Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Yang Di Maksud Dengan Mesin Pencari Dan Macam Macam Mesin Pencari Selain Google


Apa Yang Di Maksud Dengan Mesin Pencari

Apa Yang Dimaksud Dengan Mesin Pencari Atau Search Engine?

Mesin pencari adalah sebuah program yang dapat memungkinkan kamu menemukan sesuatu informasi di dalam internet dengan mengetikan kata yang ingin dicari. Istilah yang sering digunakan untuk mesin pencari informasi pada internet adalah mesin penelusuran.

Mesin pencari atau search engine mempunyai beberapa program khusus, diantaranya adalah spider crawler dan web crawler yang bertugas untuk mengumpulkan semua informasi dari sebuah website.


Baca Juga : Pengertian, Sejarah, Isi dan Bahaya Dark Web


Mesin pencari web bekerja dengan cara menampilkan hasil yang paling sesuai dan relevan dengan kata kunci yang kamu ketikan atau kata kunci yang ingin dicari agar kamu bisa dengan mudah menemukan apa yang sedang dicari. Dan itu juga lah yang merupakan manfaat mesin pencari, yaitu untuk memudahkan seseorang menemukan sebuah hal atau informasi hanya dengan mengetikannya pada kolom pencarian search engine.

Salah satu contoh mesin pencari yang sangat familiar dan sering kita gunakan adalah Google Search. Namun jika kamu berpikir bahwa Google adalah satu satunya mesin pencari yang ada, pernyataan tersebut salah. Masih ada lagi mesin pencari selain Google.

Keunggulan utama dari mesin pencari Google adalah pada pencarian, Google memiliki yang namanya cache, cache ini bertugas untuk mempercepat dan menghemat waktu dari hasil pencarian yang akan ditampilkan. Selain itu, Google juga memiliki beberapa fitur yang lebih unggul dari mesin pencari lainnya, mungkin hal ini lah yang menjadikan Google sebagai mesin pencari yang sangat banyak digunakan oleh semua orang di dunia untuk mencari informasi di internet.


Baca Juga : Fitur Rahasia Unik Dan Menarik Di Mesin Pencarian Google Yang Jarang Orang Tahu!


Berikut ini kita akan membahas beberapa mesin pencari selain Google.


Macam Macam Mesin Pencari

Berikut ini daftar mesin pencari terbaik selain Google.

1. Bing

Bing - Mesin pencari selain google

Mesin pencari Bing pertama kali di luncurkan pada tanggal 1 Juni 2009. Sama halnya dengan mesin pencari Google, Bing juga memiliki banyak opsi pencarian diantaranya adalah web, gambar, berita dan masih banyak lagi hal lainnya yang bisa kamu temukan dengan mesin pencari Bing.

Bing memiliki halaman kolom pencarian yang hampir serupa dengan Yahoo! search, yaitu tampilan background yang tidak statis atau selalu berubah ubah.

Bing merupakan gabungan dari tiga mesin pencari sebelumnya yaitu MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. Ketiga mesin pencari tersebut di hadirkan Microsoft untuk menggeser kedudukan dari mesin pencari Google, namun usaha Microsoft masih belum membuahkan hasil, menurutnya ketiga mesin pencari tersebut memiliki kinerja yang kurang maksimal.

Usaha Microsoft untuk menggeser kedudukan Google tidak berhenti sampai disitu saja, Microsoft kembali menghadirkan mesin pencari barunya yang dinamai Bing. Namun sayangnya, dengan Bing hingga saat ini Microsoft masih belum mencapai hasil yang diinginkan untuk menggeser Google Search.

Pada Oktober 2020 Bing berganti nama menjadi Microsoft Bing.


2. Yahoo!

Yahoo! - Mesin pencari selain google

Mesin pencari selain Google berikutnya adalah Yahoo! Search, Yahoo! dibentuk pada tanggal 2 Maret 1995. Mesin pencari yang sempat tenar pada masanya ini pernah menjadi pesaing Google pada tahun 2000an namun akhirnya ketenaran tersebut tidak bertahan lama setelah hadirnya Google Search.

Selain menyediakan pencarian web, Yahoo! juga menyediakan layanan dan fitur-fitur lainnya seperti Yahoo! Mail, News, Sports, Answer, dan Finance. Selain itu, pada mode pencarian Yahoo! juga memiliki fitur yang  cukup lengkap contohnya seperti Yahoo! Video, Yahoo! Image, Yahoo! Music, Yahoo! Shopping Search, dan Yahoo! Local.

Pada tanggal 31 Maret 2008, Yahoo! menghadirkan situs yang diberi nama Shine, Situs tersebut ditujukan untuk perempuan mulai dari umur 25 sampai 54 tahun untuk mencari berbagai informasi dan saran.

Yahoo! Bekerja sama dengan Bing dan Microsoft untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih relevan dan lengkap bagi penggunanya, dengan kerjasama ini pula Yahoo! dapat menghadirkan lebih banyak akses bahasa pencarian, yaitu 38 bahasa.

Pada Oktober tahun 2011 sampai dengan Oktober 2015, Pencarian Yahoo! didukung secara ekslusif oleh Bing. Di tahun 2015 juga, Yahoo! setuju dengan Google untuk menyediakan layanan pencarian terkait. Sampai akhirnya pada tahun 2018, hasil pencarian Yahoo! didukung oleh Bing dan Google Search.

Sejak tahun 2014, di Amerika Serikat, Yahoo! menjadi mesin pencarian default untuk browser Firefox.


