Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas


Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

 Penyebab dan cara mengatasi HP VIVO cepat panas - Sebagian orang menganggap bahwa suhu panas yang dikeluarkan pada sebuah smartphone merupakan hal yang wajar apalagi setelah digunakan untuk bermain game atau melakukan aktifitas berat yang lainnya seperti mendownload file, browsing, streaming video dengan resolusi tinggi, dan sebagainya.

Tapi sayangnya, kadang pengguna tidak bisa membedakan bahwa panas yang dikeluarkan merupakan panas yang wajar atau tidak, jika kamu menggunakan HP VIVO milikmu untuk aktifitas yang ringan-ringan saja namun panas yang ditimbulkan tidak sesuai atau lebih dari apa yang kamu kerjakan, itu bisa disebut tidak wajar.

Jika panas di HP VIVO kamu tidak segera diatas, hal ini bisa saja membuat HP kamu mati karena mengalami yang namanya over heat atau panas berlebih. Oleh karena itu, disini admin akan memberikan informasi terkait penyebab dan cara mengatasi HP VIVO yang cepat panas.

Baca Juga: Cara Membersihkan Sampah di HP VIVO 2022

Suhu panas yang ditimbulkan pada sebuah smartphone baik itu smartphone VIVO ataupun smartphone Android lainnya tidak hanya berasal dari CPU (Central processing unit) saja, namun suhu panas juga bisa ditimbulkan oleh komponen lain seperti baterai, layar HP atau bagian mesin lainnya. Maka tidak heran lagi jika HP yang panas akan disertai juga dengan baterai cepat habis.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa saja yang menyebabkan HP VIVO panas dan juga beberapa cara untuk mengatasinya, silahkan simak lebih lanjut artikel ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

Umumnya untuk atasi HP VIVO panas bisa dilakukan dengan sangat mudah sekali tapi dengan syarat tidak ada satupun komponen yang bermasalah dari HP tersebut. Dalam arti lain HP tersebut panas karena memang digunakan untuk aktifitas yang lumayan berat.

Namun sebelum kamu mengetahui cara mengatasi HP VIVO yang cepat panas, kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa penyebab yang membuatnya menjadi seperti itu. Adapun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab HP VIVO Cepat Panas

1. Kebiasaan menggunakan HP saat di Charger

Selain dapat merusak dan memperpendek umur baterai, kebiasaan kamu yang tidak bisa lepas dari smartphone meskipun sedang di-cas juga dapat membuat HP VIVO cepat panas. Namun jika kondisinya HP VIVO panas saat di-charger padahal kamu tidak menggunakannya, mungkin charger yang kamu gunakan bukan charger bawaan atau charger ori. Maka dari itu kamu harus menggunakan charger bawaan saja saat ingin mengisi daya.

2. Terlalu sering bermain game dalam waktu yang lama

Ketika kamu menggunakan HP VIVO untuk bermain game dalam waktu yang sangat lama, bukan tidak mungkin hal itu akan membuat HP VIVO jadi cepat panas. Belum lagi jika game-game yang dimainkan adalah game dengan grafik atau resolusi tinggi yang pastinya akan membuat CPU bekerja dengan sangat ekstra.

3. HP sering terkena paparan sinar matahari

Sinar matahari bisa menjadi salah satu faktor penyebab HP jadi panas, jadi kamu harus menghindari menggunakan HP saat sedang berada diluar ruangan atau ditempat yang membuat kamu terpapar sinar matahari secara langsung. Agar HP VIVO tidak panas, kamu bisa menyimpannya di tempat yang sejuk dan memiliki sirkulasi udara yang baik, misalnya di meja, jendela, atau didekat ventilasi udara. Hindari menyimpan HP ditempat yang membuat suhu panas tidak bisa disebar, contohnya seperti disaku celana dan ditempat tidur.

4. Berada ditempat yang minim sinyal

Saat kamu sedang berada di lokasi yang susah untuk mendapatkan sinyal, maka HP kamu harus bekerja ekstra untuk mencari sinyal dan berusaha untuk menstabilkan sinyal tersebut. Proses ini tentu akan menyebabkan smartphone VIVO kamu cepat panas.

5. Masalah pada baterai

Baterai yang bermasalah tidak bisa menjalankan fungsi yang semestinya dan hal ini akan berdampak juga ke komponen lain sehingga bisa membuat suhu HP VIVO kamu meningkat. Satu-satunya solusi untuk mengatasi hal ini hanyalah dengan mengganti baterai. Gunakanlah baterai yang berkualitas dan lebih baik lagi jika menggunakan baterai ori meskipun harganya lebih mahal.

Itulah beberapa penyebab HP VIVO cepat panas yang sangat sering terjadi. Namun apabila suhu di HP VIVO yang kamu gunakan sudah terlanjur panas, kamu bisa mengatasinya dengan mencoba beberapa cara dibawah ini.

Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

Adapun beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi HP VIVO yang cepat panas diantaranya sebagai berikut:

1. Diamkan HP VIVO saat sedang panas

Saat HP VIVO sedang panas, ada baiknya jika kamu membiarkannya terlebih dahulu. Jika kebiasaan menggunakan HP saat panas kamu lakukan secara terus-menerus, maka akibatnya HP VIVO kamu menjadi lebih mudah panas dari biasanya.

2. Matikan HP

Jika ingin lebih cepat lagi untuk mendinginkan atau menurunkan panas di HP VIVO kamu bisa melakukannya dengan mematikan HP tersebut kemudian membiarkannya untuk beristirahat terlebih dahulu sampai suhunya kembali menurun atau normal.

3. Hentikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang

Setelah selesai menggunakan aplikasi, kita sering kali lupa untuk menutup atau menghentikan aplikasinya agar tidak berjalan di latar belakang. Nah, jika kamu ingin HP VIVO tidak cepat panas, mulai dari sekarang kamu harus menghindari kebiasaan tersebut.

4. Matikan data internet, GPS, Bluetooth, WiFi dll.

Selain menutup aplikasi, menutup layanan seperti data internet, GPS, Bluetooth, WiFi dan layanan konektivitas lainnya pun tidak kalah penting dilakukan untuk mengatasi HP VIVO cepat panas. Jika kamu ingin HP VIVO kamu tidak cepat panas, maka kamu harus menutup beberapa layanan tersebut setelah selesai menggunakannya, terutama untuk layanan-layanan yang membutuhkan koneksi internet.

5. Nonaktifkan penggunaan daya di latar belakang tinggi

Di HP VIVO saat ada aplikasi yang berjalan di latar belakang dan aplikasi tersebut mengonsumsi daya cukup tinggi, biasanya kita akan diberi sebuah notifikasi peringatan untuk segera menghentikan aplikasi tersebut. Jika kamu sudah menerima notifikasi seperti ini, segeralah untuk menutup aplikasinya.

6. Nonaktifkan mulai otomatis aplikasi di HP VIVO

Ada beberapa aplikasi yang bisa berjalan secara otomatis setelah kita menghidupkan HP ataupun data internet, aplikasi itu bisa berjalan otomatis meskipun kita tidak membukanya. Jika kamu merasa aplikasi-aplikasi itu tidak penting dan hanya akan membuat HP VIVO panas saja, kamu boleh untuk menonaktifkan mulai otomatis aplikasi tersebut.

7. Lepas softcase/hardcase

Softcase atau casing yang kamu gunakan untuk meminimalisir kerusakan yang akan terjadi yang disebabkan benturan ketika HP kamu terjatuh, justru bisa menyulitkan HP untuk mendisipasi panas sehingga proses penurunan panas akan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Maka kamu harus melepas softcase tersebut ketika HP kamu sedang panas.

8. Menggunakan fitur pendingin di HP VIVO

Tahukah kamu bahwa dibeberapa smartphone VIVO keluaran terbaru ada fitur bawaan untuk mendinginkan atau menurunkan suhu panas. Selain untuk menurunkan suhu panas, fitur ini juga bisa kamu gunakan untuk cek suhu di HP VIVO.

Cara kerja dari fitur pendingin di HP VIVO ini yaitu menghentikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang dan melakukan hal lainnya yang berkaitan dengan pengaturan suhu. Berikut ini adalah cara atasi HP VIVO cepat panas menggunakan fitur pendingin suhu bawaan:

1. Buka aplikasi iManager di HP VIVO kamu masing-masing.

2. Setelah didalam aplikasi iManager silahkan kamu pilih "Alat Utilitas".

Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

3. Dihalaman selanjutnya kamu pilih opsi "Penuruan suhu telepon".

Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

4. Selanjutnya kamu tunggu sampai proses pengecekan suhu di HP VIVO hingga selesai.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

5. Jika sudah, kamu tinggal tap "Penuruan suhu dengan sekali ketuk".

Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

6. Sekarang proses mendinginkan suhu panas HP VIVO kamu akan dimulai. Kamu hanya perlu menunggunya saja sampai selesai.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas

7. Selesai.

Baca Juga: Fungsi dan Cara Menggunakan EasyShare di HP VIVO

Kamu bisa mempraktekkan cara diatas di HP VIVO Y12, V5, V19, Y91, S1, Y20, S1 pro, V23, Y53, Y21s dan beberapa tipe HP VIVO lainnya yang sudah dibekali dengan fitur pendingin suhu bawaan. Biasanya, jika HP VIVO milikmu sudah dibekali dengan fitur ini, kamu akan menerima sebuah notifikasi apabila suhu di HP kamu cukup tinggi atau tidak normal.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi HP VIVO cepat panas. Cukup sampai disini saja untuk tutorial kali ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Penyebab dan Cara Mengatasi HP VIVO Cepat Panas"