Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Isi Percakapan WhatsApp ke Orang Lain

Cara Mengirim Isi Percakapan WhatsApp ke Orang Lain

 Cara mengirim isi percakapan WhatsApp ke orang lain - Meskipun media untuk berkomunikasi secara online di aplikasi WhatsApp saat ini bisa dilakukan dengan berbagai macam hal selain chat, misalnya seperti melalui telepon, pesan suara, dan video call, namun komunikasi melalui pesan tertulis atau chat tetaplah opsi yang paling banyak digunakan.

Media percakapan berupa chat berbeda dengan media lainnya dimana chat akan meninggalkan riwayat atau history secara tertulis. Maka dari itu, kadang kita seringkali dimintai bukti chat oleh orang lain dalam situasi tertentu, atau mungkin kamu sendiri yang ingin membagikan isi chat WhatsApp tersebut, entah untuk memberikan informasi yang perlu dibagikan, catatan penting, atau hanya sekedar obrolan lucu saja.

Saat kamu diminta untuk mengirimkan isi percakapan WA kepada orang lain, pasti pertama kali yang ada dipikiran kamu adalah dengan screenshot percakapan tersebut kemudian mengirimkan hasil gambarnya. Ini cara yang paling basic yang hampir semua pengguna WhatsApp pasti pernah melakukannya.

Sebenarnya screenshot hanyalah cara alternatif untuk kirim chat WhatsApp saja, karena pada dasarnya aplikasi WhatsApp sudah menyediakan fitur untuk mengirim chat WA kita ke orang lain yang caranya jauh lebih hemat dan mudah untuk dilakukan alih-alih menggunakan fitur screenshot tersebut.

Baca Juga:

• Cara Kunci Chat WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

• Cara Edit Chat WhatsApp yang Sudah Terkirim di Android

Ada beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengirim isi percakapan atau obrolan kamu di pesan WhatsApp. Beberapa diantaranya ada yang mungkinkan kamu mengirim percakapan WA hanya dari beberapa bagian tertentu saja dari percakapan tersebut yang memang tidak masalah terhadap privasi meskipun kamu membagikannya ke orang lain.

Lantas, bagaimanakah tutorial mengirim isi percakapan di WhatsApp ke orang lain menggunakan fitur-fitur bawaan miliknya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan kamu simak artikel ini sampai tuntas karena akan ada tutorialnya untuk kamu.

Cara Mengirim Isi Percakapan WhatsApp ke Orang Lain

Sebenarnya opsi berbagi percakapan WhatsApp ada banyak, namun di artikel ini Admin akan membagikan cara yang paling mudah yang mana kamu bisa mengirimkan percakapannya ke orang lain lewat chat WhatsApp itu juga.

Ada 2 fitur untuk mengirim isi obrolan WhatsApp dengan mudah. Kedua fitur ini sama-sama berfungsi untuk mengirim isi chat namun tujuannya berbeda. Kamu bisa memilih ingin mengirim semua isi percakapan tersebut atau hanya mengirim beberapa potongan atau bagian chat saja.

Namun, sebelumnya untuk kamu yang ingin mengirim 1 chat saja, lebih baik kamu menggunakan fitur teruskan chat WhatsApp dan tidak perlu mengikuti tutorial di bawah ini.

Mengirim Beberapa Isi Percakapan WhatsApp

1. Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel kamu.

2. Selanjutnya masuk ke salah satu ruang chat yang ingin kamu kirim.

3. Kemudian kamu salin atau copy percakapan WhatsApp yang akan dikirim. Untuk mulai menyalinnya tekan lama salah satu gelembung chat dan tandai beberapa chatnya.

Langkah ke 3 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

4. Setelah selesai memilih beberapa chat, sekarang salin percakapan chat tersebut. Untuk menyalinnya, tap ikon salin berbentuk kotak yang berada pada bagian kanan atas layar.

Langkah ke 4 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

5. Sekarang pesan sudah berhasil kamu salin ke clipboard atau papan klip di HP kamu. Dan langkah selanjutnya adalah buka menu percakapan dengan orang yang ingin kamu kirimkan chat tersebut.

