Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi, Cara Install dan Menggunakan RedHawk di Termux Android

Pengertian, Fungsi, Cara Install dan Menggunakan RedHawk di Termux Android

 Keamanan merupakan faktor yang sangat penting yang harus selalu diperhatikan untuk seorang pengelola dan pengembang web. Ada banyak alat yang bisa membantu untuk memperkuat keamanan website dengan lebih baik, salah satunya adalah tools RedHawk.

Di dalam artikel ini kamu akan dibawa untuk mempelajari cara install dan menggunakan RedHawk di Android via aplikasi Termux. Untuk kamu yang tertarik soal pengembangan dan keamanan website, artikel ini akan menambah informasi kamu mengenai hal tersebut. Mari disimak sampai selesai karena kamu harus tahu juga tentang pengertian dan fungsinya terlebih dahulu.

Pengertian RedHawk

RedHawk adalah tools hacking dan pemindai keamanan situs dengan berbagai fitur  serbaguna yang dimilikinya. Tools ini diciptakan dan dikembangkan oleh seorang peneliti keamanan siber yang bernama Tuhin Shubhra. Alat ini dirilis secara open source sehingga dapat digunakan dan dikembangkan oleh siapapun yang tertarik pada proses pemeriksaan keamanan website dan mengidentifikasi kelemahannya.

Dengan menggunakan RedHawk, kamu bisa melakukan pemindaian keamanan pada website secara otomatis dan menemukan kerentanan yang mungkin saja terlewatkan. Jadi, tujuan utama RedHawk adalah membantu meningkatkan keamanan situs web dengan mengidentifikasi potensi risiko keamanan yang sedang terjadi maupun mencegah yang mungkin akan terjadi kedepannya.

RedHawk tidak hanya digunakan oleh profesional dan pengembang website saja, tetapi sering juga dimanfaatkan oleh hacker untuk tindakan ilegal seperti mencari kelemahan website, menemukan informasi sensitif dari website, dan mencari website yang vuln.

Baca Juga: 2 Cara Install Kali Linux di Termux Android Tanpa Root

Fungsi Tools RedHawk

RedHawk dirancang untuk melakukan pemindaian keamanan dari sebuah situs web, dan memiliki berbagai fitur yang dapat membantu pengguna mengidentifikasi kerentanan potensial dan masalah keamanan. Beberapa fungsi fitur utama yang tersedia di RedHawk diantaranya:

1. Pemindaian Situs Web yang Teliti

 RedHawk memungkinkan kamu untuk menjalankan pemindaian yang cermat terhadap situs web. Alat ini akan secara sistematis memeriksa setiap aspek situs web kamu untuk mengidentifikasi potensi masalah keamanan dan kerentanan.

2. Pencarian Otomatis yang Canggih

Dengan kemampuan pencarian otomatis yang cerdas, RedHawk dapat mengenali pola umum yang sering digunakan oleh penyerang. Alat ini akan melakukan pencarian terhadap kerentanan yang mungkin tersembunyi di berbagai bagian situs web kamu.

3. Perlindungan Terhadap SQL Injection

RedHawk bukan hanya alat pemindaian biasa. Ini juga berfungsi sebagai perisai yang kuat melawan serangan SQL Injection, yang merupakan ancaman serius terhadap keamanan situs web.

Baca Juga: Cara Install SQLMap di Termux Android

4. Mengungkap Celah Cross-Site Scripting (XSS)

Dengan RedHawk, kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi dan mengatasi kerentanan Cross-Site Scripting (XSS) yang mungkin ada di situs web kamu. Ini adalah langkah penting untuk menjaga data dan pengguna kamu tetap aman.

5. Pemindaian Mendalam Terhadap Local File Inclusion (LFI)

Alat ini akan melakukan pemindaian yang mendalam untuk menemukan celah LFI yang mungkin tersembunyi di situs web kamu. Ini adalah upaya proaktif untuk melindungi informasi sensitif kamu.

6. Pencarian Kredensial yang Akurat

Red Hawk dapat mencari dan memvalidasi kredensial yang berpotensi berisiko, membantu kamu menghindari akses ilegal yang dapat merusak situs web kamu.

7. Identifikasi Kerentanan pada Sistem Manajemen Konten (CMS)

Alat ini tidak hanya memeriksa situs web, tetapi juga mengidentifikasi potensi kerentanan yang terkait dengan sistem manajemen konten (CMS) yang digunakan. Ini memberi kamu wawasan lebih dalam tentang potensi risiko keamanan.

8. Informasi Mendalam tentang Situs Web

RedHawk dapat menampilkan informasi mendalam tentang situs web target, termasuk detail header HTTP dan informasi server yang digunakan. Ini membantu kamu memahami dengan lebih baik lingkungan keamanan situs web.

