Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompres Video Menggunakan Termux

Cara Kompres Video Menggunakan Termux

Cara kompres video menggunakan Termux - Rutin melakukan bersih-bersih file untuk memperluas kembali kapasitas penyimpanan di ponsel kita adalah hal yang memang wajib dilakukan. Tapi sayangnya kegiatan tersebut kadang memaksa kita untuk menghapus video yang ukurannya besar yang sebenarnya kita tidak rela untuk menghapusnya.

Tapi masalah tersebut sebenarnya masih bisa diakali, jika kamu ingin mempertahankan video tersebut namun tanpa khawatir ukurannya akan mendesak ruang penyimpanan ponsel, maka caranya adalah dengan mengompres videonya.

Kompres video dilakukan bertujuan untuk mengecilkan ukuran video agar lebih ramah terhadap ruang penyimpanan di ponsel kamu. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan aplikasi yang berbeda-beda. Nah, dikesempatan kali ini kita akan membahas cara yang lebih berbeda dan jarang digunakan, yaitu dengan mengkompres video menggunakan aplikasi Termux.

Untuk kamu yang tidak ingin menggunakan cara ini karena mungkin tidak mengerti dengan aplikasi Termux, kamu bisa menggunakan cara lain untuk kompres video di Android yang dulu sempat dibahas juga. Artikel ini khusus untuk kamu yang selalu penasaran dengan fitur dan fungsi yang dapat dilakukan oleh aplikasi Terminal Android bernama Termux.

Jadi, didalam Termux ada sebuah tools atau perangkat lunak gratis open source yang bernama ffmpeg. Tools ini berguna untuk mengonversi file multimedia terutama file video. Format video yang didukung untuk dikompresi menggunakan tools ini diantaranya MP4, WebM, AVI, MKV, MOV, dan beberapa format video lainnya.

Kekuatan kompresi pada tools ffmpeg di Termux dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kamu. Misalnya Jika kamu ingin kompres video ke ukuran yang paling rendah, kamu bisa mengatur nilai kompresinya ke paling tinggi. Sebaliknya, jika kamu ingin kompres video tanpa mengurangi kualitasnya, kamu bisa mengatur nilai kompresinya ke paling rendah.

Jika tertarik dan ingin melihat langsung hasil kompres video di Termux menggunakan tools ffmpeg, kamu bisa langsung melakukannya sendiri dengan melihat tutorial di bawah ini.

Cara Kompres Video Menggunakan Termux

Agar bisa mengikuti tutorial di bawah ini tentu kamu harus download dan install aplikasi Termux dahulu. Untuk kamu yang sudah memiliki aplikasinya, penting juga untuk memperbaruinya agar memastikan semua module dan package yang tersedia sudah versi terbaru.

Jika semuanya sudah, kita mulai ke pembahasan tutorial untuk kompres video di Termux berikut ini:

1. Buka aplikasi Termux yang sudah kamu install.

2. Didalam Termux, jalankan perintah-perintah berikut ini:

$ apt-get update && apt-get upgrade

$ termux-setup-storage

$ pkg install ffmpeg

$ pkg install libvpx


3. Selanjutnya kamu masuk kedalam folder tempat file video tersebut disimpan. Jika tidak paham caranya, sekarang kamu pindahkan saja secara manual video yang ingin di kompres ke luar folder apapun di memori internal.

4. Selesai memindahkannya, akses memori internal menggunakan Termux dengan perintah:

$ termux-setup-storage

$ cd /sdcard

$ ls


5. Kamu akan melihat daftar file dan folder yang ada di HP kamu, termasuk file video yang ingin dikompres. Dan untuk mengkompresnya, jalankan perintah seperti contoh di bawah ini:

$ ffmpeg -i (nama video) -vf "scale=480:-1" -c:v libx264 -crf 28 -c:a aac -strict experimental (nama video setelah di kompres)

Perhatikan perintah di atas:

• untuk (nama video) kamu ganti dengan nama video tujuan kamu beserta ekstensinya. Isikan nama yang sesuai dengan nama video tersebut di Termux.

• untuk (nama video setelah dikompres) isi dengan nama apa saja yang diinginkan.

• untuk angka 28 adalah nilai tingkat kompresinya. Kamu bisa mengatur tingkat kompresinya dengan mengubah angkat tersebut antara angka 18 sampai 30. Semakin tinggi angkanya maka semakin tinggi tingkat kompresinya.

Contoh:

$ ffmpeg -i biarlah.mp4 -vf "scale=480:-1" -c:v libx264 -crf 18 -c:a aac -strict experimental biarlah2.mp4

Perintah di atas akan mengkompres video yang berjudul biarlah.mp4 dengan hasil kompres video bernama biarlah2.mp4

6. Setelah kamu menjalankan perintah diatas, kamu tinggal menunggu tools ffmpeg menjalankan tugasnya. Porses kompresi mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk video yang beresolusi tinggi dan ingin dikompresi ke resolusi yang paling rendah.

7. Jika prosesnya sudah selesai, kamu akan melihat file video baru di penyimpanan internal kamu yang mana itu adalah file video yang sudah dikompres, untuk file aslinya tetap ada disana dan tidak akan terganti. Bisa kamu lihat contoh gambar dibawah ini yang menunjukan 2 file yang sebelum di kompres berukuran 80MB dan setelah di kompres ukurannya menjadi 22MB.

Hasil Ukuran Setelah Kompres Video Menggunakan Termux

8. Selesai.

Resolusi maksimum setelah dikompres adalah 480p, jadi usahakan kamu mengkompres file video yang kualitasnya diatas 480p.

Seperti itulah cara kompres video menggunakan Termux. Jika mengalami kendala atau masih ada yang tidak kamu pahami dari tutorial di atas, tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini. Cukup sampai disini saja pembahasannya, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.

Posting Komentar untuk "Cara Kompres Video Menggunakan Termux"