Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan


Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

 Cara kunci chat WhatsApp tanpa aplikasi tambahan - WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang memprioritaskan keamanan bagi pengguna. Hal tersebut mampu dibuktikan dari banyaknya fitur keamanan yang dimilikinya.

Selain adanya fitur enkripsi end-to-end yang mampu mengamankan komunikasi antar pengguna, dan fitur bawaan untuk kunci sidik jari di WhatsApp, pada tanggal 23 Mei 2023 kemarin, WhatsApp merilis fitur keamanan baru lagi bernama chat lock WhatsApp.

Sebagai mana namanya, fitur ini berfungsi untuk mengunci chat WA kamu dengan orang lain yang kamu inginkan. Chat WhatsApp kamu akan lebih terjaga kerahasiaannya, peran fitur ini akan menambah lapisan keamanan dari beberapa keamanan lain yang sudah kamu gunakan. 

Pastinya kita semua tidak ingin chat pribadi kita dilihat oleh siapapun, karena bisa saja di dalam percakapan chat tersebut berisi data penting yang tidak boleh bocor. Dan hal itu membuat kita khawatir saat ponsel kita dipinjam oleh teman, pacar, atau keluarga.

Tetapi dengan kamu menggunakan fitur kunci obrolan chat WhatsApp ini, rasa khawatir kamu akan chat yang kemungkinan bisa diketahui orang lain bisa segera mereda. Biasanya saat kamu menerima sebuah chat, kamu bisa melihat sedikit isi chat tersebut di dalam notifikasi.

Baca Juga: Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android

Namun, jika kamu memasukan chat dari kontak tersebut ke daftar chat WhatsApp yang dikunci, isi chat tidak akan ditampilkan di dalam notifikasi yang muncul, jadi keamanannya benar-benar di jaga ketat. Fitur WhatsApp chat lock ini juga memungkinkan kamu untuk mengunci chat dengan satu atau beberapa orang tertentu saja.

Jika kamu merasa ada beberapa chat penting yang isi percakapannya tidak boleh diketahui oleh selain kamu dan lawan bicara kamu, penting untuk kamu mengetahui bagaimana cara kunci chat WA tanpa aplikasi tambahan menggunakan fitur chat lock ini.

Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Sebelum mengaktifkan fitur kunci chat di WhatsApp, perangkat Android atau iPhone kamu harus menggunakan keamanan seperti kata sandi, sidik jari, atau pengenalan wajah (FACE ID) terlebih dahulu. Harap pastikan juga kamu sudah menggunakan aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Setelah itu semua barulah kamu bisa mengunci chat WA tanpa aplikasi dengan mengikuti panduan dan langkah-langkah di bawah ini.

1. Buka menu aplikasi WhatsApp di HP kamu masing-masing.

2. Sekarang kamu masuk ke salah satu chat yang ingin kamu lock, bisa chat grup maupun chat pribadi.

3. Jika sudah, tap nama dari kontak tersebut yang berada pada bagian atas layar.

3. Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

4. Setelah kamu berada di info kontak tersebut, pilih opsi "Kunci Chat".

4. Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

5. Selanjutnya kamu aktifkan opsi "Kunci chat ini dengan sidik jari". (Jika suatu saat nanti kamu ingin membuka kunci chat WhatsApp, kamu bisa mengunjungi halaman ini lagi dan menonaktifkan opsi tersebut)

5. Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

6. Setelahnya lakukan konfirmasi dengan sidik jari kamu. Sekarang chat kamu sudah berhasil di kunci.

7. Chat yang sudah di kunci akan di simpan di folder yang terpisah, tidak akan dimunculkan pada folder chat umum atau menu chat biasanya. Kunjungi menu pesan WhatsApp dan pada bagian chat paling atas kamu akan melihat folder baru yang bernama "Chat yang dikunci", disitulah tempat tersimpannya chat yang dikunci. Untuk membukanya, tap folder tersebut.

7. Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

8. Gunakan sidik jari untuk membuka kunci, dan setelahnya kamu sudah bisa melihat semua chat nya.

9. Selesai.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Di iPhone Dan Android

Setelah berhasil kunci chat atau pesan WhatsApp dengan mengikuti tutorial di atas, ada beberapa poin yang mungkin perlu kamu ketahui juga tentang fitur tersebut, diantaranya:

• Ketika chat terkunci, pemberitahuan dan daftar kontak akan dilindungi dalam kerahasiaan yang tertutup rapat. Hanya pesan WhatsApp yang baru yang akan muncul sebagai notifikasi.

• Untuk menjaga kerahasiaan konten media dengan lebih baik, penting bagi kamu untuk mengaktifkan fitur penguncian chat. Dengan demikian, media yang diterima dapat disimpan secara aman di galeri ponselmu.

• Kamu juga memiliki kemampuan untuk mengunci chat grup dan chat yang telah kamu pilih untuk dibisukan.

• Layanan panggilan tidak akan terpengaruh oleh penguncian ini. Kamu masih dapat menerima panggilan dari kontak atau grup chat yang terkunci dan melihatnya dengan normal.

• Saat kamu mengaktifkan fitur penguncian chat di satu perangkat telepon, perlu diingat bahwa penguncian hanya berlaku untuk perangkat tersebut. Jika kamu memiliki perangkat lain yang terhubung dengan akun WhatsApp mu, seperti komputer desktop, chat di perangkat terhubung tersebut tidak akan terpengaruh oleh penguncian ini.

• Sebagai tambahan, jika kamu menggunakan fitur pencadangan dan pemulihan data di WhatsApp, chat yang telah terkunci akan tetap terkunci ketika kamu memulihkan data ke ponsel baru. Untuk mengakses chat yang terkunci, kamu harus mengautentikasi perangkat terlebih dahulu menggunakan sidik jari atau Face ID.

• Ketika kamu mengunci chat, orang yang mengirim pesan kepadamu tidak akan menyadari bahwa kamu telah mengaktifkan penguncian chat. Kunci chat hanya berlaku di HP kamu.

• Jika kamu ingin mengunci chat yang telah diarsipkan, kamu perlu membuka arsip chat terlebih dahulu dan kemudian mengunci chat tersebut agar tetap dalam keadaan terkunci.

Sampai di sini admin yakin kamu sudah memahami setidaknya cara kunci chat WhatsApp tanpa aplikasi tambahan.

Pastikan untuk mengikuti petunjuk di atas demi menjaga kerahasiaan chat kamu dengan lebih baik. Dengan begitu, kamu dapat memiliki kontrol penuh atas privasi dan keamanan pesan di WhatsApp kamu.

Di atas admin sudah mencoba membahas fitur keamanan untuk chat WA tersebut secara lengkap dan sepertinya tidak ada yang perlu dibahas lagi. Cukup sekian, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih sudah senantiasa mengunjungi website kami.

Posting Komentar untuk "Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan"