Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux


Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux

 Apakah kamu pernah mengalami kejadian pada saat ingin menjalankan sebuah perintah di Termux lalu muncul sebuah pesan kesalahan No such file or directory. Mungkin untuk kamu yang baru pertama kali mengalaminya akan merasa sedikit bingung dan ingin segera mengetahui penyebab serta cara mengatasinya.

No such file or directory di Termux jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah tidak ada file atau direktori. Dalam maksud lain Termux tidak dapat memproses perintah kamu karena file atau folder yang kamu maksud tidak ditemukan.

Umumnya kesalahan tersebut muncul saat kamu ingin menghapus, membuat, mengganti, membuka, ataupun mengelola sebuah file atau direktori akan tetapi kamu salah mengetikan namanya.

Contohnya ketika kamu ingin membuka folder bernama storage namun perintah yang kamu masukan adalah cd stoarge.

Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux

Atau kamu ingin menghapus file bernama termux.txt namun dengan perintah rm Termux.txt.

Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux

Karena kesalahan pengetikan itulah yang membuat Termux tidak dapat menemukan file atau direktori yang dituju.

Jadi kesimpulannya penyebab No such file or directory Termux adalah karena kamu salah dalam mengetikan nama folder atau file, entah itu kesalahan dari huruf yang dimasukan ataupun dari besar kecil huruf yang digunakan.

Baca Juga: 5+ Package Termux Yang Sering Digunakan Beserta Cara Menginstall dan Menggunakannya


Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux

Meskipun kendala No Such File Or Directory diakibatkan oleh kesalahan kita sendiri, tapi ada tips yang bisa kamu lakukan agar tidak mengalaminya lagi saat hendak menjalankan sebuah perintah di Termux, tipsnya adalah dengan mengandalkan perintah ls yang artinya adalah list atau daftar.

Perintah ls akan menampilkan nama dari daftar file maupun folder tempat kamu berada saat ini. Misalnya ketika kamu sedang berada didalam folder Download, maka dengan menjalankan perintah ls, semua file dan direktori didalam folder Download itu akan ditampilkan.

Dengan begitu kamu bisa melihat dan mengetahui terlebih dahulu bahwa nama direktori atau file yang kamu masukan sudah benar sebelum kamu mengeksekusi perintahnya. Meskipun terlihat sepele, perintah ls ini bisa sangat membantu terutama untuk kamu yang keseringan lupa dengan nama file, entah itu file script atau jenis file lainnya.

Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi no such file or directory di Termux. Pada dasarnya kesalahan tersebut merupakan hal sepele yang wajar terjadi dan semua pengguna Termux pasti pernah mengalaminya. Tidak hanya kepada pemula saja, bahkan untuk yang sudah ahli menggunakan Termux juga terkadang tidak lepas dari yang namanya salah ketik.

Baca Juga: Belajar Cara Membuat Script Loading Di Termux Untuk Pemula

Mungkin itu saja yang bisa admin sampaikan didalam artikel ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi No Such File Or Directory di Termux"