Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite

Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite

 Cara menyembunyikan chat di FB Lite bisa menjadi salah satu opsi untuk mengatasi kekhawatiran dan rasa risih yang sering kali muncul tatkala ponsel kita dipinjam oleh orang lain. Apalagi jika ia ingin meminjamnya untuk membuka Facebook yang pastinya harus masuk terlebih dahulu ke akun Facebook kita kemudian mengeluarkannya.

Yang jadi kekhawatiran adalah ketika mereka tidak mengeluarkan langsung akun Facebook kita, melainkan mampir terlebih dahulu ke inbox dan melihat-lihat percakapan didalamnya. Ini bukan soal berfikiran buruk terhadap orang lain, namun melindungi privasi chat sendiri memang perlu dilakukan.

Rasa penasaran yang besar untuk melihat chat orang lain bisa saja muncul saat ada kesempatan. Maka dari itu, untuk mengantisipasinya penting untuk menyembunyikan chat Facebook kamu apalagi didalamnya berisi percakapan yang bersifat rahasia.

Tapi, di Facebook Lite, Messenger dan Facebook Web, fitur yang fungsinya benar-benar ditujukan untuk mengunci atau menyembunyikan chat masih belum tersedia. Namun, untuk menggantikan fungsi dari fitur tersebut, ada fitur yang bernama arsip pesan Facebook.

Baca Juga:

• Cara Membuat Chat, Status dan Komentar Kosong di Facebook

• Cara Membuat Grup Chat di Facebook Lite Android

Fitur arsip bisa menyembunyikan chat di FB dengan cara memindahkannya ke folder yang letaknya cukup tersembunyi, yaitu folder arsip itu sendiri. Meskipun tidak menjamin keamanan yang ekstra untuk chat yang disembunyikan, setidaknya chat tersebut tidak muncul di folder chat utama dan memerlukan effort lebih jika ada orang lain yang ingin melihatnya.

Untuk mengarsipkan sebuah pesan, bisa lewat Messenger dan juga lewat Facebook Lite, dan untuk langkah-langkahnya pun hampir sama. Namun, di sini kita akan melakukannya di aplikasi Facebook Lite.

Untuk bagaimana cara menyembunyikan pesan di FB Lite menggunakan fitur arsip chat, langkah-langkah lebih jelasnya bisa langsung kamu lihat di tutorial berikut ini.

Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite

Sebelumnya, ada sedikit informasi tambahan untuk kamu, yaitu jika kamu menggunakan Facebook Lite dan Messenger dengan akun yang sama, meskipun kamu hanya menyembunyikan chat tersebut di Facebook Lite, kontak chat dengan teman tersebut di Messenger juga akan di sembunyikan, jadi kamu tidak perlu melakukannya di kedua platform milik Facebook tersebut.

Tanpa basa-basi lagi di bawah ini tutorial menyembunyikan chat di FB Lite dengan mengarsipkannya:

1. Jalankan aplikasi Facebook Lite di ponsel kamu. Jika belum login, silahkan login dahulu.

2. Setelah itu tap menu berbentuk ikon gelembung chat dengan ikon petir didalamnya.

3. Sekarang tekan dan tahan salah satu chat dengan teman yang ingin kamu sembunyikan. Setelah muncul beberapa pilihan, kamu pilih "Arsipkan".

3. Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite

4. Selanjutnya pesan tersebut akan langsung hilang dari halaman menu chat utama. Nah, jika kamu ingin melihat pesan yang diarsipkan di FB Lite, saat masih di halaman tersebut, tap ikon roda bulat yang berada di atas kanan.

4. Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite

5. Setelah itu pilih "Arsip".

5. Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite

6. Pada halaman inilah kamu bisa melihat semua chat yang disembunyikan di folder arsip. Jika kamu ingin memunculkan kembali chat tersebut di halaman chat utama, tekan lama salah satu chat tersebut lalu setelah muncul pilihan, kamu pilih "Batal Mengarsipkan".

6. Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite

7. Selesai.

Itu dia langkah-langkah dari proses cara menyembunyikan chat di FB Lite dengan cara mengarsipkannya.

Baca Juga:

• Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

• Cara Blokir Pesan di Facebook Lite dan Messenger Lite

Pesan yang diarsipkan akan menghilang dari daftar chat kontak di Inbox, namun meskipun begitu kamu harus tahu bahwa pesan bisa secara otomatis muncul lagi di daftar inbox apabila kamu menerima atau mengirim pesan baru. Kamu tetap akan menerima notifikasi jika ada pesan masuk baru.

Jadi, cara ini tidak bisa menyembunyikan chat di FB yang sedang berlangsung, mungkin lebih cocok untuk kamu yang ingin menyembunyikan chat FB lama yang didalamnya berisi banyak kenangan. Karena sangat sayang jika harus menghapusnya, lebih baik kamu menggunakan fitur arsip saja agar chat jadi tersembunyi dan kamu tetap bisa melihatnya kapanpun kamu mau.

Posting Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Chat di FB Lite"