Rabu, 18 Agustus 2021

Apa Itu Fastboot Xiaomi, Penyebab Dan Cara Keluarnya


Apa Itu Fastboot Xiaomi, Penyebab Dan Cara Keluarnya

Untuk kamu yang sudah terbiasa mengoprek-oprek smartphone, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah fastboot di HP Xiaomi. Bahkan mungkin kamu bisa untuk masuk dan keluarnya dengan mudah. Namun bagaimana jika HP kamu secara tidak sengaja masuk ke mode tersebut dan kamu tidak mengerti untuk cara keluarnya?

Nah, untuk membantu kamu mengatasi masalah seperti diatas, kamu tidak perlu membawa HP Xiaomi kamu ke konter ataupun tukang servis HP. Untuk mengeluarkan Xiaomi dari fastboot sangat mudah sekali. Dan berikut ini kita akan membahasnya.


Apa itu Fastboot Xiaomi?

Fastboot Xiaomi adalah kondisi dimana saat kamu hendak menghidupkan smartphone namun ketika sudah hidup smartphone tersebut tidak bisa masuk ke menu dan hanya menampilkan logo dengan tulisan "Fastboot". Fastboot sendiri sama halnya seperti recovery mode dimana salah satu fungsinya adalah untuk mengubah software sistem.

Mode fastboot Xiaomi tidak muncul begitu saja, tentunya ada hal yang kamu lakukan sehingga menyebabkan HP Xiaomi kamu bisa masuk ke mode tersebut. Biasanya masalah seperti ini disebabkan karena kamu ingin menghapus semua data atau meriset-nya ke bawaan pabrik dengan menggunakan kombinasi tombol volume dan tombol power, namun kombinasinya salah sehingga kamu malah masuk ke mode fastboot tersebut.

Fastboot Xiaomi artinya adalah sebuah protokol yang digunakan oleh smartphone Xiaomi itu sendiri untuk melakukan flashing partisi. Biasanya ini digunakan untuk melakukan pembaruan firmware dan melakukan recovery. Selain itu, fastboot juga biasa digunakan untuk memperbaiki smartphone yang mengalami masalah saat downgrade.

Hampir semua HP Xiaomi memiliki yang namanya fastboot. Dan pengguna bisa dengan mudah untuk mengaksesnya. Meskipun dapat diakses dengan mudah, namun hal itu harus dibarengi dengan keahlian khusus. Untuk kamu yang tidak mengerti apapun tentang sistem Android, jangan sekali-kali untuk mengaksesnya tanpa didampingi oleh seorang ahli. Setiap kesalahan yang kamu lakukan bisa saja berakibat fatal.


Baca Juga:

• 6 Cara Mengatasi Aplikasi Gboard Xiaomi Error

• Cara Merawat Baterai Tanam Agar Awet Dan Tahan Lama


Beberapa Penyebab Fastboot Xiaomi

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengatasi fastboot Xiaomi, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa penyebabnya, sehingga kejadian seperti ini tidak akan terulang lagi.

Adapun hal-hal yang menyebabkan fastboot di Xiaomi adalah sebagai berikut:

1. Tidak sengaja menekan tombol volume bawah

Penyebab yang pertama adalah secara tidak sengaja kamu menekan tombol volume bawah pada saat sedang menghidupkan HP Xiaomi milikmu. Hal ini terjadi mungkin karena kamu menaruhnya di saku celana yang ketat sehingga tombolnya tertekan.


2. Tombol volume bawah error

Sama halnya seperti diatas, tombol volume bawah yang error dan terus tertekan juga akan mengakibatkan HP Xiaomi kamu masuk kedalam mode fastboot.

Jika kamu sudah bisa memastikan bahwa satu satunya yang menjadi penyebab adalah karena tombol yang error. Kamu harus memperbaikinya ke konter HP, dan yang harus kamu perbaiki cukup tombolnya saja. Sedangkan untuk keluar dari mode fastboot, kamu bisa melakukannya sendiri dengan cara yang akan kita bahas setelah ini.

Jika yang diperbaiki adalah mode fastboot-nya saja tapi tidak dengan tombol yang error. Itu sama saja kamu buang-buang uang. Karena tombol yang error tersebut pastinya akan membuat Xiaomi kamu terus terusan masuk ke mode fastboot.


