Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Package Termux Yang Sering Digunakan Beserta Cara Menginstall dan Menggunakannya


5+ Package Termux Yang Sering Digunakan Beserta Cara Menginstall dan Menggunakannya

 Termux memiliki banyak sekali package yang bisa kamu install untuk melakukan tugas-tugas tertentu, misalnya untuk menginstall script, menjalankan program, dan melakukan aktifitas dasar lainnya.

Setiap package di Termux hanya perlu kamu install satu kali saja setelah itu kamu bisa menggunakannya sampai kapanpun. Yang perlu kamu lakukan hanyalah meng-update saja package-package yang sebelumnya sudah kamu install.

Umumnya, ada beberapa kumpulan package Termux yang paling sering digunakan dan tentunya wajib diinstall oleh pemula. Contohnya seperti package git, php, python, nano, dan masih banyak lagi package penting lainnya.


Baca Juga:

• Cara Membuat Login Keren di Termux Android

• Cara Menjalankan Akses Root di Termux Untuk HP Android Yang Sudah di Root


Untuk kamu yang setiap harinya sering menggunakan aplikasi Termux entah untuk coding atau melakukan kegiatan lain, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan beberapa nama package yang admin sebutkan diatas.

Nah, untuk pemula yang baru awal-awal menggunakan Termux mungkin masih merasa asing dengan package-package tersebut dan tidak mengetahui apa saja fungsinya. Maka dari itu, disini admin akan menjelaskannya untuk kamu.


5+ Package Termux Yang Sering Digunakan Beserta Cara Menginstall dan Menggunakannya

Setiap package Termux memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda, jadi kamu tidak perlu menginstall semua package yang ada di Termux, hal itu hanya akan menghabiskan kuotamu saja karena kamu tidak menggunakan semuanya, yang akan kamu gunakan hanyalah package yang dibutuhkan saja.

Berikut ini adalah kumpulan package Termux yang sering digunakan lengkap beserta cara menginstall dan menggunakannya.


1. pkg update && pkg upgrade

Package yang pertama ini sering digunakan untuk memperbarui dan meningkat semua package yang sudah terinstall di Termux. Untuk menggunakan package ini kamu tidak diharuskan untuk menginstallnya terlebih dahulu.

Cara menggunakan:

 $ pkg update && pkg upgrade 


2. Git

Git merupakan salah satu package Termux yang berfungsi untuk membuat salinan repository lokal atau yang biasa kamu gunakan juga untuk mengclone script didalam Github kedalam aplikasi Termux.

Cara menginstall:

 $ pkg install git 

Cara menggunakan:

$ git clone (link script yang ingin diclone)


3. PHP

PHP atau "PHP: Hypertext Preprocessor" merupakan salah satu bahasa pemrograman yang biasa digunakan dalam pemrograman web. Namun ada juga beberapa script yang dibuat menggunakan bahasa yang satu ini. Jadi agar bisa menjalankan script tersebut di Termux, kamu harus terlebih dahulu menginstall package PHP.

Cara menginstall:

 $ pkg install php 

Cara menggunakan:

$ php (nama script).php


4. Python

Python sama seperti PHP yaitu sebuah bahasa pemrograman namun pastinya dengan fungsi utama yang berbeda. Python merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan dalam pembuatan script. Wajar saja jika kamu sering melihat script berformat .py didalam Termux.

Perintah menginstall:

1.  $ pkg install python 

2. $ pkg install python2

Perintah menggunakan:

$ python2 (nama script).py


5. Nano

Nano adalah teks editor yang paling banyak digunakan di Debian, Linux, Fedora, dan CentOS. Nano juga bisa kamu gunakan untuk membuat dan mengedit sebuah program ataupun file di Android lewat aplikasi Termux.

Cara menginstall:

 $ pkg install nano 

Membuka script dengan nano:

$ nano (nama script)


6. Figlet

Figlet merupakan sebuah package yang bisa kamu gunakan untuk membuat tulisan di Termux. Dengan package ini kamu bisa mengatur besar kecil huruf yang ingin dibuat.

Cara menginstall:

 $ pkg install figlet 

Cara menggunakan:

$ figlet (masukan tulisan yang ingin dibuat)


Adapun beberapa package tak kalah penting yang wajib diinstall lainnya adalah:

 $ pkg install nmap 

 $ pkg install curl 

 $ pkg install openssh 

 $ pkg install wget 

 $ pkg install nodejs 

 $ pkg install toilet 


Baca Juga:

• Script Termux FB Tanpa Login Terbaru 2021

• Cara Membuat Virtex Sendiri Di Termux Dan Tanpa Termux


Itulah daftar sekumpulan package Termux yang sering digunakan beserta cara menggunakan dan menginstallnya. Mungkin hanya itu saja yang bisa admin sampai dalam artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Posting Komentar untuk "5+ Package Termux Yang Sering Digunakan Beserta Cara Menginstall dan Menggunakannya"