Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Jumlah Pengikut di Instagram

Cara Menyembunyikan Jumlah Pengikut di Instagram

 Cara menyembunyikan jumlah pengikut di Instagram - Fitur pengikut dan mengikuti atau followers dan following yang sering kita jumpai di hampir semua media sosial yang ada saat ini, awalnya pertama kali diperkenalkan oleh media sosial yang dulunya bernama Twitter, namun sekarang sudah diganti namanya menjadi X.

Hingga saat ini, sistem pengikut ini semakin meluas dan dipergunakan oleh banyak platform lain yang satu diantaranya adalah Instagram. Bagi platform yang menggunakan sistem atau fitur ini, akan ada satu tempat yang berisi daftar pengikut dan mengikuti yang bisa dilihat oleh siapa saja bahkan beserta dengan jumlah totalnya.

Umumnya di beberapa media sosial, dalam hal ini termasuk Instagram, kamu bisa melihat jumlah pengikutnya di bagian atas halaman profil, ini berlaku baik untuk akun sendiri maupun akun orang lain. Dan di Instagram, semua pengguna dapat melihat jumlah pengikut satu sama lain tanpa harus mengikutinya terlebih dahulu.

Mungkin hal itu bisa menjadi kendala bagi seseorang yang menganggap bahwa jumlah pengikut adalah sesuatu yang sifatnya rahasia dan tidak etis jika harus dipublikasikan dan dilihat oleh semua pengguna. Dan untuk mengatasinya, kalian pasti pernah berkeinginan untuk menyembunyikan jumlah followers di akun Instagram yang dikelola.

Baca Juga:

• Cara Mengetahui Instagram Tidak di Follback dan di Unfollow Tanpa Aplikasi

• Cara Menampilkan Pengikut Di FB

Apabila sampai detik ini kalian tidak menemukan cara untuk menyembunyikan jumlah followers di IG, ketahuilah bahwa hal tersebut sangat wajar kalian alami. Sebab di Instagram tidak tersedianya opsi menyembunyikan jumlah pengikut sebagai langkah untuk mempererat privasi. Sampai kapanpun kalian tidak akan menemukan fitur tersebut.

Tetapi, tanpa mengandalkan fitur yang kalian harapkan yang faktanya fitur tersebut tidak tersedia, kamu masih dapat menyembunyikan jumlah pengikut di Instagram dengan beberapa fitur yang sudah jelas tersedia. Beberapa fitur ini dapat menyembunyikan jumlah total pengikut kamu secara tidak langsung.

Penasaran apa sajakah fitur tersebut? Kamu akan mengetahuinya lebih detail dengan menyimak artikel ini hingga akhir.

Cara Menyembunyikan Jumlah Pengikut di Instagram

Di sini ada 2 fitur bawaan dari Instagram yang dapat kamu pergunakan, yaitu fitur private akun dan blokir pengguna. Berikut ini cara menggunakan fitur tersebut untuk menyembunyikan jumlah pengikut Instagram disertai dengan penjelasannya.

Menyembunyikan Jumlah Pengikut di Instagram Dengan Private Akun

  1. Jalankan aplikasi Instagram yang didalamnya sudah login dengan akun kamu.
  2. Di dalam Instagram tap foto profil kamu yang berbentuk bulat yang ada dipojok kanan bawah.
  3. Selanjutnya ikon garis tiga yang ada dipojok kanan atas.
  4. Setelah itu kamu pilih "Pengaturan dan privasi".
  5. Di menu pengaturan kamu pilih "Privasi akun".
  6. Kemudian aktifkan private akun dengan tap toggle yang ada di samping kanan atas. Jika tombolnya berubah ke warna biru berarti kamu sudah berhasil membuat akun jadi privasi.
  7. Selesai.

Sekarang hanya orang yang kamu setujui saja yang bisa melihat siapa saja orang yang mengikuti kamu dan orang yang kamu ikuti di Instagram. Namun, bagaimana dengan orang-orang yang sebelumnya sudah jadi pengikut kamu dan kamu juga sudah mengikutinya balik?

Tentu saja mereka tetap bisa melihatnya. Jika kamu ingin menyembunyikan pengikut dari orang tertentu, caranya adalah dengan membatalkan atau berhenti mengikuti akun tersebut. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  1. Di dalam Instagram, masuk ke profil akun Instagram orang yang tidak akan diberikan akses untuk melihat daftar pengikut kamu.
  2. Jika kamu mengikuti akun tersebut, kamu akan melihat tombol "Mengikuti" di dalam profilnya. Silahkan tap tombol tersebut.
  3. Selanjutnya kamu pilih "Berhenti mengikuti".
  4. Selesai.

Walaupun orang lain tidak bisa melihat siapa saja orang yang kamu ikuti dan orang yang mengikuti kamu, jumlah totalnya tetap bisa dilihat. Jadi, cara di atas hanya akan menyembunyikan pengikut saja namun tidak dengan jumlahnya. Jika kamu memang ingin benar-benar menyembunyikan jumlah pengikut, maka kamu bisa menggunakan cara yang kedua.

Menyembunyikan Jumlah Pengikut di Instagram Dengan Memblokir Akun

  1. Langkah pertama, buka aplikasi Instagram.
  2. Selanjutnya masuk ke profil akun Instagram milik orang yang ingin kamu sembunyikan jumlah pengikut kamu darinya.
  3. Di dalam profilnya, tap ikon titik tiga dipojok kanan atas layar.
  4. Pada pilihan yang muncul, silahkan kamu pilih "Blokir".
  5. Selanjutnya konfirmasi tindakan pemblokiran dengan tap "Blokir".
  6. Selesai.

Sekarang jumlah pengikut di IG kamu akan disembunyikan untuk orang-orang yang kamu blokir. Namun, perlu kamu tahu bahwa memblokir akun seseorang tak hanya menyembunyikan jumlah pengikut kamu saja namun juga berdampak pada beberapa hal lain. 

Pada intinya, akun yang kamu blokir tidak akan bisa melihat keseluruhan informasi dan pembaruan di profil kamu. Interaksi akun kamu dengan akun tersebut benar-benar dibatasi. Dimatanya, akun kamu sudah lenyap dari peradaban Instagram.

Baca Juga:

• Cara Live di TikTok Tanpa Followers 1000

• Cara Menghilangkan Nama Sorotan IG Agar Tanpa Judul

Itu saja pembahasan dari 2 cara menyembunyikan jumlah pengikut di Instagram menggunakan fitur private akun dan fitur blokir. Keduanya memiliki dampak dan cara kerja yang berbeda. Silahkan pilih salah satu cara yang paling kamu suka.

Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Jumlah Pengikut di Instagram"