Rabu, 04 Mei 2022

Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022


Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022

 Sebelum kita mulai tutorial cara mengaktifkan GUI di Termux Android, apakah sebelumnya kamu sudah mengetahui tentang pengertian GUI? Jika belum, admin akan menjelaskan sedikit tentang pengertiannya.

GUI (Graphical User Interface) merupakan jenis antar muka pengguna yang berbentuk gambar atau ikon, fungsinya sendiri adalah untuk memudahkan pengguna saat berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi.

Didalam tampilan GUI kamu akan melihat tampilan berupa ikon, menu, widget dan sebagainya. Ketika kamu ingin membuka sebuah aplikasi, maka kamu tinggal menyentuh ikon dari aplikasi tersebut tanpa perlu mengetikan sebuah perintah.

Baca Juga:

• Cara Menampilkan Tombol Kanan Kiri Pada Termux Versi Terbaru

• Download Aplikasi Termux Float Gratis Dan Cara Menggunakannya

Sedangkan aplikasi Termux sendiri masih berbasis CLI (Command Line Interface) atau aplikasi berbasis CLI yang artinya dimana semua aktivitas yang ingin kamu lakukan didalam aplikasi tersebut harus menggunakan sebuah perintah.

Namun, ternyata kamu juga bisa mengaktifkan GUI di Termux melalui server VNC dengan mudah bahkan tanpa root sekalipun. Dengan begitu kamu bisa mengubah tampilan Termux ke GUI dan kamu bisa mengoperasikan aplikasi Termux sepeti aplikasi-aplikasi pada umumnya.


Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022

Buat kamu yang sudah penasaran bagaimana rasanya menjalankan GUI di aplikasi Termux Android, silahkan ikuti langkah-langkah seperti berikut ini:


1. Langkah pertama adalah download dan install terlebih dahulu aplikasi yang bernama VNC Viewer - Remote Desktop. Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store. 


2. Buka aplikasi Termux di HP Android kamu masing-masing.


3. Untuk menginstall semua bahan yang diperlukan, jalankan beberapa perintah dibawah ini satu-persatu.

$ pkg update && pkg upgrade

$ pkg install x11-repo

$ pkg install tigervnc

$ pkg install libuuid


4. Sekarang kita jalankan server VNC dengan perintah:

$ vncserver


5. Saat pertama kali menjalankan server VNC kamu akan disuruh untuk membuat password terlebih dahulu. Ingat password yang kamu buat karena nantinya password tersebut akan dibutuhkan. Apabila kamu ingin mengganti password gunakan perintah:

$ vncpasswd


6. Selanjutnya jalankan perintah:

$ export DISPLAY=":1"


7. Sekarang kamu keluar terlebih dahulu dari aplikasi Termux kemudian buka aplikasi VNC Viewer yang sudah kamu download tadi.


8. Didalam aplikasi tersebut, tap ikon plus (+) yang berwarna hijau.

Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022


9. Selanjutnya kamu akan disuruh mengisi kolom Address dan Name. Untuk Address silahkan kamu isi dengan 127.0.0.1:5901, untuk kolom Name kamu bisa isi bebas sesuai keinginan. Jika keduanya sudah di isi, tap "Create".

Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022


10. Jika berhasil, kamu akan melihat daftar VNC yang baru kamu buat tadi. Silahkan tap VNC tersebut.

Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022


11. Dihalaman selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukan password, silahkan kamu masukan password yang kamu buat di Termux tadi. Jika sudah tap "Continue".

Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022


12. Selesai.

Baca Juga:

• Cara Menampilkan Jam Digital Di Termux Android

• Cara Membuat Login Keren di Termux Android

Sampai sini kamu sudah berhasil mengaktifkan GUI di Termux milikmu. Jika kamu hanya melihat layar dengan warna background hitam saja itu hal yang wajar karena kamu belum menginstall dan menggunakan package atau script yang dapat dijalankan pada antarmuka GUI.

Untuk menghentikan server VNC caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetikan perintah:

$ vncserver -kill :1

Itulah cara mengaktifkan GUI di Termux Android 2022. Dengan begitu sekarang kamu sudah bisa menggunakan Termux dalam antarmuka GUI dan tidak perlu lagi menggunakan perintah untuk melakukan tugas tertentu.

Cukup sampai disini saja untuk tutorial kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar