Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melaporkan Akun Telegram Penipuan Dengan 3 Metode

Cara Melaporkan Akun Telegram Penipuan Dengan 3 Metode

Cara melaporkan akun Telegram penipuan - Sedari dulu kasus penipuan online memang sudah sering terjadi di dunia maya. Pelaku penipuan memanfaatkan platform-platform yang ada untuk menjalankan aksinya. Mungkin cara tersebut dinilai lebih mudah dan aman karena sang penipu tidak perlu bertemu langsung dengan korbannya.

Salah satu platform sosial dan chat yang turut kamu waspadai saat menggunakannya adalah Telegram. Kasus penipuan di Telegram sudah sering terdengar di berita-berita dan kerugian yang dialami oleh korban berbeda-beda, namun kasusnya sudah terbilang parah ketika sudah ada korban yang mengalami kerugian hingga ratusan juta.

Biasanya pelaku menggunakan identitas orang lain atau perusahaan untuk mengisi data pada profil akun telegram miliknya. Selain agar tidak mudah dilacak identitas aslinya, ini juga dilakukan untuk membangun kepercayaan pada orang lain atau korbannya sehingga mudah terperdaya dengan rayuannya.

Oleh karena itu, agar terhindar dari penipuan, selain harus mengetahui cara melaporkan akun pelaku, kamu juga harus mengetahui modus penipuan di Telegram yang sering digunakan. Sebab modus dari setiap penipu bisa berbeda-beda dan setiap hari ada saja modus baru yang digunakan.

Meskipun modusnya cukup banyak namun dalih yang digunakan hampir sama, yaitu kamu akan dijanjikan keuntungan yang lebih besar dengan mengorbankan keuntungan yang lebih kecil. Di saat inilah kamu tidak boleh tergiur dengan keuntungan yang mereka janjikan, melainkan harus tetap waspada dengan akun Telegram yang baru kamu kenal.

Tapi jika kondisinya kamu sudah dalam keadaan tertipu dan yakin betul akan hal tersebut, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah melaporkan akun tersebut ke pihak Telegram. Ada 3 metode atau cara untuk melaporkan akun penipuan di Telegram yang bisa kamu coba. Semua caranya akan dibahas lengkap di bawah ini, kamu bisa pilih cara yang menurut kamu paling mudah dan paling efektif.

Cara Melaporkan Akun Telegram Penipuan Dengan 3 Metode

Pentingnya mengetahui cara report akun penipuan di Telegram karena jika tetap dibiarkan khawatir akan semakin banyak akun penipu yang dapat berkeliaran bebas sedang mencari mangsa selanjutnya. Tentu hal tersebut dapat meresahkan dan mengganggu kenyamanan kita saat main Telegram.

Meski kemampuan kita untuk mengatasi penipuan di Telegram sangat terbatas, namun setidaknya kita bisa mengurangi jumlah akun penipu dengan cara melaporkannya kepada pihak Telegram. Dan pihak Telegram akan menindaklanjuti kasus penipuan yang dilakukan oleh akun yang kamu laporkan.

Jika ingin melaporkan akun Telegram penipu, berikut 3 metode yang dapat kamu coba:

1. Menggunakan Fitur Laporkan

Cara yang paling umum adalah menggunakan fitur laporan yang tersedia di aplikasi Telegram itu sendiri. Jika kamu melihat adanya akun scammer di Grup dan Channel Telegram dan itu bisa membahayakan, kamu dapat melaporkannya dengan fitur ini. Caranya seperti berikut:
  • Pertama, buka menu aplikasi Telegram di smartphone kamu.
  • Selanjutnya masuk kedalam obrolan grup atau channel yang ingin dilaporkan.
  • Di dalam ruang obrolan tap ikon titik tiga disudut kanan atas layar.
  • Setelah itu kamu pilih "Laporkan".
  • Selanjutnya pilih pelanggaran atas akun yang dilaporkan. Disana tidak ada pilihan untuk penipuan, namun kamu bisa memilih yang paling menjurus ke penipuan, yaitu "Akun Palsu". Mengapa memilih opsi akun palsu karena setiap penipu pasti menggunakan akun palsu.
  • Kemudian kamu akan diminta untuk memberikan penjelasan tambahan. Nah, disinilah kesempatan kamu untuk mejelaskan secara detail bahwa akun yang dilaporkan bukan sekedar akun palsu, namun akun tersebut merupakan akun penipuan. Jelaskan sebisa kamu. Jika sudah, tap "Kirim laporan".
  • Selesai.
2. Melaporkan Lewat Email

Telegram sudah menyiapkan email dukungan yang dapat digunakan untuk melaporkan pengguna yang menyalahgunakan atau melanggar kebijakan yang terkait dengan layanan Telegram, dan penipuan termasuk kedalam salah satu penyalahgunaan dan pelanggaran yang dimaksud.