6. Jika sudah, tekan lama kolom untuk mengetikan chat sampai muncul opsi "Tempel". Jika sudah muncul, tap opsi tersebut dan kamu tinggal mengirimkannya.

Langkah ke 6 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

7. Hasil riwayat percakapan yang kamu kirim kurang lebih seperti gambar di bawah ini. Di sana ada waktu dan tanggalnya, nama kamu, nama lawan bicara, dan isi percakapannya.

Langkah ke 7 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

8. Selesai.

Itulah langkah-langkah untuk kirim beberapa isi percakapan WhatsApp ke orang lain dengan mengcopy-nya. Jika kamu ingin mengirim semua isi percakapannya, berarti kamu harus copy semuanya. Namun, bagaimana jika isi percakapan dari chat tersebut sangat banyak, apakah kamu masih mau menandai semua percakapan tersebut satu-persatu sebab tidak ada opsi untuk copy semuanya?

Kamu jangan khawatir, Admin ada di sini untuk membantu kamu. Untuk kamu yang ingin mengirimkan semua isi chat WhatsApp sekaligus ke orang lain, ada cara yang lebih praktis daripada kamu harus menyalinnya satu-persatu. Berikut ini caranya.

Mengirim Semua Isi Percakapan di WhatsApp

1. Langkah pertama, buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp kamu.

2. Setelah didalam aplikasinya, langsung saja masuk ke salah satu chat kamu yang ingin dikirimkan kepada orang lain.

3. Selanjutnya kamu tap ikon titik tiga yang ada disamping atas kanan layar.

Langkah ke 3 untuk mengirim semua isi percakapan WhatsApp

4. Pada jendela pilihan yang muncul, kamu pilih yang paling terakhir, yaitu "Lainnya".

Langkah ke 4 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

5. Pada pilihan selanjutnya, kamu pilih "Ekspor chat".

Langkah ke 5 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

6. Opsi berbagi akan langsung muncul, kamu bisa memilih tempat untuk membagikan chat tersebut. Sebagai contoh Admin akan memilih membagikannya lewat WhatsApp lagi.

Langkah ke 6 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

7. Setelahnya kamu tinggal memilih orang yang akan menerima percakapan tersebut. Jika sudah, tap ikon bulat yang didalamnya ada bentuk pesawat kertas untuk langsung mengirimkannya.

Langkah ke 7 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

8. Selanjutnya file yang berisi percakapan chat WhatsApp akan dikirimkan ke kontak yang kamu pilih. File tersebut berekstensi txt dan bisa dibuka menggunakan beberapa alat atau aplikasi seperti Google Chrome dan penampil HTML bawaan Android. Setelah dibuka, tampil percakapannya hampir tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama tadi, yaitu tertera tanggal dan jam, nama kamu, nama lawan bicara, dan isi chat.

Langkah ke 8 untuk mengirim beberapa percakapan WhatsApp

9. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Ekspor Chat WhatsApp ke Google Drive di HP Android

• Cara Chat WA Tanpa Save Nomor Terlebih Dahulu

Seperti itulah cara untuk kamu yang ingin mengirimkan semua percakapan ke orang lain dengan sekaligus. Ada banyak sekali perbedaan menggunakan cara pertama dan cara yang kedua. Silahkan kamu pilih salah satu cara yang fungsinya sangat sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Tapi kamu harus ingat bahwa chat adalah privasi untuk dua orang, yaitu antara kamu dan juga lawan bicara kamu. Jadi sebelum kamu membagikan isi chat tersebut ke orang lain, pastikan bahwa lawan bicara kamu juga tidak keberatan dan mengizinkan kamu untuk melakukannya.

Demikian pembahasan mengenai cara mengirim isi percakapan WhatsApp ke orang lain dengan 2 tutorial yang mudah untuk diikuti. Selamat mencoba dan semoga tutorialnya bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengirim Isi Percakapan WhatsApp ke Orang Lain"