3. Baidu

Baidu - Mesin pencari selain google

Baidu merupakan mesin pencari asal Beijing, China. Baidu didirikan pada tanggal 18 Januari 2000, Oleh Robin Li dan Erix Xu. Baidu merupakan perusahaan yang bergerak pada layanan web yang memiliki pusat di kampus Baidu yang bertempat di Distrik Haidian, Beijing, Republik Rakyat China (RRC).

Mesin pencari Baidu sangat populer di negara China dan merupakan mesin pencari yang menguasai market share terbesar kedua di dunia setelah Google. Namun sayang meskipun dapat diakses oleh seluruh pengguna internet di dunia, Baidu hanya tersedia dalam bahasa China yaitu Mandarin.

Sama halnya dengan mesin pencari Google, Baidu juga memiliki beberapa fitur-fitur pada mesin pencarian, salah satu fitur pencarian unik yang dimiliki pada mesin pencari terbaik selain Google ini yaitu kamu dapat mencari bukan hanya dengan teks melainkan dengan gambar, saat kamu mencari dengan gambar, Baidu akan menampilkan hasil dari gambar yang terkait dengan gambar yang kamu cari. Jika Google punya YouTube maka Baidu punya aplikasi Bilibili untuk tempat menonton dan membagikan video.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, pada bulan Oktober 2012, Baidu menduduki peringkat 5 menurut ranking Alexa. Pada bulan Januari 2014, Kapitalisasi market Baidu berdiri pada nilai mencapai $55 billion. Maka jika dilihat dari pertumbuhan, pendapatan, pengaruh budaya, dan kapitalisasi pasar, Baidu merupakan salah satu perusahaan yang dibangun dari nol tersukses sepanjang sejarah. Pada bulan Desember 2007, Baidu juga tercatat sebagai perusahaan dari China yang pertama kali masuk kedalam indeks NASDAQ-100. Selain itu Baidu juga memiliki layanan yang menyediakan indeks lebih dari 740 miliar laman internet, 10 miliar data multimedia, dan 10 miliar gambar.


4. DuckDuckGo

DuckDuckGo - Mesin pencari selain google

Mesin pencari terbaik selain Google berikutnya adalah DuckDuckGo. DuckDuckGo pertama kali didirikan oleh Gabriel Weinberg yang diluncurkan pada tanggal 25 September 2008.

Dikuti dari Wikipedia, pada bulan November Linux Mint menandatangani kesepakatan ekslusif dengan DuckDuckGo kemudian DuckDuckGo menjadi mesin pencari default untuk Linux Mint 12. Menurut Weinberg pada tahun 2011 mereka telah menghasilkan pendapatan US$115.000 dan pada bulan Mei 2012 DuckDuckGo mencapai 1,5 juta hingga 47 juta pencarian perharinya. 

Mesin pencari ini agak sedikit berbeda dengan mesin pencari yang lainnya seperti Bing dan Google. Dimana DuckDuckGo tidak memiliki indeks pencariannya sendiri, mesin pencari ini memberikan hasil yang dicari pengguna dari sumber lain dan dari mesin pencari lain contohnya seperti Yandex, Yelp, Yahoo!, WolframAlpha dan Bing. Karena memiliki banyak sumber, hal itulah yang membuat DuckDuckGo tetap dapat menampilkan hasil pencarian yang relevan dan masih bisa diandalkan.

DuckDuckGo juga tidak menyimpan histori pencarian yang dilakukan oleh penggunanya. Jadi mesin pencari ini bisa disebut sebagai mesin pencari yang paling aman dari beberapa mesin pencari lainnya.


5. Yandex

Yandex - Mesin pencari selain google

Yandex adalah mesin pencarian web Rusia yang dibuat pada tahun 1997. Halaman beranda Yandex merupakan situs web terpopuler di Rusia dengan pangsa pasar lebih dari 52% dan Yandex memiliki 18 kantor perusahaan komersial di seluruh dunia. Pada tahun 2018, Yandex meraup pendapatan sekitar US$2,19 miliar. Di Rusia, pesaing utama Yandex diantaranya adalah Google, Rambler, dan Mail.ru.

Yandex merupakan mesin pencari terbesar di dunia setelah Google, Yahoo!, Bing, dan Baidu. Selain mesin pencari, Yandex juga memiliki beberapa layanan lainnya yang tak kalah dari Google, beberapa layanan miliknya ialah Yandex Mail, Yandex Browser, Yandex Maps, Yandex News, Yandex Video, Yandex Music, dan Yandex juga memiliki asisten virtual yang bernama Alisa.

Sama halnya dengan Google, Yandex juga memiliki beberapa fitur pada mesin pencari diantaranya adalah penelusuran gambar, video, peta, dan AppMetrica yang setara dengan Google Analytics. Untuk memaksimalkan relevansi pada hasil pencarian, Yandex mengumpulkan riwayat pencarian, data personal, dan kata kunci pencarian penggunanya. Meskipun begitu bukan berarti Yandex tidak aman untuk digunakan.


Baca Juga:

• Cara Browsing Menggunakan Aplikasi Termux Di Android

• Cara Menampilkan Kursor Panah Di Browser Android


Itulah 5 mesin pencari terbaik selain Google.

Sebenarnya masih banyak lagi macam macam mesin pencari selain Google dan selain dari 5 daftar diatas.

Semoga bisa menambah wawasan dan semoga bisa bermanfaat juga.

Terimakasih.


6 komentar untuk "Apa Yang Di Maksud Dengan Mesin Pencari Dan Macam Macam Mesin Pencari Selain Google"