Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android


Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android

Pernahkah kamu mengalami kejadian dimana HP Android yang kamu gunakan tercebur kedalam air, hal itu pastinya membuat smartphone tersebut menjadi basah, bahkan jika tidak cepat cepat di angkat akan membuatnya kemasukan air.

Karena sangat sayang dengan HP yang kamu miliki, tentunya kamu akan secepatnya untuk mencari cara mengeluarkan air dari HP Android tersebut dan juga mencari cara bagaimana untuk mengeringkannya.

Bagaimana untuk smartphone yang anti air? Setiap smartphone anti air pasti memiliki kekuatan dan daya tahannya masing-masing. Jadi hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa HP Android yang tahan air pun bisa rusak karena air.

Fungsi anti air yang sebenarnya adalah hanya untuk meminimalisir kerusakan yang cukup parah yang disebabkan oleh air, dan bukan untuk sekedar gaya gayaan. Biasanya daya tahan smartphone yang anti air tergantung dari kedalaman air dan lama tidaknya smartphone tersebut berada didalam air.

Ada berbagai macam cara mengatasi HP Android yang kemasukan air, itu semua tergantung dari kondisi HP itu sendiri, jika kondisinya cukup parah, mau tidak mau kamu harus membawanya ke tukang Service HP, namun jika kondisinya masih terbilang ringan, kamu bisa mengatasinya sendiri dengan beberapa cara dibawah ini yang mana bisa mengeluarkan air dari HP Android kamu.


Baca Juga:

• 5 Tips Merawat Smartphone Agar Lebih Tahan Lama

• 6 Komponen Terpenting Yang Ada Pada Smartphone

• 6 Fakta Unik dan Menarik Android Yang Jarang Diketahui Oleh Penggunanya


Beberapa contoh dalam kasus ringan misalnya seperti HP terendam air tapi masih hidup, atau hanya karena terkena percikan air saja yang mengenai layar HP. Cara menghilangkan air di layar HP sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengelapnya dengan kain halus yang kering dan bersih.

Jika kamu mengalami beberapa masalah ringan yang terjadi seperti diatas, jangan terlebih dahulu membawa HP Android tersebut ke tempat service HP. Untuk memperbaikinya, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini, siapa tahu HP Android kamu masih bisa diperbaiki.


Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android

Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android

HP yang tenggelam didalam air, jika tidak mati biasanya hanya menimbulkan eror pada beberapa bagian saja, contohnya seperti layar, baterai, speaker, dan komponen-komponen hardware lainnya.

Selain itu, ada banyak lagi dampak lainnya yang di timbulkan oleh air, salah satunya yaitu layar menjadi berembun. Jika hal itu tidak segera diatasi, kerusakan akan bertambah menjadi lebih serius, dan kamu harus mengeluarkan ongkos lebih banyak lagi untuk memperbaikinya.

Maka dari itu, saat HP kamu terendam air, kamu harus sesegera mungkin untuk mengatasinya dengan cara mengeluarkan air tersebut dengan menggunakan cara apapun yang kamu ketahui.

Jika kamu tidak mengetahui apa saja caranya, kamu bisa menggunakan beberapa cara seperti dibawah ini.


Hal pertama yang harus dilakukan saat HP terendam air

Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android

Saat HP kamu terendam air, pasti kamu akan langsung merasa panik dan tidak tahu apa yang harus dilakukan, nahh beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengatasi masalah seperti ini adalah sebagai berikut.

1. Langsung angkat HP tersebut dan jangan coba-coba untuk menghidupkannya dalam keadaan masih basah.

2. Lepas semua komponen seperti baterai, softcase, SIM card, dan Memori card.

3. Ambil kain kering lalu bersihkan semua air yang menempel di HP. Jangan lupa juga membersihkan air yang mengenai baterai.

Setelah semuanya sudah ditangani dengan benar, sekarang saatnya kamu mencari cara bagaimana mengatasi hal yang selanjutnya akan terjadi.


Cara mengeluarkan air dari speaker HP Android

Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android

Seperti yang sudah admin sebutkan diatas, bahwa speaker adalah komponen yang sangat mudah rusak jika smartphone terkena air. Mengingat, speaker adalah komponen yang sangat mudah untuk dimasuki oleh air karena memiliki lubang untuk mengeluarkan suara, dan disitulah tempat air bisa masuk.

Biasanya speaker HP yang terkena air akan menimbulkan suara yang tidak jelas, bahkan lebih parahnya lagi speaker tersebut tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali alias mati, entah itu terjadi pada speaker untuk musik ataupun speaker untuk menelpon. Namun keduanya sama-sama menjengkelkan, bukan?

Mengatasi speaker HP Android yang kemasukan air memang sedikit membingungkan, jika kita memperbaikinya sendiri dan tidak tahu bagaimana caranya, pasti kita takut kesalahan fatal akan terjadi dan niat kita yang sebelumnya ingin memperbaiki justru malah membuatnya tambah rusak lagi.

Cara yang akan kita lakukan berikut ini sangatlah aman, untuk kamu yang tidak mengerti sama sekali tentang hardware yang ada di Android. Tenang, cara ini tidak mengharuskan kamu untuk membongkar bagian apapun pada smartphone.

Cara yang akan kita lakukan ini menggunakan sebuah aplikasi. Aplikasi yang dimaksud bernama Speaker cleaner. Aplikasi ini akan membantu mengeluarkan air yang terdapat didalam speaker HP Android kamu. Berikut ini adalah cara untuk menggunakan aplikasinya.

1. Download terlebih dahulu aplikasi yang bernama Speaker Cleaner - Remove water and fix sound. Untuk pengguna Android bisa mendownloadnya didalam Play Store.

