Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android


Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

 Cara mematikan hotspot secara otomatis di HP Android bisa kamu lakukan dengan mudah karena kebanyakan smartphone sudah memiliki fitur yang memungkinkan hal itu. Selain dapat menghemat data hotspot, fitur ini juga bisa membuat baterai tetap hemat karena ketika hotspot aktif, itu bisa menguras daya baterai.

Hotspot digunakan untuk membagikan data atau jaringan internet dari satu perangkat ke perangkat lain, seperti ponsel, komputer, laptop dan perangkat lainnya. Perangkat lain bisa menggunakan jaringan itu untuk mengakses internet dengan menghubungkannya terlebih dahulu menggunakan jaringan Wi-Fi. Oleh karena itulah hotspot biasa disebut juga dengan Hotspot Wi-Fi.

Pada dasarnya, mengaktifkan dan menonaktifkan hotspot di HP Android bisa dilakukan dengan sangat mudah meskipun dengan cara manual. Namun kini fitur-fitur didalam hotspot sudah semakin canggih lagi, salah satu contohnya kamu bisa mematikan hotspot otomatis untuk dibeberapa kondisi tertentu.

Baca Juga:

• Cara Membatasi Pengguna Hotspot di HP Android

• Apakah Mode Pesawat Bisa Menghemat Baterai HP? Berikut Jawabannya

Biasanya, ada 2 fitur yang dapat kamu gunakan untuk menonaktifkan hotspot secara otomatis di Android. Fitur yang pertama ialah membatasi penggunaan data hotspot dan yang kedua adalah berdasarkan waktu yang dipilih ketika sudah tidak ada yang terhubung.

Kedua caranya akan admin bagikan disini. Untuk kamu semua pengguna Android merk apapun misalnya VIVO, Oppo, Samsung, Xiaomi, dan merk-merk HP lainnya, kamu tetap bisa mencoba cara ini karena barangkali di HP kamu sudah ada salah satu fitur untuk matikan hotspot di Android dengan otomatis.

Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

Seperti yang sudah admin katakan diatas bahwa ada 2 cara untuk memutuskan jaringan hotspot otomatis di HP Android. Dan kedua cara itu akan admin bahas disini.

1. Mematikan hotspot otomatis dengan membatasi penggunaan data seluler

Dengan fitur ini hotspot akan mati sendiri ketika sudah mencapai batas data seluler yang kamu inginkan. Kamu bisa membatasi jumlah maksimal data hotspot untuk setiap pengguna yang menggunakannya. Untuk jumlah batas datanya bervariasi, kamu bisa memilihnya disana.

Daripada penasaran, langsung saja kamu lihat tutorialnya dibawah ini.

1. Buka menu pengaturan di HP Android kamu masing-masing.

2. Didalam pengaturan, tap opsi "Jaringan & koneksi lainnya".

2. Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

3. Dihalaman selanjutnya kamu pilih opsi "Hotspot pribadi".

3. Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

4. Sekarang kamu sudah berada didalam pengaturan hotspot HP Android. Untuk membatasi data hotspot, tap opsi "Batas penggunaan data seluler satu kali".

4. Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

5. Selanjutnya kamu tinggal memilih batas jumlahnya. Jika di HP admin sendiri, batas yang paling kecil adalah 50MB dan yang paling besar adalah 500MB. Kamu juga bisa mengatur jumlahnya sendiri dengan memilih opsi "Khusus", kemudian masukan jumlah yang diinginkan.

5. Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

6. Selesai.

Untuk penggunaan pertama biasanya hotspot tidak akan mati meskipun sudah mencapai batasnya, tapi hanya di tunda sambil menunggu keputusan dari kamu. Kamu akan menerima sebuah notifikasi untuk menghentikan hotspot atau tetap melanjutkannya.

Didalam notifikasi itu biasanya ada pilihan untuk mematikan hotspot otomatis pada kemudian waktu. Jadi hotspot akan langsung dimatikan ketika sudah mencapai batas data tanpa perlu menunggu persetujuan dari kamu lagi.

2. Mematikan hotspot secara otomatis saat tidak ada yang tersambung

Menggunakan fitur ini akan membuat jaringan hotspot otomatis mati dalam waktu tertentu sesaat setelah sudah tidak ada yang terhubung atau tersambung. Waktu hotspot-nya bisa kamu tentukan sendiri. Untuk tutorial lengkapnya seperti dibawah ini.

1. Langkah pertama, kunjungi pengaturan hotspot di Android kamu masing-masing, caranya sama seperti langkah 1 sampai 3 di cara diatas.

2. Selanjutnya kamu tap opsi "Matikan hotspot secara otomatis saat tidak ada koneksi yang dibuat".

2. Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

3. Sekarang kamu tinggal memilih batas waktu hotspot untuk dimatikan otomatis. Disana ada 4 pilihan, yaitu 5, 10, 30 dan 60 menit atau 1 jam. Silahkan kamu pilih salah satunya.

3. Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android

4. Selesai.

Dengan fitur ini kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mematikan hotspot Android ketika sudah tidak ada yang menggunakannya karena kamu sudah mengatur waktu kapan koneksi hotspot itu dinonaktifkan.

Baca Juga:

• 5 Smartphone Terbaik Yang Sudah Mendukung Jaringan 5G Dan Spesifikasinya

• Cara Menampilkan Kecepatan Jaringan di HP VIVO 2022

Itulah 2 cara mematikan hotspot secara otomatis di HP Android yang bisa dilakukan tanpa aplikasi tambahan dan tanpa root HP juga. Jika masih ada yang tidak kamu pahami tentang tutorial yang admin bagikan diatas dan sekiranya kamu butuh bantuan, kamu boleh bertanya melalui kolom komentar dibawah.

Cukup sekian untuk artikel kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mematikan Hotspot Secara Otomatis di HP Android"