Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

 teknoinfo09 - Setelah merilis fitur polling di Instagram pada tahun 2017 silam, Meta kembali merilis fitur yang sama di platform lain miliknya, yaitu Facebook, pada tahun 2018, dan sudah mengalami berbagai perubahan hingga sekarang.

Meskipun secara umum fitur pertanyaan polling di Facebook dan Instagram hampir serupa, namun terselip beberapa perbedaan diantaranya. Jika di Facebook, pengguna bisa membuat polling di story dan di grup. Jika ingin tahu lebih dalam tentang fitur ini di Facebook, pembahasan berikut ini harus kamu simak.

Polling adalah cara yang tepat untuk mengumpulkan pendapat dari beberapa orang yang tujuannya untuk menentukan mana pilihan yang memiliki suara terbanyak atau paling banyak dipilih dan dialah yang jadi pemenang. Contoh polling yang mungkin semua orang sudah tahu adalah polling untuk pemilihan calon presiden baru.

Namun sebenarnya, polling bisa digunakan untuk tujuan pemilihan dalam hal apapun tidak hanya untuk urusan besar dan serius. Karena ada saatnya kita juga ditempatkan pada posisi bimbang untuk memilih 1 diantara 2 pilihan yang ada. Nah, untuk membantu mengatasi keraguan itu, kamu bisa membuat polling dan melibatkan orang lain untuk memberikan pendapatnya.

Kamu tidak memerlukan effort lebih jika ingin membuat polling di Facebook untuk urusan sepele. Sebagai contoh, misalnya kamu memilki 2 kemeja dengan warna yang berbeda yang satu warna merah dan satunya warna hitam, dan kamu bingung memilih mana kemeja yang cocok dengan celana yang kamu pakai.

Untuk urusan seperti itu tidak mungkin kamu mengumpulkan banyak orang hanya untuk mengajukan pertanyaan dan meminta pendapat mereka tentang kemeja yang cocok untuk kamu gunakan. Oleh karena itu, fitur polling Facebook bisa menjadi solusi yang lebih cocok untuk kamu gunakan.

Kamu bisa membuat pertanyaan di story atau di grup, misalnya "Baju kemeja warna apa yang cocok untuk saya gunakan?", kemudian tidak lupa juga kamu membuat jawabannya, misalnya "Merah" atau "Hitam". Semua teman Facebook kamu yang melihat polling tersebut dapat dengan mudah untuk memberikan jawaban. Mereka tinggal mengetuk salah satu opsi jawabannya.

Selain untuk membuat pertanyaan seperti survey atau voting tentang hal-hal sepele atau untuk cari hiburan saja dengan pertanyaan dan jawaban lucu, fitur polling juga dapat memancing respon dari orang lain sehingga akan meningkatkan interaksi pada postingan tersebut.

Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

Fitur polling tidak tersedia di aplikasi Facebook Lite, oleh karena itu untuk membuat polling di story maupun grup Facebook, harus dilakukan menggunakan aplikasi Facebook Seluler atau Facebook Biasa.

Dulu fitur polling juga menjadi salah satu bagian dari fitur di status, tapi sejak pembaruannya yang terakhir, Facebook memutuskan untuk menghapus fitur tersebut di status dan hanya menyisakan di grup dan story atau cerita. Tap itu tak masalah, yang penting kamu masih bisa menikmati fitur ini dan memanfaatkannya jika memang dibutuhkan.

Tanpa banyak omong lagi berikut ini cara untuk membuat polling di FB story dan grup.

Membuat Polling di Facebook Story

1. Masuk ke aplikasi Facebook di smartphone kamu.

2. Di beranda Facebook, tap "Buat cerita" yang letaknya disamping paling kiri story-story teman kamu.

2. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

3. Sebelumnya fitur story polling tersedia langsung di halaman yang sekarang ini kamu berada, dan hal itu memungkinkan kamu untuk membuat polling tanpa harus menambahkan gambar terlebih dahulu. Namun sekarang fitur tersebut sudah tidak ditampilkan lagi disana, dan kamu perlu menambahkan gambar sendiri sebagai background untuk polling tersebut. Silahkan kamu pilih salah satu foto yang sesuai dengan pertanyaan polling yang ingin dibuat.

4. Selanjutnya kamu akan ada di halaman editing. Nah, disinilah kamu bisa menambahkan polling ke story tersebut. Tap menu "Stiker" yang ada di bilah kiri layar paling atas.

4. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

5. Setelah itu kamu pilih menu yang bernama "Polling".

5. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

6. Kemudian kamu masukan pertanyaan yang ingin dibuat pada kolom "Ajukan Pertanyaan...". Sedangkan untuk jawabannya, defaultnya adalah "Ya" dan "Tidak". Kamu juga dapat mengubah kedua jawaban tersebut agar lebih spesifik dengan pertanyaannya. Setelah kamu melengkapinya, tap "Selesai" disamping kanan atas.

6. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

7. Selanjutnya stiker polling akan ditambahkan ke story FB kamu. Sebelum diunggah, kamu bisa mengatur terlebih dahulu ukuran dan letak penempatannya. Jika background berkaitan dengan pertanyaan tersebut atau penonton perlu melihat background untuk dapat memberikan jawabannya, pastikan letak polling tidak menutupi background.

