamu akan menjelajahi luar angkasa menggunakan sebuah kapal dan menghancurkan musuh-musuh yang akan datang menyerang. 

Disana kamu bisa mengupgrade kapal agar menjadi lebih canggih dengan bantuan mekanik yang handal. Selain itu, tersedia ribuan level dengan jenis musuh yang berbeda-beda yang harus kamu tuntaskan. 

Jika kamu menyukai game yang berlatar di luar angkasa, maka game Android buatan Indonesia yang satu ini harus kamu coba.


Baca Juga:

5 Game Seperti Fall Guys Di Android Terbaik

• 5 Aplikasi Galeri Untuk Android Gratis


Itulah 10 daftar game Android terbaik di Indonesia yang harus dicoba. Kamu bisa download game buatan Indonesia yang ada didalam 10 daftar diatas secara gratis melalui Google Play Store.

Cukup sekian dari artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

2 komentar untuk "10 Game Android Buatan Indonesia Terbaik Yang Wajib Dicoba"