2. Setelah aplikasi terpasang, langsung saja buka aplikasi tersebut.

3. Pada halaman awal aplikasi kamu akan melihat tombol yang bertuliskan "CLEAN SPEAKER", silahkan tap tombol tersebut lalu tunggu prosesnya hingga selesai. 

4. Jika sudah, untuk tes suara tap "TEST SOUND" sekarang kamu bisa mendengarkan suara dari speaker HP kamu, jika dirasa suaranya masih tidak berubah, lakukan lagi cara seperti diatas berulang ulang sampai mendapatkan hasil yang sesuai.

5. Selesai.

Selain dapat mengeluarkan air didalam speaker, aplikasi ini juga bisa memperbaiki suara dari speaker yang rusak atau tidak jelas yang di karenakan oleh debu atau hal lainnya yang membuat suara dari speaker sedikit mengalami gangguan.

Selain itu, aplikasi ini memiliki ukuran yang sangat ringan yaitu hanya 3,9MB. Dan dilihat dari ulasan yang diberikan oleh beberapa pengguna Android pada kolom komentar di Play Store, banyak yang mengatakan aplikasi ini terbukti mampu mengeluarkan air dari HP Android.


Cara mengeluarkan air di HP menggunakan Vacuum Cleaner

Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android

Jika kamu memiliki vacuum cleaner di rumah, kamu juga bisa menggunakan vacuum cleaner tersebut untuk mengeluarkan air didalam HP dengan cara menyedotnya.

Cara menggunakannya sama seperti saat kamu menyedot debu dengan alat tersebut, namun bedanya, kamu harus melakukannya secara perlahan-lahan saja agar nantinya tidak menimbulkan kerusakan pada komponen lain di smartphone kamu.

Meskipun memang sangat mudah sekali mengeluarkan air menggunakan vacuum cleaner. Namun, sebagian banyak orang masih tidak memiliki alat ini dirumahnya masing-masing. Jika kamu adalah salah satunya, kamu bisa menggunakan cara yang berikutnya saja.


Cara mengeluarkan air dari HP Android dengan beras

Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android

Cara ini berbeda seperti diatas, jika cara diatas adalah untuk mengeluarkan air dari dalam speaker saja, namun di cara ini kita akan mengeluarkan air yang ada didalam semua bagian HP yang basah. Lebih tepatnya adalah untuk mengeringkan.

Mengeluarkan air dari HP Android menggunakan beras, mungkin hal ini terdengar sangat konyol bagi sebagian orang. Namun faktanya, menurut beberapa sumber yang admin baca, beras memang bisa digunakan untuk mengeluarkan air di dalam HP Android dengan cara menyerapnya.

Tapi, meskipun hal ini memang dinyatakan benar, hasilnya tidak akan maksimal jika kondisi dari HP tersebut sudah sangat parah. Jadi, kamu bisa menggunakan cara ini sebagai pertolongan pertama saat HP Android kamu terjatuh kedalam air.

Berikut ini cara mengatasi HP masuk air dengan beras:

1. Siapkan beras sebanyak yang diperlukan agar semua permukaan HP bisa terkubur rata didalam beras. Pastikan juga beras yang kamu gunakan kering dan bersih, setidaknya tidak ada debu yang menempel pada beras tersebut.

2. Sebelum memasukan HP kedalam beras, bersihkan terlebih dahulu sisa air yang terdapat pada permukaan luar HP dan matikan terlebih dahulu HP tersebut. Jangan lupa juga untuk lepas semua SIM Card dan Memori Card, jika HP kamu tidak menggunakan baterai tanam, kamu juga bisa melepas baterainya.

3. Setelah semua langkah diatas sudah selesai, sekarang kubur HP kamu didalam beras tersebut. Pastikan semua bagian hp terkubur.

4. Langkah yang terakhir adalah membiarkan HP tersebut terkubur didalam beras, kamu boleh mengambilnya minimal 1 sampai 3 hari setelah dikubur.

5. Jika sudah, kamu bisa untuk mencoba menghidupkan HP tersebut dan berdoa semoga HP kamu tidak mengalami eror apapun ketika sudah hidup.

6. Setelah mencoba untuk menghidupkannya namun tetap tidak bisa. Jangan berputus asa terlebih dahulu, kamu bisa mencobanya lagi dengan meminjam baterai milik teman kamu yang mempunyai HP dengan tipe baterai yang sama. Siapa tahu yang rusak dari HP kamu adalah baterainya saja. Cara ini hanya bisa dilakukan jika HP Android kamu tidak menggunakan baterai tanam.

Selain beras, biji bijian lain juga bisa kamu gunakan untuk mengeringkan HP yang basah akibat terkena air.


Baca Juga:

• 5 Fitur Canggih Smartphone Android Yang Jarang Digunakan

• 4 Cara Melacak HP Android Yang Hilang Paling Ampuh!

• 5 Cara Merawat Layar Sentuh Hp Android Agar Awet Dan Tahan Lama


Itulah beberapa cara mengeluarkan air dari HP Android yang bisa kamu praktikan dengan mudah.

Jika semua metode diatas sudah dilakukan, tapi HP Android kamu masih tidak bisa diperbaiki, mungkin kerusakan yang ditimbulkan oleh air terhadap HP kamu sudah terlanjur parah. Sekarang cara satu satunya adalah dengan memperbaiki smartphone tersebut ke tukang service hp terdekat.

Sekian dari artikel mengenai cara mengeluarkan air di HP Android. Semoga bermanfaat dan terimakasih.


4 komentar untuk "Cara Mengeluarkan Air Dari HP Android"