Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install SQLMap di Termux Android


Cara Install SQLMap di Termux Android

Cara install SQLMap di Termux Android - Istilah atau nama SQLMap dan SQL Injection mungkin sudah terdengar tidak asing lagi di telinga para pengembang website atau yang sering berkecimpung di dalam dunia tersebut.

Namun, untuk kamu yang belum memahaminya, sebelum kamu menginstall alat ini di perangkat Android milikmu, sangat penting untuk kamu memahami pengertian SQLMap terlebih dahulu, karena pemahaman kamu akan menjawab setiap pertanyaan ketika menggunakannya. Oleh karena itu, silahkan simak artikel ini sampai tuntas.

SQLMap adalah sebuah alat atau tools yang populer digunakan untuk melakukan pengujian keamanan pada sebuah website atau situs web. Sebagai seorang pemilik website, tentu kita semua ingin website yang kita kelola tetap aman dari peretas yang berusaha masuk ke sistem atau server database melalui celah keamanan SQL Injection.

Nah, SQLMap hadir untuk mengotomatisasi proses pendeteksian dan eksploitasi celah keamanan seperti SQL Injection tersebut. Alat ini akan secara efektif mengidentifikasi dan menguji keamanan web dengan berbagai fitur dan opsi yang dimilikinya.

Jadi, secara sederhananya, dalam kaitannya dengan serangan SQL Injection, SQLMap menjadi senjata penangkal yang ampuh yang melengkapi ahli keamanan dalam penelitian penetrasi yang lebih dalam pada aplikasi web dalam upaya melawan serangan SQL Injection yang cukup berbahaya.

Tetapi, terlepas dari banyaknya dampak positif yang berkaitan dengan pengembangan keamanan website, tools SQLMap juga bisa menjadi senjata yang ampuh untuk hack website dan mendapatkan celah pada website milik orang lain untuk berbagai tujuan tertentu, misalnya yang paling populer adalah untuk melakukan deface dan carding.

SQLMap biasanya diinstall dan dioperasikan menggunakan terminal yang ada di komputer seperti Linux dan Windows. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa SQLMap juga bisa di install melalui perangkat Android menggunakan aplikasi Termux.

Baca Juga: Cara Mengatasi Termux Installing Terus-Menerus

Setelah kamu memahami tentang apa itu SQLMap melalui penjelasan di atas, sekarang kita akan masuk pada pembahasan utama, yaitu tutorial untuk menginstall SQLMap di Termux Android.

Cara Install SQLMap di Termux Android

Sistem operasi Android dibangun di atas kernel Linux, sehingga inilah yang memungkinkan kita dapat menginstal berbagai alat dan aplikasi yang dibuat untuk Linux, dalam hal ini adalah tools SQLMap Termux.

Kemarin kita sudah membahas tutorial install kali Linux di Termux, nah buat kamu yang ingin menginstall SQLMap di Kali Linux, kamu harus menjalankan Kali Linux nya terlebih dahulu di Termux masing-masing.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika ingin menginstall tools SQLMap Termux Android.

1. Jalankan aplikasi Termux yang sudah terinstall di HP Android.

2. Perbarui dan tingkatkan semua package yang sudah kamu pasang di Termux menggunakan perintah:

$ apt-get update

$ apt-get upgrade

3. Sekarang kamu install beberapa package di bawah ini agar dapat kloning script SQLMap dari github dan menjalankannya via Termux:

$ pkg install git

$ pkg install python2

4. Apabila semua tugas di atas sudah selesai dan berhasil dijalankan dengan mulus, sekarang saatnya kita install script SQLMap dengan perintah:

$ https://github.com/sqlmapproject/sqlmap.git

Tunggu sampai proses penginstalannya selesai. Ukuran download SQLMap sendiri biasanya berkisar antara 80MB sampai 100MB, jadi pastikan kuota internet dan ruang penyimpanan internal di ponsel Android kamu mencukupinya.

5. Setelah selesai, selanjutnya kamu masuk ke direktori SQLMap dengan perintah:

$ cd sqlmap

6. Sekarang kamu sudah bisa menjalankan tools tersebut dengan perintah:

$ python2 sqlmap.py

Jika berhasil, tampilan dari tools SQLMap akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

6. Cara Install SQLMap di Termux Android

7. Untuk melihat semua option atau cara penggunaanya, ketikan perintah:

$ python2 sqlmap.py -h

8. Selanjutnya kamu akan melihat semua perintah untuk menggunakan SQLMap tersebut.

9. Selesai.

Sekedar informasi, cara di atas akan menginstall SQLMap dari repositori resminya di GitHub, jadi yang kamu install merupakan tools SQLMap versi terbaru saat ini, yaitu versi 1.7.7#stable. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengupdate lagi tools tersebut.

Baca Juga:

• Cara Install Termux di Android 2022

• Ulasan Lengkap Metasploit Dan Cara Install Metasploit Di Termux Terbaru 2021 100% Berhasil Tanpa Eror

Sampai di sini kamu sudah sukses untuk install SQLMap di Android dengan bantuan Termux. Caranya cukup simpel dan sederhana, kamu tidak perlu menjalankan banyak perintah. Sekarang kamu tinggal mempelajari cara menggunakannya saja. Ada banyak platform yang dapat kamu pilih sebagai media untuk mempelajarinya secara mendalam.

Ingatlah untuk selalu gunakan tools SQLMap dengan bijak dan positif dan tidak melanggar kebijakan apapun. Gunakanlah sesuai dengan fungsinya.

Demikian cara install SQLMap di Termux Android dan juga pengertiannya. Pembahasan ini admin akhiri sampai di sini saja, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Install SQLMap di Termux Android"