Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Termux Installing Terus-Menerus


Cara Mengatasi Termux Installing Terus-Menerus

 Cara mengatasi Termux installing terus-menerus - Saat pertama kali membuka aplikasi Termux, kamu tidak akan langsung dibawa masuk kedalam terminal, Termux akan menginstal atau menyiapkan terlebih dahulu beberapa alat agar kamu bisa mengoperasikannya dengan lancar dan Termux juga siap untuk menerima serta mengeksekusi perintah yang kamu berikan.

Namun, sebagian orang sering mengalami masalah pada saat proses installing tersebut. Masalahnya yaitu proses installing yang tidak kunjung selesai. Hal itu membuat Termux tidak bisa dibuka dan hanya stuck atau mentok pada proses penginstalan itu.

Baca Juga:

• Cara Memperbarui Aplikasi Termux ke Versi Terbaru

• Cara Install Termux di Android 2022

Normalnya, proses install saat pertama kali ingin menggunakan aplikasi Termux tidaklah lama, apalagi jika sinyal yang digunakan dalam keadaan stabil, mungkin prosesnya tidak akan memakan waktu lebih dari 1 menit.

Nah, jika proses Installing di Termux memakan waktu yang sangat lama bahkan tidak selesai juga, itu berarti ada masalah yang terjadi dan harus segera kamu atasi. Sebelum bisa mengatasinya, kamu harus terlebih dahulu mengetahui penyebab kenapa aplikasi Termux tidak bisa dibuka dan hanya installing terus.

Adapun beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya aplikasi Termux installing terus yaitu:

1. Tidak kompatibel

Aplikasi Termux tidak kompatibel di perangkat Android yang kamu gunakan. Perlu kamu tahu, Termux hanya mendukung untuk digunakan di Android versi 7.0 (Nougat) dan diatasnya.

2. Paket penginstalan rusak

Jika kamu mendownload aplikasi Termux tidak melalui Play Store, periksa kembali file APK dari aplikasi Termux yang kamu download karena siapa tahu file tersebut tidak sempurna atau mengalami crash.

3. Sinyal tidak stabil

Saat proses installing di Termux, pastikan sinyal yang kamu gunakan stabil. Sinyal yang lemah bukan hanya membuat prosesnya lambat tapi bisa juga membuat gagal.

4. Penyimpanan tidak cukup / penuh

Saat menampilkan proses Installing, Termux sedang mengunduh beberapa add-on atau aplikasi pendukung tambahan lainnya dan proses tersebut akan memakan ruang penyimpanan. Jadi kamu harus memastikan bahwa ruang penyimpanan di Android kamu cukup untuk menampung data-data tersebut. Sisakan setidaknya 1GB ruang tersedia.

Mungkin hanya itu saja faktor terbesar yang sering jadi penyebab masalah loading lama pada saat installing Termux. Sedangkan untuk cara mengatasinya bisa kamu simak dibawah ini.

Cara Mengatasi Termux Installing Terus-Menerus

1. Hapus cache dan data aplikasi Termux

Pertama, kamu harus menghapus terlebih dahulu data dan cache yang sudah tersimpan di aplikasi Termux. Untuk menghapusnya kamu bisa mengunjungi Pengaturan > Pengelola aplikasi > Aplikasi Termux > Hapus data dan cache.

2. Copot pemasangan aplikasi Termux

Langkah selanjutnya adalah meng-uninstall aplikasi Termux. Untuk caranya sama seperti kamu menghapus aplikasi seperti biasanya. Atau kamu juga bisa menemukan opsi uninstall Termux dengan mengunjungi halaman yang sama seperti diatas.

3. Install ulang aplikasi Termux

Jika aplikasi Termux serta semua data dan cache-nya sudah berhasil di hapus tanpa ada yang tersisa, sekarang kamu install ulang aplikasi Termux. Kamu bisa melakukannya melalui Play Store atau dengan mendownload file instalasi aplikasinya.

4. Buka aplikasi Termux

Langkah terakhir, setelah aplikasi Termux terpasang, langsung saja kamu buka aplikasi tersebut dan lihat apakah masih berhenti diproses installing atau tidak. Semoga saja tidak!

5. Selesai

Cara diatas bisa memperbaiki bug dan kesalahan-kesalahan lain yang bisa saja membuat Termux hanya menampilkan porses installing saja saat pertama kali dijalankan. Dan semua data yang sebelumnya corrupt juga akan diganti dengan data yang baru.

Baca Juga:

• Cara Mengatasi Unable To Locate Package Termux Android

• Download Aplikasi Termux Versi Lama Lengkap

Itulah cara mengatasi aplikasi Termux installing terus-menerus. Semoga dengan cara diatas masalah pada aplikasi Termux di Android milikmu bisa teratasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Termux Installing Terus-Menerus"