Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

VPN : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja Serta Kekurangan Dan Kelebihan VPN


VPN : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja Serta Kekurangan Dan Kelebihan VPN

Pengertian VPN

Virtual Private Network atau VPN Adalah sebuah teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat terhubung dengan jaringan public dan menggunakannya agar bisa bergabung dengan jaringan local.

Walaupun menggunakan jaringan public, dengan menggunakan VPN pengguna akan mendapatkan hak dan pengaturan yang sama seperti halnya berada di dalam jaringan local itu sendiri.

VPN merupakan cara aman untuk melakukan transmisi data secara pribadi, keamanan berkomunikasi, serta pertukaran data agar tidak ada penyusup yang bisa masuk kedalam lalu lintas jaringan yang tidak seharusnya.

Baca Juga:



Cara Kerja Dan Fungsi VPN

VPN berfungsi untuk membuat koneksi jaringan yang aman, data yang masuk dan keluar akan dilindungi oleh enkripsi dari VPN yang kita gunakan.

VPN memungkinkan kita untuk mengakses semua situs secara pribadi, semua akses web yang kita lakukan akan melewati server VPN terlebih dahulu.

Saat kita mengakses sebuah web menggunakan koneksi VPN maka artinya kita menggunakan DNS dan IP dari server VPN tersebut, sehingga IP dari komputer atau smartphone yang kita gunakan saat mengakses browser tidak akan di ketahui oleh siapapun bahkan oleh penyedia layanan jaringan sendiri.


Manfaat VPN

1. Keamanan

VPN menggunakan tunel di jaringan public ditambah dengan enkripsi dari setiap pengiriman data, hal ini membuat kita bisa berselancar dengan bebas dan aman di internet tanpa di ketahui orang lain.

2. Remote Control

VPN bisa di jadikan sebagai remote control untuk perangkat kita yang ada di tempat lain dengan syarat perangkat tersebut masih terhubung dengan jaringan internet.

3. Mempercepat download

VPN akan membuatkan kita tunnel pada jaringan public sehingga tidak ada intervensi dari jaringan public lain. Tentunya hal itu akan membuat kecepatan download menjadi lebih meningkat.

4. Melindungi privasi online

VPN adalah jaringan pribadi yang aman. seperti yang sudah kita bahas di atas, semua data yang di kirimkan akan terenkripsi jika kita menggunakan VPN, sehingga kita menjadi lebih aman dari penyusupan dan pembobolan password maupun akun-akun penting lainnya.

5. Membuka situs web yang diblokir

Beberapa situs yang terblokir biasanya adalah situs yang melanggar aturan, kamu masih bisa membuka situs yang di blokir tersebut dengan bantuan VPN, namun kita harus tetap bijak dalam memanfaatkan VPN.


Contoh VPN

VPN terbaik untuk PC/Komputer :

1. NordVPN
2. ExpressVPN
3. Surfshark
4. CyberGhost
5. PrivateVPN
6. VyprVPN
7. IPVanish
8. Private Internet Acces
9. Zenamate
10. hide.me

VPN terbaik untuk Android :

1. Turbo VPN
2. TunnelBear: Internet Securty VPN and IP Blocker
3. SuperVPN Free VPN Client (Aplikasi VPN Tercepat)
4. Thunder VPN
5. Cloudflare 1.1.1.1

Itulah beberapa contoh VPN terbaik untuk PC, Komputer, dan Smartphone.


Jenis Jenis VPN

VPN memiliki beberapa jenis dengan fungsi yang tentunya berbeda, berikut ini 5 jenis VPN yang biasa digunakan dan pengertian singkatnya.

1. VPN PPTP

VPN PPTP merupakan kependekan dari Point-to-Point Tunneling Protocol (Protokol Kanalisasi Titik ke Titik). VPN ini memiliki fungsi untuk pengguna jarak jauh yang ingin menghubungkan perangkat mereka agar bisa tersambung dengan koneksi VPN melalui jaringan internet yang sudah ada. VPN jenis ini biasa digunakan untuk penggunaan pribadi maupun bisnis.

2. VPN Situs ke Situs

VPN Situs ke Situs atau dikenal juga dengan VPN Router-ke-Router. VPN ini biasa digunakan oleh perusahaan untuk menyambungkan jaringan dari satu kantor ke kantor lainnya agar jaringan yang digunakan tetap private dan aman dari penyusup.

3. VPN Hybird

VPN Hybird juga biasa di gunakan oleh perusahaan-perusahaan, VPN ini memungkinkan kita untuk mengakses situs pusat melalui situs jauh.
Dengan menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi wajar saja jika VPN ini memiliki harga yang agak mahal.

4. VPN MPLS

VPN MPLS (Multi Protocol Label Switching) berfungsi untuk membuat jalur private dari satu node ke node lain di dalam jaringan public untuk berkomunikasi antar satu komputer ke komputer lain.

5. SSL dan TLS

TLS (Transport Layer Security) dan SSL (Secure Sockets Layer) merupakan jenis keamanan digital yang memperbolehkan komunikasi untuk dienkripsi antara website dan web browser.


Kekurangan VPN

Dibalik manfaat dan kelebihan VPN, ada juga beberapa kekurangan yang dimiliki oleh VPN, diantaranya adalah:

1. Koneksi yang tidak stabil.

2. Beresiko terkena blokir oleh beberapa jasa yang tidak mengizinkan penggunaan VPN.

3. Sulit untuk melihat kualitas dari enkripsi yang di berikan VPN.

4. Koneksi VPN yang tiba-tiba terputus yang membuat kita terlepas dari perlindungan apapun.

5. Pencurian data pribadi oleh penyedia layanan VPN yang tidak bertanggung jawab.


Meskipun VPN memiliki banyak kelebihan dan manfaat tetapi kita juga harus pintar memilih VPN yang sesuai dan aman untuk kita gunakan dan sebagai pengguna kita juga harus menggunakan VPN dengan bijak.

Itulah beberapa materi VPN.
Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "VPN : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Cara Kerja Serta Kekurangan Dan Kelebihan VPN"