Untuk melaporkan akun Telegram penipu lewat email, kamu harus mengetahui username Telegram dari akun yang hendak dilaporkan. Username tersebut dapat kamu lihat di info profil akun. Jika kamu memiliki bukti screenshot chat dengan pelaku, itu lebih bagus lagi karena kamu bisa mencantumkannya ke dalam email agar laporan kamu lebih jelas dan terbukti, tidak hanya tuduhan semata.

Untuk mengirim laporannya kurang lebih sama seperti kamu mengirim email pada umumnya. Kamu tinggal kirimkan email ke [email protected] dengan isi yang menjelaskan secara lengkap terkait penipuan yang dilakukan oleh akun tersebut. Jangan lupa untuk mencantumkan username pelaku dan bukti screenshot yang sudah disiapkan.

Setelah mengirimkannya, laporan kamu tidak akan langsung diproses saat itu juga. Tim Telegram mungkin sibuk karena harus memproses banyak email laporan yang datang tidak hanya dari kamu saja.

3. Melaporkan Lewat Bot Telegram

@notoscam merupakan bot report Telegram yang khusus untuk menerima laporan tentang penipuan. Metode untuk melaporkannya sama seperti lewat email seperti di atas yang dimana kamu juga perlu menyiapkan username akun Telegram penipu yang hendak dilaporkan dan sertakan bukti tangkapan layar jika memungkinkan. Untuk lebih jelas berikut cara selengkapnya:
  • Buka aplikasi Telegram di HP kamu.
  • Jika sudah login dan ada di halaman utama aplikasi tersebut, tap ikon kaca pembesar atau pencarian disudut atas kanan.
  • Selanjutnya masukan kata kunci pencarian "@notoscam".
  • Setelah muncul hasil pencarian, kamu pilih "Report Impersonation".
  • Isikan pesan yang menjelaskan secara lengkap dan detail mengapa kamu melaporkan akun tersebut sebagai penipuan dan cantumkan username akunnya. Jika kamu juga menambahkan bukti tangkapan layar, jelaskan bahwa kamu memiliki buktinya yang bisa dilihat melalui foto yang kamu kirimkan. Jika dirasa sudah tidak ada yang kurang, langsung saja kamu kirimkan pesan laporan tersebut.
  • Selesai.
Dari ketiga cara melaporkan akun Telegram penipuan di atas, cara mana yang kamu pilih? Jujur admin lebih suka melaporkan lewat email karena terkesan lebih serius dan penting.

Kamu juga boleh menggunakan 3 cara tersebut sekaligus untuk melaporkan satu akun penipu yang sama, tujuannya agar laporan kamu lebih di notice oleh moderator Telegram yang mempelajari dan menangani kasus kamu.

Kamu akan diberikan informasi ketika laporan telah selesai diproses dan tindakan apa yang dilakukan untuk akun Telegram si penipu tersebut. Jika prosesnya lumayan lama, cukup wajarkan saja karena laporan kamu di cek oleh manusia sungguhan, bukan bot atau mesin.

Baca Juga:
Jika dengan cara melaporkan akun di Telegram saja dirasa kurang cukup, mungkin karena kerugian yang kamu terima nilainya sangat tinggi, kamu bisa melaporkan kasus tersebut ke pihak berwajib agar ditindaklanjuti lebih jauh. Meskipun cara ini tidak menjamin bahwa uang kamu akan kembali, setidaknya kamu bisa melacak dan menangkap penipu tersebut dan pengadilan akan memberikannya hukuman yang setimpal.

Posting Komentar untuk "Cara Melaporkan Akun Telegram Penipuan Dengan 3 Metode"