8. Sekarang kamu tap tombol "Bagikan" yang berwarna biru untuk mengirim polling tersebut ke story Facebook.

8. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

9. Selesai.

Dengan panduan di atas kamu bisa membuat pertanyaan di story Facebook menggunakan fitur polling.

Setelah polling dibagikan, kamu tinggal menunggu teman-teman di Facebook memberikan pendapat atau jawabannya. Mereka tidak perlu mengetikan apapun untuk memberikan jawaban karena disana sudah tersedia dua tombol yang sudah kamu buat sebagai jawabannya.

Kamu bisa melihat hasil vote setiap saat atau secara real time. Namun, untuk mendapatkan hasil akhir atau mengetahui jawaban mana yang jadi pemenang sesungguhnya dari polling tersebut bisa kamu lihat setelah 24 jam atau setelah masa berlaku di story Facebook berakhir.

Membuat Polling di Grup Facebook

Jika hasil jawaban polling di cerita Facebook menurut kamu kurang memuaskan mungkin entah karena teman di Facebook kamu masih sedikit dan tidak banyak orang yang berpartisipasi untuk memberikan pendapatnya, sehingga membuat kamu merasa ragu dengan hasil akhirnya.

Kamu bisa mencoba untuk membuat polling di Facebook Grup saja. Ini memungkinkan semua pengguna Facebook yang tidak berteman dengan kamu juga bisa melihat polling yang sedang kamu lakukan asalkan mereka satu grup dengan kamu.

Nah, bagaimanakah tutorial membuat polling di postingan grup Facebook? Berikut ini langkah-langkah selengkapnya:

1. Langkah pertama seperti awal tadi, yaitu buka terlebih dahulu aplikasi Facebook.

2. Cari dan masuk ke grup yang kamu ikuti yang akan digunakan untuk buat polling.

3. Setelah tiba di halaman utama atau beranda grup itu, tap kolom kotak "Tulis sesuatu" untuk membuat postingan baru.

3. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

4. Setelahnya ada beberapa menu atau fitur yang berada di bagian bawah halaman tersebut. Diantara pilihan itu kamu pilih "Polling

4. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

5. Sekarang kamu atur terlebih dahulu opsi jawaban untuk pollingnya:

• Di sana ada kolom kotak bertuliskan "Opsi 1" dan "Opsi 2", masukan jawaban kamu pada kolom tersebut.

• Jika ingin menambahkan opsi jawaban lebih dari 2, tap "(+) Tambahkan opsi polling". Kamu bisa menambahkannya sampai 4.

• Kamu juga bisa menambahkan gambar untuk setiap opsi jawaban dengan tap ikon image yang berada disamping kanan tiap jawaban tersebut lalu pilih gambar yang ingin dimasukan.

• Di bagian paling bawah ada 2 pengaturan yang dapat kamu aktifkan dan nonaktifkan sesuai keinginan. Jika opsi pertama diaktifkan, orang lain bisa menambahkan opsi jawaban lain untuk polling tersebut. Jika opsi kedua diaktifkan, orang lain bisa memilih beberapa opsi sekaligus. Menurut admin, lebih baik kedua opsi ini dinonaktifkan saja.

Setelah mengatur dan menyesuaikan opsi jawaban, tap "Selesai" di atas kanan layar.

5. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

6. Barulah sekarang kamu bisa membuat pertanyaannya. Masukan pertanyaan kamu pada kolom bertuliskan "Ajukan pertanyaan". Di bawah kolom tersebut sudah ditampilkan opsi jawaban yang kamu buat tadi. Jika semuanya sudah selesai, tap tombol "Posting" berwarna biru yang berada dipojok atas kanan untuk membagikannya ke grup Facebook kamu.

6. Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup

7. Selesai.

Tidak seperti di story yang memiliki waktu terbatas untuk menampilkan polling, polling di grup akan tetap ada kecuali kamu dan admin grup yang menghapusnya. Selain itu, hanya admin dan anggota grup saja yang bisa memberikan suara di polling tersebut.

Jika ingin banyak orang yang memberikan pendapat untuk polling kamu, maka carilah grup dengan anggota yang lebih banyak. Tentu dengan jawaban yang banyak akan membuat kamu merasa puas dengan jawaban polling tersebut.

Meskipun begitu, kamu tetap harus memperhatikan kategori grup tersebut, pilihlah grup yang kategorinya sesuai dengan pertanyaan kamu. Jika yang ingin kamu tanyakan adalah seputar smartphone, maka buatlah polling di grup yang membahas tentang smartphone juga.

Dikutip dari laman bantuan Facebook, jika opsi polling tidak kamu temukan di grup Facebook tersebut, penyebabnya bisa dikarenakan oleh Admin grup yang membatasi anggota untuk menggunakan fitur ini. Jika kamu adalah admin, kamu bisa mengaturnya melalui pengaturan grup. Jika bukan admin, kamu bisa memohon kepada admin untuk menyediakan fitur polling di grupnya.

Itulah panduan yang cukup lengkap tentang cara membuat polling di Facebook story dan grup dengan mudah. Kamu bisa menggunakan fitur Facebook tersebut untuk berbagai macam hal terutama untuk meminta jejak pendapat dari orang lain secara daring. Jadi, silahkan di coba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Polling di Facebook Story dan Grup"