Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Di Android


Pengertian Dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Di Android


Pengertian Pembaruan Perangkat Lunak Android

Pembaruan perangkat lunak adalah sebuah fitur bawaan dari Android yang berfungsi untuk meningkatkan versi sistem, meningkatkan fitur-fitur bawaan smartphone dan memperbarui aplikasi sistem di smartphone yang sudah terinstall ke versi terbaru. 

Pembaruan perangkat lunak hanya bisa di lakukan jika smartphone kamu sudah menyediakannya, biasanya yang sering mendapatkan pembaruan perangkat lunak adalah smartphone dengan keluaran terbaru. Jika kamu pernah melihat sebuah notifikasi di smartphone kamu yang bertuliskan "Pembaruan Perangkat Lunak Tersedia" itu artinya smartphone kamu sudah menyiapkan pembaruan perangkat lunak yang sudah bisa kamu install, biasanya notifikasi tersebut tidak bisa di hapus.

Pembaruan perangkat lunak memang memiliki banyak dampak positif bagi smartphone namun ada juga dampak negatifnya, berikut ini beberapa dampak positif dan negatif pembaruan perangkat lunak Android.

Baca Juga :



Dampak Positif Pembaruan Perangkat Lunak Android

Adapun beberapa manfaat pembaruan perangkat lunak android, diantaranya adalah:

1. Meningkatkan kinerja dan keamanan sistem

Pembaruan perangkat lunak juga akan meningkatkan kinerja dan keamanan sistem dari smartphone kamu, jika smartphone kamu sering mengalami lemot langsung saja kamu perbarui perangkat lunak smartphone kamu jika sudah tersedia.

2. Mengatasi eror pada smartphone

Jika smartphone kamu sering mengalami eror seperti tidak bisa menghidupkan data, mengirim pesan, menerima panggilan masuk atau maslah eror lainnya, biasanya masalah tersebut ikut teratasi oleh pembaruan perangkat lunak.

3. Tersedia fitur-fitur baru

Biasanya setelah melakukan pembaruan perangkat lunak, smartphone kamu akan mendapatkan fitur-fitur baru yang sebelumnya tidak ada.

4. Tampilan smartphone menjadi lebih bagus

Istilah tampilan smartphone yang biasa disebut UI (User Interface) adalah tampilan berupa ikon menu, notifikasi, atau tampilan lainnya yang ada pada smartphone, tampilan tersebut akan menjadi lebih bagus dan nyaman untuk di pandang sehingga tidak membuat kita merasa bosan.

5. Meningkatkan kompatibilitas aplikasi

Jika kamu pernah menginstall sebuah aplikasi dari Playstore lalu setelah aplikasi tersebut di buka muncul sebuah pesan aplikasi terhenti atau force close, Penyebab masalah tersebut ada bermacam macam, tapi dengan melakukan pembaruan perangkat lunak masalah tersebut bisa teratasi.

Itulah beberapa dampak positif pembaruan perangkat lunak.


Dampak Negatif Pembaruan Perangkat Lunak Android

Dalam beberapa kasus ada smartphone yang malah mengalami eror atau kendala lainnya yang muncul setelah melakukan update perangkat lunak, cara satu satunya untuk mengatasi masalah tersebut kamu harus sabar menunggu smartphone kamu untuk menyediakan pembaruan perangkat lunak berikutnya, jika sudah tersedia langsung saja kamu install pembaruannya dan berdoa semoga eror yang ada pada smartphone kamu sudah di perbaiki pada pembaruan perangkat lunak yang baru.

Meskipun dampak negatif pembaruan perangkat lunak android sangat jarang terjadi, namun untuk berjaga-jaga sebaiknya kita harus tetap melakukan persiapan terlebih dahulu agar terhindar dari masalah tersebut. Apa saja kah hal yang harus di persiapkan sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak? Simak berikut ini.

Baca Juga : 
Apakah Memasang Aplikasi Antivirus Penting Untuk Smartphone Android? Simak Penjelasannya!



Hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pembaruan perangkat lunak di Android

1. Backup data penting yang ada di smartphone kamu untuk berjaga-jaga.

2. Efek pembaruan perangkat lunak biasanya akan menguras daya baterai. Jadi, pastikan daya baterai smartphone kamu cukup, minimal 70%. agar tidak kehabisan daya saat sedang memasang pembaruan.

3. Pastikan kuota kamu cukup, biasanya pembaruan perangkat lunak memiliki ukuran ratusan MB ada juga yang mencapai 1GB bahkan lebih.

Baca Juga:




Karena pembaruan perangkat lunak memiliki banyak keuntungan jadi kamu tidak perlu ragu dan takut untuk melakukan pembaruan perangkat lunak.

Itulah beberapa hal tentang pembaruan perangkat lunak di smartphone android, semoga bermanfaat.


Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Di Android"