Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Masuk dan Keluar dari Recovery Mode HP VIVO


Cara Masuk dan Keluar dari Recovery Mode HP VIVO

 Cara Masuk dan Keluar dari Recovery Mode HP VIVO - Recovery mode atau mode pemulihan adalah salah satu fitur yang letaknya tersembunyi namun dimiliki oleh hampir semua perangkat smartphone. Baik pengguna HP VIVO maupun HP yang bersistem operasi Android lainnya, menu di dalam recovery mode ini tidak berbeda jauh.

Biasanya fitur ini sering digunakan untuk melakukan reset HP ke setelan pabrik dan melakukan reboot. Akan tetapi ada pula opsi lain yang biasanya ada di VIVO keluaran terbaru, diantaranya melakukan pembaruan perangkat lunak (jika tersedia), menghapus data pengguna (wipe data dan hard reset), memulihkan sistem operasi, memulihkan perangkat dari pemulihan yang gagal, dan mengidentifikasi serta memperbaiki masalah pada perangkat lunak yang menyebabkan layar tidak mau menyala atau mentok logo.

Namun, untuk melakukan itu semua kamu perlu mengetahui setidaknya sedikit tentang dasar-dasar dari opsi yang ingin kamu gunakan di recovery mode. Atau kamu bisa mempelajari dari hal yang paling dasarnya terlebih dahulu, contohnya seperti mempelajari panduan masuk dan keluar recovery mode di HP VIVO milikmu.

HP VIVO tersedia dalam berbagai versi, model, dan seri, akan tetapi biasanya proses untuk masuk ke recovery mode hampir serupa di sebagian besar perangkat VIVO, yaitu menggunakan kombinasi tombol. Meskipun begitu, kombinasi tombol yang digunakan tidak semuanya sama.

Baca Juga:

• Cara Memperbarui Sistem HP VIVO Terbaru

• Apa Itu Opsi Pengembang? Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Opsi Pengembang di HP VIVO

Untuk memperjelas pemahaman kamu tentang tutorial mengakses ataupun keluar pada saat di dalam VIVO recovery mode, berikut ini admin akan menjelaskan tutorialnya secara lengkap.

Cara Masuk dan Keluar dari Recovery Mode HP VIVO

Tutorial ini ditujukan khusus untuk kamu pengguna HP VIVO. Namun, sebelum masuk pada menu recovery mode di HP VIVO pastikan kapasitas baterai di atas 30% (lebih bagus lagi jika di atas 50%).

Pastikan juga kamu memiliki tujuan yang jelas saat hendak memasuki mode recovery, jangan cuma untuk main-main saja, karena fitur recovery mode bukan tempat untuk iseng dan uji coba.

Cara Masuk ke Recovery Mode di VIVO

Sepertinya ada perbedaan cara untuk memasuki mode recovery pada VIVO keluaran lama dan keluaran terbaru. Keduanya masih sama-sama menggunakan kombinasi tombol namun kombinasi yang digunakan berbeda. Di bawah ini admin buatkan tutorialnya secara terpisah agar kamu lebih mudah.

Untuk HP VIVO keluaran terbaru:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mematikan HP VIVO kamu terlebih dahulu. Tekan tombol daya sampai muncul opsi "Matikan perangkat". Jika sudah muncul silahkan kamu tap opsi tersebut.
  2. Saat VIVO kamu sudah dalam keadaan mati. Tekan dan tahan tombol power dan tombol volume atas secara bersamaan sampai muncul mode Fastboot.
  3. Setelah masuk ke mode Fastboot, pilih "Recovery Mode". Gunakan tombol volume atas dan volume bawah untuk navigasi atau memindahkan pilihan. Sedangkan untuk memilih, gunakan tombol power atau tombol daya.
  4. Selesai.

Untuk HP VIVO keluaran lama:

  1. Pertama, sama dengan cara pertama tadi yaitu matikan HP VIVO kamu terlebih dahulu dengan menekan lama tombol daya dan memilih opsi "Matikan perangkat".
  2. Setelah perangkat kamu mati, tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan. Lepaskan jika sudah muncul logo VIVO. Proses tersebut akan langsung membawa kamu kedalam recovery mode.
  3. Selesai.

Setelah berada di Recovery Mode VIVO, kamu bisa memilih menu yang ada di sana. Untuk navigasi biasanya ada yang menggunakan tombol volume dan tombol daya dan ada juga yang bisa disentuh langsung. Coba saja sentuh layar HP kamu saat berada dalam mode tersebut, jika sentuhan kamu berfungsi, artinya mode recovery di VIVO kamu mendukung navigasi dengan sentuhan layar.

Cara Keluar Dari Recovery Mode di HP VIVO

Mungkin saja tombol HP kamu tertekan saat di taruh di saku dan hal itu secara tidak sengaja membuat kamu masuk ke recovery mode di VIVO. Jika secara tiba-tiba HP kamu masuk ke halaman tersebut, kamu tidak usah kaget dan khawatir, sebab biasanya untuk sebagian orang awam masuk ke menu ini adalah hal yang asing.

Bahkan tak sedikit yang mengganggap bahwa ponsel VIVO miliknya mengalami Boot Loop. Padahal kondisi seperti ini umumnya dapat diatasi dengan mudah. Tentu bagi pengguna yang sering keluar masuk ke recovery mode adalah hal yang sangat biasa.

Untuk cara masuknya sudah dijelaskan di atas, sekarang kita akan membahas cara keluarnya di bawah ini.

  1. Jika smartphone VIVO kamu masih berada di dalam mode fastboot, kamu bisa langsung keluar dengan memilih opsi "Reboot".
  2. Jika HP kamu sudah berada di dalam recovery, silahkan kamu pilih "Reboot system".
  3. Setelahnya HP VIVO kamu akan dimulai ulang untuk beberapa saat, kamu tinggal menunggunya saja.
  4. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Mengembalikan Pengaturan HP Android Seperti Semula Tanpa Menghapus Data

• Apa Itu Fastboot Xiaomi, Penyebab Dan Cara Keluarnya

Demikian cara masuk dan keluar dari recovery mode HP VIVO. Sekarang kamu sudah memiliki pengetahuan dasar yang cukup untuk membuka recovery mode di HP VIVO dan keluar dengan cara yang sangat mudah.

Tetaplah berhati-hati ketika ingin menggunakan recovery mode dan usahakan untuk mencadangkan data terlebih dahulu sebelum kamu mengambil tindakan yang dapat menghapus data sepenuhnya.

Posting Komentar untuk "Cara Masuk dan Keluar dari Recovery Mode HP VIVO"