Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Tema dan Font di Aplikasi Termux


Cara Mengubah Tema dan Font di Aplikasi Termux

 Mungkin tidak akan ada habisnya jika kita berbicara tentang memodifikasi tampilan didalam aplikasi Termux. Sebab, kita bisa mengubah tampilan Termux sedemikian rupa termasuk dari segi mengubah tema dan font (gaya huruf) didalamnya.

Untuk cara mengubah tema dan font di aplikasi Termux memiliki cara yang berbeda-beda, entah menggunakan script, menggunakan aplikasi Termux Styling, atau menggantinya dengan cara manual. Dan untuk hasil tampilannya pun tentu akan berbeda juga. Kamu bisa memilih salah satu cara yang hasil tampilannya sangat sesuai dengan selera kamu.

Nah, untuk tutorial yang akan admin bagikan disini yaitu menggunakan salah satu script tema Termux yang diambil dari GitHub. Didalam script ini ada banyak pilihan tema dan font Termux dengan warna yang berbeda-beda.

Tentunya, untuk kamu yang seharinya-harinya sering menggunakan aplikasi Termux, lama-kelamaan kamu akan merasa bosan dengan tampilannya yang hanya menampilkan tulisan berwarna putih dengan background hitam.

Baca Juga:

• Cara Merubah Prompt Atau Tanda $ Dollar Di Termux Dengan Mudah

• Cara Menghapus Teks Welcome Di Termux Dengan Mudah

Oleh karena itu, di artikel ini admin ingin membagikan cara ubah tema dan font di Termux yang tujuannya adalah untuk membantu kamu mengatasi rasa bosan terhadap tampilan aplikasi Termux bawaan yang terkesan kaku.

Selain itu, seperti apa yang sudah admin katakan diatas bahwa setiap script font dan tema di Termux memberikan tampilan atau nuansa yang berbeda-beda antara satu sama lain. Nah, siapa tahu di script yang akan admin bagikan ada tema dengan tampilan yang selama ini kamu cari-cari.

Jika kamu ingin tahu lebih lanjut bagaimana tutorialnya, silahkan simak terus artikel ini sampai selesai agar kamu lebih mudah untuk memahaminya.

Cara Mengubah Tema dan Font di Aplikasi Termux

Jika dipikir-pikir, untuk mengubah font maupun tema di aplikasi Termux Android terdengar rumit dan tidak mudah. Memang tidak mudah jika kamu melakukannya secara manual, namun jika menggunakan sebuah script, percayalah caranya akan lebih gampang.

Dan menurut admin tutorial yang akan admin bagikan disini termasuk yang gampang atau mudah. Agar tidak penasaran, kamu bisa langsung mencobanya saja.

1. Buka aplikasi Termux di HP Android kamu masing-masing.

2. Didalam aplikasi Termux, jalankan beberapa perintah dibawah ini satu-persatu untuk install semua paket yang dibutuhkan.

$ apt-get update

$ apt-get upgrade

$ pkg install git

3. Jika semua perintah diatas sudah berhasil dijalankan, sekarang kita cloning tools tema dan font dari GitHub ke Termux dengan perintah berikut:

$ git clone https://github.com/adi1090x/termux-style.git

4. Selanjutnya kamu masuk kedalam direktori script tersebut dan merubah hak aksesnya dengan perintah:

$ cd termux-style

$ chmod +x install

$ ./install

5. Jika proses penginstalan script sudah selesai, sekarang saatnya kamu menjalankan script tersebut menggunakan perintah:

$ termux-style

6. Jika semua perintah yang kamu lakukan diatas berhasil, maka kamu akan langsung melihat tampilan awal scriptnya seperti gambar dibawah ini, dan disana kamu sudah bisa menggunakannya.

6. Cara Mengubah Tema dan Font di Aplikasi Termux

7. Jika ingin mengubah tema, masukan huruf C lalu enter. Setelahnya kamu akan melihat kumpulan tema Termux. Silahkan kamu pilih salah satu tema yang ingin digunakan di aplikasi Termux milikmu dengan memasukan angka dari thema Termux tersebut. Dan setelahnya tema yang kamu pilih akan diterapkan.

7. Cara Mengubah Tema dan Font di Aplikasi Termux

Sedangkan untuk mengubah font, masukan huruf F lalu enter. Selanjutnya kamu akan melihat kumpulan font Termux siap pakai. Dan disana ada juga font khas dari salah satu distro Linux, yaitu Ubuntu. Silahkan pilih salah satu font yang ingin kamu gunakan dengan memasukan angka dari daftar font tersebut lalu enter. Selanjutnya kamu hanya perlu menunggu proses penerapan font sampai berhasil.

7. Cara Mengubah Tema dan Font di Aplikasi Termux

8. Apabila penerapan tema ataupun font sudah dinyatakan berhasil oleh script namun tidak terjadi perubahan apapun, untuk mengatasinya gunakan perintah berikut:

$ termux-reload-settings

$ exit

Sekarang buka lagi aplikasi Termux di Android kamu dan lihat hasilnya.

9. Selesai.

Itu dia tutorial mengubah tema dan font di Termux. Apabila suatu saat nanti kamu bosan dengan tampilan itu dan ingin mengembalikan lagi ke bawaan, kamu bisa melihat cara merubah tampilan Termux ke bawaan.

Baca Juga:

• Cara Menampilkan Logo Distro Linux Di Termux Android

• Cara Membuat Teks ASCII Di Termux

• Cara Mengaktifkan GUI di Termux Android 2022

Dengan menggunakan tutorial diatas, sekarang tampilan aplikasi Termux kamu terutama dari segi tema dan font terlihat lebih menarik, keren, dan seperti hacker profesional.

Mungkin cukup sampai disini saja bahasan mengenai cara mengubah tema dan font di aplikasi Termux. Apabila kamu mengalami kendala atau kesulitan saat sedang mempraktekan cara diatas, jangan sungkan untuk menanyakan keluhan kamu melalui kolom komentar dibawah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengubah Tema dan Font di Aplikasi Termux"