Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi


Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

Mengkompres video adalah cara yang bisa dilakukan oleh pengguna Android yang bertujuan untuk mengurangi ukuran file dari sebuah video dengan cara mengurangi kualitas atau resolusi serta mengoptimalkan file dari video tersebut.

Beberapa resolusi didalam sebuah video yang mungkin pernah kamu lihat saat sedang mendownload video, dimulai dari yang terkecil adalah 144p, 240p, 360p, 480p, 720p, dan 1080p. Beberapa resolusi tersebut sering kali disebut sebagi resolusi vertikal, dan huruf P yang berada di belakang angka tersebut artinya adalah progresif.

Sebenarnya bukan hanya file berupa video saja yang bisa kamu kompres namun beberapa file lainnya seperti foto dan dokumen juga bisa kamu kompres agar ukurannya menjadi lebih kecil.

Mengingat ukuran file video memang begitu besar, apalagi jika video tersebut adalah sebuah film yang tentunya memiliki durasi rata rata cukup panjang. Semakin besar kualitas video dan durasinya, maka semakin besar pula ukuran dari file video itu.

Maka dari itu, jika kamu ingin menghemat ruang penyimpanan di HP Android milikmu, kamu bisa kompres video tersebut agar ukurannya berubah menjadi kecil. Mengkompres video di Android bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi dan juga tanpa menggunakan aplikasi.

Untuk cara kompres video di Android tanpa aplikasi, satu satu syaratnya adalah memastikan terlebih dahulu bahwa di dalam Android kamu sudah terdapat fitur bawaan untuk melakukan kompres video. Pada beberapa smartphone keluaran terbaru mungkin sudah memiliki fitur bawaan seperti ini.


Baca Juga:

• Cara Menggunakan Aplikasi CapCut Untuk Edit Video Di Android

• Cara Mengubah Resolusi Video YouTube Terbaru 2021


Keuntungan memiliki fitur bawaan untuk kompres video di Android adalah kamu bisa melakukannya saat sedang offline dan kamu juga tidak perlu mencari aplikasi serta memasangnya untuk melakukan kompres video di Android.

Jika kamu lebih memilih menggunakan aplikasi untuk mengecilkan ukuran video, kamu harus mencari aplikasi yang bagus. Kamu juga pasti tidak inginkan kan hasil dari video yang di kompres menjadi cacat atau pecah pecah.

Meskipun sebenarnya, memang tidak ada aplikasi yang bisa digunakan untuk kompres video tanpa mengurangi kualitas aslinya. Tapi setidaknya ketika ukuran file video diturunkan, kualitas video akan tetap sesuai dengan ukuran dari file setelah di kompres.

Nahh, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara kompres video di HP Android. Kamu bisa mengikut tutorial dibawah ini jika ingin penyimpanan di smartphone kamu menjadi lebih hemat.


Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

Jika kamu merasa penyimpanan di HP Android kamu sudah mulai habis karena hobi mengoleksi sebuah video atau film film yang memiliki ukuran cukup besar, namun kamu tidak ingin menghapusnya karena sayang.

Maka, solusinya adalah dengan mengkompres video tersebut agar ukurannya menjadi lebih kecil. Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk mengkompres video tanpa aplikasi dan menggunakan aplikasi.


Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi

1. Buka galeri di perangkat Android kamu kemudian cari dan pilih video yang ingin di kompres.


2. Setelah memilih videonya, tap "Kompresi".

Untuk sebagian smartphone Android yang berbeda tipe akan ada sedikit perbedaan dari penempatan fitur ini, silahkan kamu cari saja fitur yang bernama kompres atau kompresi. Jika tidak kunjung menemukannya juga, mungkin Android kamu tidak memilikinya.

Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi


3. Sekarang kamu pilih kualitas yang diinginkan, jika sudah memilihnya, tap "Kompresi".

Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi


4. Selesai.

Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi


Kamu tinggal menunggu saja proses kompres nya selesai. Video asli yang kamu kompres tidak akan dihapus atau diganti dengan video yang setelah di kompres. Jadi kamu sekarang sudah bisa untuk menghapus video aslinya yang memiliki ukuran besar. Sehingga penyimpanan kamu akan menjadi lebih lega.

Sekali lagi admin ingatkan bahwa cara kompres video tanpa software hanya bisa dilakukan untuk Android yang memiliki fitur bawaan yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan kompres video di Android tanpa aplikasi. Jika merasa di Android kamu tidak memilikinya. Tenang saja, kamu tetap bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi. Berikut ini adalah caranya.


Cara Kompres Video Di Android Dengan Aplikasi

Saat kamu mencari aplikasi yang akan digunakan untuk kompres sebuah video, kamu pasti akan merasa kebingungan karena banyak sekali aplikasi kompres video untuk Android yang beredar di play store ataupun toko aplikasi lainnya.

Untuk mengatasi rasa bingung yang kamu alami tersebut, berikut ini admin akan memberikan rekomendasi aplikasi kompres video offline untuk Android beserta cara untuk menggunakannya.


1. Download aplikasi yang bernama Video Compress. Kamu bisa mendownloadnya melalui Play Store. Setelah aplikasinya terpasang, langsung saja buka aplikasi tersebut.

Cara kompres video di Android dengan aplikasi Video Compress

2. Pada halaman awal didalam aplikasi, kamu akan melihat beberapa folder yang ada di smartphone kamu. Disana kamu tinggal memilih salah satu folder tempat video yang akan kamu kompres disimpan.

Cara kompres video di Android dengan aplikasi Video Compress


3. Setelah memilih videonya, kamu akan melihat beberapa menu untuk melakukan pengeditan video. Jadi aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk kompres video namun bisa juga untuk kamu mengedit videonya terlebih dahulu. Setelah pengeditan selesai dan untuk memulai kompres pada video tersebut tap "Compress video".

Cara kompres video di Android dengan aplikasi Video Compress


4. Setelah itu kamu pilih kualitas video yang diinginkan, disana kamu akan melihat tiga opsi yaitu High Quality, Low Quality, dan Custom. Untuk opsi Custom kamu bisa mengaturnya sesuai dengan kualitas yang diinginkan.

Pada opsi High Quality, kamu bisa memilih resolusi video dari yang terbesar yaitu 1216×1216 dan yang terkecil adalah 192×192. Semakin kecil kualitasnya maka akan semakin rendah juga ukurannya. Setelah menentukan pilihan, silahkan tap saja resolusi yang ingin dipilih.

Cara kompres video di Android dengan aplikasi Video Compress


5. Setelah itu kamu tinggal menunggu saja prosesnya kompres-nya hingga selesai.

Cara kompres video di Android dengan aplikasi Video Compress


6. Selesai.


Aplikasi Video Compress mendukung beberapa format video untuk di kompres. Aplikasi ini juga memiliki tampilan yang user-friendly sehingga sangat mudah digunakan dan tidak akan menyulitkan kamu saat menggunakan aplikasinya. Dan aplikasi ini juga tidak membutuhkan koneksi internet alias offline.


Baca Juga:

• Cara Menggabungkan Subtitle Dengan Film Tanpa Aplikasi Di Android

• Cara Terbaru Mengunduh Video Di Facebook Dengan Mudah Tanpa Aplikasi


Itulah cara kompres video Android tanpa aplikasi dan dengan aplikasi untuk memperkecil ukuran video. Cukup sekian dari artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.


Posting Komentar untuk "Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi"