Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

 Menumpuk banyak-banyak chat yang tidak penting di aplikasi WhatsApp bukanlah hal yang benar sebab ada beberapa kerugian yang akan kamu dapatkan terutama dari segi penyimpanan. Mengingat aplikasi ini juga menggunakan media penyimpanan internal di ponsel pintar kamu.

Maka dari itu, cara menghapus chat WhatsApp di Android dan iPhone ini dapat membantu kamu mempermudah pekerjaan tersebut terutama untuk kamu yang memiliki banyak chat dan terlanjur malas untuk menghapus atau menandainya satu persatu.

Jika kita di WhatsApp hanya bertukar pesan teks saja mungkin tidak jadi masalah yang terlalu besar untuk sedikit menumpuknya. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu, kadang kita juga menggunakan chat untuk mengirim foto dan video yang kapasitasnya cukup besar.

Nah, media inilah yang akan jadi masalah jika kamu tidak pernah menghapusnya sama sekali. Foto dan video yang kamu kirim melalui chat WhatsApp akan meninggalkan jejak atau riwayat yang filenya kadang tidak ditampilkan di galeri sehingga kita tidak menyadarinya.

WhatsApp akan membuat folder khusus yang disebut "WhatsApp" atau "Media" di penyimpanan internal HP kamu. Di dalam folder ini kamu akan menemukan subfolder yang berisi gambar, video, dan media lain yang kamu kirim atau terima melalui aplikasinya. Ini merupakan cara WhatsApp untuk mengatur media yang dikirimkan dan diterima.

Alasan utama di balik proses ini adalah untuk memberikan akses cepat ke file yang sudah dikirim melalui aplikasi, sehingga kamu dapat melihat atau mengelola file tersebut langsung di dalam aplikasi WhatsApp. Namun meskipun mempermudah, cara ini pastinya akan memakan ruang penyimpanan internal.

Tetapi dengan fitur hapus semua chat WhatsApp sekaligus akan memperluas ruang penyimpanan karena ini akan menghapus semua riwayat dari media tersebut. Selain media, cara ini juga akan menghapus semua chat, baik chat yang sudah lama, chat baru, dan bahkan untuk chat WA yang tidak bisa dihapus sekalipun.

Untuk cara menghapus chat WhatsApp sekali banyak atau langsung semuanya, dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang mudah baik di iPhone maupun di Android. Jika kamu tertarik ingin mencobanya, berikut ada penjelasan yang lebih lengkap untuk kamu.

Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

Sebelum menghapus semua chat di WA menggunakan cara ini, ada hal penting yang perlu kamu tahu. Cara ini akan menghapus chat secara permanan dan tidak bisa dibatalkan. Jadi, pastikan tidak ada chat atau media penting didalamnya. Jika ada, kamu bisa ekspor chat WhatsApp ke Google Drive atau mengirim isi percakapan chat tersebut ke teman kamu terlebih dahulu.

Jika sudah yakin untuk menghapus semua chat di WhatsApp sekaligus, berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu lakukan di WhatsApp Android dan iPhone:

1. Buka WhatsApp di HP kalian semua.

2. Lalu di beranda chat, munculkan pilihan dengan tap titik tiga disudut atas kanan.

3. Kemudian pilih "Setelan" pada pilihan yang muncul.

3. Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

4. Di halaman setelan kamu pilih "Chat".

4. Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

5. Selanjutnya kamu pilih "Riwayat chat". Di tampilan terbaru aplikasi WhatsApp, opsi ini dapat kamu temukan di bagian paling bawah halaman tersebut.

5. Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

6. Sekarang kamu lihat opsi "Hapus semua chat" dan "Bersihkan semua chat". Jangan keliru, kedua opsi ini berbeda. Opsi "Bersihkan semua chat" hanya akan menghapus isi chat saja namun tidak dengan tab chatnya. Jadi, untuk menghapus semua chat individual beserta tab-nya, kamu pilih opsi "Hapus semua chat".

6. Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

7. Jika kamu ingin menghapus semua chat beserta media yang diterima di chat tersebut, beri centang pada kolom kotak yang kamu lihat, lalu setelahnya tap "Hapus chat".

7. Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone

8. Selesai.

Itu dia cara menghapus semua chat WhatsApp sekaligus di Android dan iPhone. Semuanya akan dihapus dalam sekejap dan tanpa jejak serta tanpa ada chat individual yang tersisa. Dengan cara di atas kamu jadi lebih praktis saat menjalankan aktifitas rutin bersih-bersih chat untuk menghemat ruang penyimpanan.

Tapi, cara tersebut tidak akan menghapus chat grup dan kamu tetap anggotanya. Kecuali jika kamu sudah keluar dari grup tersebut dan bukan anggotanya lagi, maka chat tersebut juga akan dihapus.

Posting Komentar untuk "Cara Menghapus Semua Chat WhatsApp Sekaligus di Android dan iPhone"