3. Masuk ke recovery mode

Saat kamu ingin masuk ke recovery mode untuk alasan apapun namun kombinasi tombol yang digunakan salah. Hal itu bisa menjadi sebab mengapa HP Xiaomi milikmu bisa masuk ke mode fastboot.

Perlu diperhatikan, untuk masuk ke mode recovery dan mode fastboot di Xiaomi itu berbeda. Cara yang benar untuk masuk ke mode fastboot di Xiaomi adalah dengan mematikan smartphone lalu tekan dan tahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan sampai kamu melihat tulisan "Fastboot", setelah itu lepaskan.


4. Masalah pada charger

Penyebab HP Xiaomi masuk ke fastboot yang berikutnya adalah karena ada kendala pada pengecasan, entah itu disebabkan oleh charger yang digunakan error ataupun adanya masalah pada pengecasan dari sistem.


5. Sistem Android error

Penyebab yang selanjutnya adalah karena sistem Android yang error. Hal ini terjadi ketika saat smartphone Xiaomi kamu sedang melakukan booting lalu terjadi kesalahan sehingga memaksanya untuk masuk kedalam mode fastboot.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, kamu harus mencoba terlebih dahulu cara keluar dari mode fastboot di Xiaomi. Apabila caranya tidak berhasil, mau tidak mau kamu harus membawanya ke konter HP, karena ini adalah masalah yang cukup serius.

Itulah beberapa penyebab HP Xiaomi yang masuk kedalam mode fastboot secara tidak sengaja.


Cara Keluar Dari Fastboot Xiaomi

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kita lanjut ke cara untuk mengeluarkan Xiaomi dari fastboot. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan tanpa PC.

Sebelum melanjutkan tutorial, pastikan tombol dari smartphone Xiaomi milikmu tidak ada yang rusak dan error karena semua cara dibawah ini kamu akan menggunakan beberapa kombinasi tombol.


Cara pertama:

Cara ini merupakan cara yang sebenarnya. Jika tidak ada kendala lain, cara ini pastinya  akan 100% berhasil untuk keluarkan Xiaomi dari mode fastboot. Berikut caranya:

• Dalam keadaan mode fastboot tekan dan tahan tombol power dan volume bawah.

• Setelah muncul logo Xiaomi, lepaskan.

• Selesai.

Jika cara diatas tidak berhasil, silahkan kamu coba lagi cara diatas namun dengan HP Xiaomi dalam keadaan mati.


Cara kedua:

Alternatif lain jika cara diatas tidak membuahkan hasil, silahkan gunakan cara dibawah ini: 

• Saat dalam mode fastboot, tekan tombol power selama kurang lebih 10 sampai 15 detik.

• Setelah itu tunggu sampai ponsel benar-benar mati.

• Jika sudah mati, sekarang tekan lagi tombol power sampai muncul logo Xiaomi lalu lepaskan.

• Selesai.


Cara ketiga:

• Dalam Xiaomi keadaan mode fastboot, tekan dan tahan tombol volume atas + volume bawah dan tombol power.

• Setelah itu tunggu sampai muncul logo Xiaomi, lalu lepaskan.

• Selesai.

Jika tidak berhasil, silahkan kamu coba lagi dengan HP dalam keadaan mati.


Baca Juga:

• Cara Menghapus Hot Apps Dan Hot Games Di HP VIVO

• Pengertian Dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Di Android


Itulah tiga cara keluar dari fastboot Xiaomi.

Ketiga cara diatas bisa kamu coba di beberapa hp Xiaomi misalnya Xiaomi 4a, Xiaomi 4x, Xiaomi Note 7, Xiaomi 5A, Xiaomi Redmi 3, Xiaomi Redmi Note 8, dan semua tipe HP Xiaomi bisa mencoba cara diatas. Karena jika caranya gagal sekalipun tidak akan berbahaya sama sekali.

Cukup sekian dari tutorialnya. Selamat mencoba dan semoga berhasil, terimakasih.


2 komentar:

  1. Mantap informasi nya kak.
    Jangan lupa kunjungi

    https://chipilmu.blogspot.com

    BalasHapus