Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Nama File di Termux


Cara Mengganti Nama File di Termux

 teknoinfo09 - Pada dasarnya aplikasi Termux merupakan sebuah jembatan penghubung antara user (pengguna) dengan perangkat Android miliknya. Dengan ini kamu juga bisa mengelola berkas-berkas yang tersimpan di perangkat Android milikmu.

Itu artinya, didalam Termux kamu juga bisa mengganti nama file dan folder, menghapus, membuat, memindahkan, menyalin, mencari script dan sebagainya. Namun untuk memerintahkan perangkat menjalankan tugas yang kamu minta melalui Termux, kamu harus menggunakan baris perintah.

Baca Juga:

• 2 Cara Download File di Termux Dengan Mudah & Cepat

• Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux

Hal umum yang sering dilakukan oleh user Termux namun mereka jarang sekali mengetahui perintahnya adalah pada saat ingin mengganti nama file atau folder di Termux.

Padahal, cara mengubah nama file maupun folder di aplikasi Termux itu sangat mudah sekali. Tapi buat kamu yang belum dan ingin mengetahui bagaimana caranya, silahkan simak di artikel ini.


Cara Mengganti Nama File di Termux

Mengganti nama folder maupun file sangat bermanfaat sekali bagi kamu yang baru-baru belajar Termux karena ada beberapa file script yang namanya itu cukup ribet untuk ditulis saat kamu ingin menjalankan atau mengelola script tersebut di Termux. Tentu kemungkinan dari kesalahan penulisan perintahnya akan besar.

Jadi untuk memudahkan kamu saat ingin memasukan nama file didalam sebuah perintah yang ingin kamu jalankan, kamu bisa mengganti nama dari file tersebut dengan nama yang lebih simpel, dan perintah yang akan kamu gunakan untuk mengelola file/folder tersebut juga akan menjadi lebih simpel. Kamu bisa ganti namanya langsung didalam Termux. Untuk cara dan perintahnya sebagai berikut.


Perintah mengganti nama file dan folder/direktori di Termux:

Cara Mengganti Nama File di Termux

1. Buka aplikasi Termux di HP Android kamu masing-masing.

2. Disini kamu harus masuk terlebih dahulu kedalam folder tempat penyimpanan file yang namanya ingin kamu ubah. Jika file atau folder itu tersimpan di home Termux, kamu bisa langsung menggantinya sesaat setelah membuka Termux.

3. Untuk perintah menggantinya seperti berikut ini:

$ mv (nama file) (nama file tujuan)

Untuk nama file kamu isi dengan nama file asli dan untuk nama file tujuan isi dengan nama file yang ingin diterapkan. Jangan lupa untuk tetap memasukan format dari file tersebut.

Contoh:

$ mv script.sh teknoinfo09.sh

(Nama script.sh akan diganti menjadi teknoinfo09.sh)

Contoh lainnya:

$ mv sayang.jpg cinta.jpg

$ mv facebook.apk FB.apk

$ mv teknologi.py tekno.py

$ mv mobil.mp4 motor.mp4

5. Untuk cek nama filenya sudah diganti atau belum, kamu bisa menggunakan perintah:

$ ls

6. Selesai.


Bagaimana, untuk mengubah nama file didalam aplikasi Termux tidak sesulit yang kamu bayangkan bukan?

Cara diatas bisa kamu gunakan untuk mengganti nama file yang ada di penyimpanan internal maupun file yang ada didalam Termux dan berlaku untuk semua jenis file, beberapa diantarnya adalah .mp3, .mp4, .apk, .jpg, .jpeg, .pdf, dan semua format file lainnya tanpa terkecuali.

Baca Juga:

• Cara Mengakses Memori Internal di Termux Android

• Cara Mengubah Aplikasi Menjadi File APK di Android

Sebenarnya untuk file yang tersimpan didalam memori internal bisa kamu ganti dengan cara manual seperti biasanya yaitu dengan mengunjungi file manager atau pengelola file bawaan di HP kamu. Tapi ini kembali lagi ke pilihan kamu masing-masing, kamu lebih suka menggantinya dengan Termux atau melalui pengelola file.

Namun jika file tersebut disimpan didalam Termux, kamu tidak bisa mengganti namanya dengan melalui file manager karena akan sangat susah untuk menemukan filenya.

Mungkin sampai disini kamu sudah paham tentang bagaimana cara mengganti nama file di Termux. Jadi cukup sampai disini saja pembahasan yang bisa admin sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Nama File di Termux"