Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Menonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi


2 Cara Menonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

 YouTube merupakan salah satu platform yang menyediakan banyak video didalamnya, tak sedikit pengguna Android yang suka mencari hiburan dengan menyaksikan video kesukaannya didalam aplikasi YouTube tersebut.

Saat sedang menonton video di YouTube, pasti kamu pernah berkeinginan untuk membuka aplikasi lain juga di Android, entah itu untuk melakukan chatting seperti di WhatsApp atau bermain media sosial lainnya. Namun kamu ingin melakukan kedua hal itu secara bersamaan di satu HP.

Secara bawaan, aplikasi YouTube memang tidak menyediakan secara langsung fitur untuk perangkat Android yang memungkinkan pengguna dapat menonton atau buka YouTube sambil menjalankan aplikasi lain.


Baca Juga:

• Cara Menonaktifkan Autoplay Video Di Beranda YouTube 2021

• Cara Mengaktifkan Mode Gelap YouTube Di Android


Tapi meskipun begitu, kamu tidak usah khawatir karena saat ini semua masalah sudah ada jalan keluar untuk mengatasinya, termasuk jika kamu ingin nonton YouTube sembari membuka aplikasi lain.

Ada beberapa cara agar kamu dapat menyaksikan video YouTube tapi bisa sambil buka aplikasi lain. Beberapa cara tersebut ada juga loh yang bisa dilakukan tanpa aplikasi. Jika kamu sudah tidak sabar ingin mengetahui caranya, silahkan simak berikut ini.


2 Cara Menonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi

Ada dua cara untuk menonton YouTube sambil menjalankan aktifitas di aplikasi lain. Kedua cara yang akan admin bagikan ini bisa kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi.


1. Menggunakan Google Chrome

Cara yang pertama adalah menonton video YouTube menggunakan Google Chrome. Ada perbedaan jika kamu membuka YouTube melalui aplikasi dengan membukanya melalui Chrome.

Chrome memiliki fitur yang bernama picture-in-picture, fitur tersebut memungkinkan kamu untuk memutar video YouTube di latarbelakang, dengan begitu kamu bisa membuka aplikasi apapun sambil menonton video YouTube.

Sebenarnya fitur tersebut tidak hanya berlaku untuk video di YouTube saja, namun semua video dari situs manapun yang kamu putar didalam Google Chrome bisa kamu putar juga di latarbelakang. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

• Buka aplikasi Google Chrome di HP Android kamu masing-masing.

• Didalam Chrome kunjungi situs YouTube yang beralamatkan youtube.com.

• Sekarang cari dan putar video yang kamu inginkan. Putar video tersebut dalam mode full screen atau layar penuh.

• Selanjutnya tekan tombol home saat video tersebut sedang diputar.

• Setelah itu video YouTube akan secara otomatis di minimize dan diputar di latarbelakang. Kamu bisa membuka aplikasi atau game apapun tanpa akan mengehentikan videonya, kamu juga bisa mengatur posisi dilayar mana kamu ingin menempatkannya.

• Jika ingin menghapus video dari layar, tap ikon "X". Sedangkan untuk memutarnya lagi di YouTube, tap ikon yang berada ditengah video tersebut.

• Selesai.


2. Menggunakan Fitur Split Screen

Split screen merupakan salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk menonton YouTube sambil membuka aplikasi lain di Android tanpa menggunakan aplikasi. Umumnya fitur ini sudah tersedia di semua versi Android pada smartphone keluaran terbaru.

Pasti kamu juga sering kan menggunakan fitur split screen ini untuk menjalankan dua aplikasi dalam waktu bersamaan. Nah, mengapa kamu tidak memanfaatkan fitur ini saja untuk membuka YouTube sambil membuka aplikasi lain.

Meskipun ada beberapa aplikasi yang tidak mendukung fitur split screen, namun untuk di aplikasi YouTube fitur ini dapat bekerja dengan baik.

Jika kamu tidak mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur split screen untuk menjalankan aplikasi YouTube bersamaan dengan aplikasi yang lainnya, berikut adalah caranya.

• Buka aplikasi YouTube di Android milikmu, lalu cari dan putar video yang diinginkan.

• Setelah video diputar, tarik layar dari atas ke bawah untuk membuka bilah notifikasi, setelah itu tap "Layar terbagi".

• Sekarang kamu tinggal memilih aplikasi mana yang akan dibuka berbarengan dengan aplikasi YouTube.

• Selesai.

Admin mempraktekan cara diatas di HP VIVO, mungkin akan ada sedikit perbedaan cara pada setiap merk smartphone.


Baca Juga:

• Cara Mudah Download Video Dan Musik Di YouTube Tanpa Aplikasi Tambahan

• Cara Mengubah Resolusi Video YouTube Terbaru 2021


Itulah 2 cara menonton YouTube sambil buka aplikasi lain di Android tanpa aplikasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, terima kasih.

Posting Komentar untuk "2 Cara Menonton YouTube Sambil Buka Aplikasi Lain di Android Tanpa Aplikasi"