Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi


Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi

 Cara kompres foto lewat HP Android tanpa aplikasi - Bagi kamu yang masih tidak tahu arti dan maksud dari kompres foto, kompres foto adalah salah satu hal yang dapat kamu lakukan jika ingin mengurangi atau mengecilkan ukuran sebuah foto.

Takutnya kamu keliru, ukuran foto yang dimaksud ini adalah ukuran datanya, bukan ukuran fisiknya. Untuk ukuran fisiknya seperti tinggi dan lebar foto akan tetap sama meskipun sudah dikompres. Misalnya kamu memiliki foto berukuran 200kb dan setelah dikompres maka ukurannya akan turun bahkan bisa menjadi puluhan kb saja.

Ada manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengetahui cara mengkompres foto lewat HP. Selain membuat foto jadi lebih ringan, itu juga bisa membuat penyimpanan di HP Android kamu lebih lega. Tentunya ini sangat cocok untuk kamu yang penyimpanannya sudah penuh tapi tidak ingin menghapus apapun. Kamu tinggal kompres saja semua foto tersebut melalui HP Android milikmu.

Baca Juga:

• Cara Kompres Video Di Android Tanpa Aplikasi Dan Dengan Aplikasi

• Cara Menghapus Background Foto Tanpa Aplikasi

Ada beberapa alat kompres foto gratis yang mampu mengecilkan ukuran foto tetapi tidak akan mengurangi kualitas dari gambar fotonya. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir lagi foto kamu menjadi rusak, patah-patah, kabur, pecah, buram ataupun gambarnya tidak jelas setelah dikompres.

Ada banyak cara untuk kompres foto di Android yang dapat digunakan secara online tanpa aplikasi maupun dengan aplikasi. Namun pada artikel ini admin akan membagikan tutorial yang tanpa aplikasi.

Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi

Disini kita akan kompres file foto di HP Android menggunakan situs bernama TinyJPG. Situs ini merupakan situs terbaik yang paling banyak digunakan untuk mengompres foto. Buat kamu yang sedari dulu sudah mengetahui tentang kompres foto, mungkin kamu sudah familiar dengan nama situs ini.

Sebelum membahas tutorialnya, mungkin kamu ingin mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dari situs kompres foto TinyJPG:

• Bisa kompres foto tanpa mengurangi kualitas.

• Bisa untuk kompres foto dalam jumlah banyak sekaligus.

• Gratis.

• Simpel dan mudah digunakan.

Itulah beberapa alasan kenapa harus menggunakan TinyJPG.

Apabila sudah penasaran dengan caranya, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah tutorial selengkapnya.

Cara kompres foto lewat HP tanpa aplikasi menggunakan situs TinyJPG:

1. Pertama, buka aplikasi browser di HP kamu masing-masing.

2. Didalam browser, kunjungi situs TinyJPG melalui alamat tinyjpg.com.

3. Pada tampilan awal situs tersebut tap ikon berbentuk kotak yang didalamnya berisi tulisan Drop your WebP.

3. Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi

4. Setelah itu pilih foto yang ingin dikompres. Kamu juga bisa mengkompres banyak foto sekaligus dengan cara menandainya. Selesai memilih foto, tap Pilih.

4. Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi

5. Tunggu proses kompresnya hingga selesai. Setelah selesai kamu bisa langsung mendownload foto-foto yang sudah dikompres dengan tap Download all.

5. Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi

6. Selesai mendownload, kamu tidak akan langsung melihat foto-foto tersebut di HP kamu karena yang didownload tadi adalah sebuah folder yang dikompres dengan ZIP dan foto kamu tersimpan didalamnya. Jadi, untuk melihatnya kamu harus mengekstraknya. Caranya mudah, masuk ke File manager / Pengelola file di Android kamu lalu buka folder Download.

7. Didalam folder Download kamu akan menemukan file bernama tinified.zip. Silahkan kamu ekstrak file tersebut.

7. Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi

8. Setelah diekstrak, kamu akan melihat folder baru bernama tinified. Nah, semua foto kamu yang dikompres oleh TinyJPG tersimpan didalam folder tersebut. Untuk melihatnya kamu tinggal membuka foldernya saja.

8. Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi

9. Selesai.

Apakah sampai disini kamu sudah paham tentang tutorial kompres foto tanpa aplikasi lewat Android? Jika sudah, sekarang kamu bisa bandingkan sendiri ukuran dari foto yang sudah dikompres dengan foto aslinya atau foto sebelum dikompres, pasti ukurannya akan berbeda.

Baca Juga:

• Cara Menyalin Tulisan Di Foto Dengan Mudah Di Android

• Cara Membuat Foto Menjadi Blur Tanpa Aplikasi

Sebenarnya, selain untuk Android, situs TinyJPG juga bisa digunakan untuk kamu yang menggunakan perangkat lain, misalnya seperti iPhone, laptop, ataupun komputer. Mungkin caranya saja yang akan berbeda dan cara diatas admin buat khusus untuk pengguna perangkat Android.

Itulah pembahasan mengenai cara kompres foto lewat HP Android tanpa aplikasi tambahan. Cukup sampai disini saja pembahasan pada artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga tutorialnya bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Kompres Foto Lewat HP Android Tanpa Aplikasi"