9. Integrasi Mudah dengan Proxy

Dengan kemampuan integrasi dengan proxy, RedHawk memungkinkan kamu untuk menjalankan pemindaian lanjutan dan pengujian keamanan yang lebih canggih, memberikan kontrol yang lebih besar terhadap pengujian.

10. Pemindaian yang Disesuaikan dengan Kebutuhan

RedHawk memberi kamu kemampuan untuk mengkustomisasi pemindaian sesuai dengan kebutuhan kamu. Ini berarti kamu dapat mengatur parameter secara spesifik untuk memenuhi tujuan keamanan kamu.

Itulah beberapa fungsi RedHawk di Termux yang hampir tidak berbeda dengan dibeberapa platform lain misalnya seperti di Linux.

Cara Install dan Menggunakan RedHawk di Termux Android

Untuk menginstall RedHawk di Termux HP Android, yang perlu kamu siapkan hanya aplikasi Termux itu saja. Sedangkan untuk file script RedHawk-nya bisa kamu install dari repositori GitHub langsung melalui Termux. Berikut tutorial lengkapnya:

1. Buka aplikasi Termux di Android.

2. Seperti biasanya, sebelum menjalankan aplikasi Termux untuk menginstall script apapun, wajib bagi kamu untuk menginstall dan juga memperbarui package-package yang sudah terinstall agar prosesnya berjalan dengan lancar. Jalankan perintah berikut untuk memperbaruinya:

$ apt-get update && apt-get upgrade -y

3. Kemudian kamu juga membutuhkan beberapa package untuk menginstall tools RedHawk, install package-package tersebut dengan perintah:

$ pkg install git

$ pkg install php

4. Sekarang kamu sudah bisa menginstall tools tersebut menggunakan perintah:

$ git clone https://github.com/Tuhinshubhra/RED_HAWK

5. Setelahnya kamu masuk ke direktori RedHawk dengan perintah:

$ cd RED_HAWK

$ ls

6. RedHawk memerlukan beberapa dependensi yang perlu kamu install. Install semua dependensi tersebut dengan perintah:

$ chmod +x rhawk.php

7. Sekarang kamu bisa menjalankan RedHawk menggunakan perintah:

$ php rhawk.php

8. Untuk menandakan bahwa proses penginstalan RedHawk sudah berhasil, kamu akan melihat tampilan dari tools tersebut seperti contoh gambar di bawah ini.

8. Cara install dan menggunakan RedHawk di Termux Android

9. Jika sudah seperti itu, di sana kamu bisa langsung menggunakan RedHawk dengan memasukan alamat website yang ingin kamu cek. Masukan alamat website tanpa menggunakan HTTP atau HTTPS. Contohnya: www.google.com.

9. Cara install dan menggunakan RedHawk di Termux Android

10. Selanjutnya kamu akan diberikan 2 pilihan, masukan angka 1 untuk memilih HTTP dan masukan angka 2 untuk memilih HTTPS.

10. Cara install dan menggunakan RedHawk di Termux Android

11. Berikutnya kamu akan ditawarkan beberapa opsi untuk melihat informasi apa yang kamu inginkan dari website tersebut. Di sana ada Sebagai contoh Admin memilih nomor 4, yaitu DNS Lookup.

11. Cara install dan menggunakan RedHawk di Termux Android

12. Tidak lama kemudian Informasi dari DNS website tersebut akan muncul.

12. Cara install dan menggunakan RedHawk di Termux Android

13. Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dengan cermat dan teliti, Admin yakin sekarang kamu sudah berhasil install dan menggunakan tools RedHawk via Termux tanpa adanya kendala apapun.

Baca Juga: Cara Mencari Bug Internet Gratis di Termux Android

Menurut Admin, jika dibandingkan dengan tools keamanan website yang sejenisnya, RedHawk ialah yang paling mudah digunakan karena tampilan dan cara penggunaannya yang begitu simpel.

Namun meskipun demikian, kamu harus tetap menggunakan tools ini untuk hal yang etis, contohnya untuk menguji coba keamanan situs web milik sendiri atau situs web orang lain jika kamu memiliki izin yang sah. Dan di artikel ini Admin hanya membagikan informasi saja, jika ada penyalahgunaan dari informasi dan tutorial yang Admin berikan, itu diluar tanggung jawab Admin.

Mungkin hanya itu saja yang bisa Admin sampaikan tentang pengertian, fungsi serta cara install dan menggunakan RedHawk di Termux Android. Artikel ini Admin akhiri sampai di sini, selamat mencoba, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, Cara Install dan Menggunakan RedHawk di Termux Android"