Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Merawat Smartphone Agar Lebih Tahan Lama

Smartphone adalah media paling penting di era modern saat ini, bahkan bagi sebagian orang banyak yang menggunakan smartphone untuk di jadikan sebagai media  bekerja dan belajar. Karena penggunaan smartphone merupakan hal cukup penting di era modern ini, tentunya banyak sekali di antara kita yang ingin smartphonenya tetap awet dan tahan lama namun mereka kurang kesadaran untuk merawatnya dengan baik, padahal merawat Smartphone itu sangat mudah.

Jika kamu tidak ingin sering-sering mengeluarkan biaya untuk membeli sebuah smartphone baru, kamu bisa gunakan beberapa tips di bawah ini agar smartphone yang kamu gunakan sekarang bisa lebih tahan lama.

Tips Merawat Smartphone Agar Lebih Tahan Lama

1. Gunakan Case.

Sc image : KAPOL.id

Case berfungsi untuk melindungi smartphone kamu dari benturan dan debu yang bisa membuat smartphone mudah rusak. Namun ada juga beberapa case yang justru membuat smartphone menjadi cepat panas, untuk itu penting memilih case yang tepat untuk smartphone yang kamu gunakan.


2. Gunakan Screen Protector.

Sc image : TribunStyle.com

Screen Protector atau anti gores berfungsi untuk melindungi layar Smartphone kamu dari goresan benda tajam yang bisa membuat layar smartphone kamu mudah retak dan percikan air atau debu yang bisa membuat layar smartphone kamu menjadi eror, selain itu membersihkan layar smartphone secara rutin juga hal yang penting agar kualitas layar smartphone kamu tetap terjaga.


3. Stop Menggunakan Smartphone Saat Sedang di Charger. 

Sc image : liputan6.com

Kebiasaan memainkan smartphone saat sedang di charger akan membuat kualitas daya baterai smartphone kamu menurun dan mudah panas karena harus menanggung beban daya yang lebih besar. Maka dari itu hindarilah menggunakan smartphone saat sedang di charger.


4. Selalu Menggunakan Charger Original.

Sc image : jogja.idntimes.com

Sering mengisi daya baterai dengan charger sembarangan juga akan membuat smartphone kamu mudah rusak. Belum tentu kepala charger yang kamu gunakan tersebut cocok dengan smartphone kamu, jadi gunakan charger original dari smartphone kamu dan hindari kebiasaan mengisi daya dengan Power Bank.


5. Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting.

Sc image : teknosee.com

Jika tidak ingin smartphone kamu menjadi Slow Respon atau sering mengalami Lag, hapus beberapa aplikasi yang tidak penting atau aplikasi yang tidak kamu gunakan. Bisa saja beberapa aplikasi tersebut memakan CPU dan RAM yang cukup besar sehingga dapat membuat performa smartphone kamu cepat menurun.


Itulah 5 cara yang bisa kamu gunakan agar smartphone kamu menjadi lebih tahan lama.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Posting Komentar untuk "5 Tips Merawat Smartphone Agar Lebih Tahan Lama"