Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Perbedaan Sistem Operasi Android (OS Android) & iOS (iphone Operating System)


Perbedaan Sistem Operasi Android Dan iOS

iPhone Operating System (iOS) yang dulunya bernama iPhone OS dan sistem operasi Android merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh smartphone, tidak heran jika kedua sistem operasi ini begitu populer di kalangan para pengguna smartphone di dunia.

Selain iOS dan OS Android masih banyak lagi sistem operasi lainnya yang di gunakan oleh smartphone, namun karena beberapa kelebihan dari sistem operasi ini yang tidak dimiliki oleh sistem operasi lainnya membuat kedua sistem operasi ini sangat unggul dan begitu diminati oleh para pengguna smartphone.

Meskipun sama sama populer, kedua sistem operasi ini memiliki banyak sekali perbedaan. Jika kita lihat dari sisi luar terdapat banyak sekali perbedaan antara sistem operasi Android dan iOS, salah satunya dari segi pembuatan dan perilisan yang sudah jelas berbeda.

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah perbedaan dari segi sistem operasinya saja. Lalu, apa sajakah perbedaan Android dan iOS?

Baca Juga: Pengertian, Fungsi & Jenis jenis Sistem Operasi Pada Smartphone Serta Penjelasannya


10 Perbedaan Sistem Operasi Android dan iOS


1. Tampilan Antarmuka (Interface)

Perbedaan Android dan iOS yang pertama adalah dari segi tampilan, meskipun kedua sistem operasi ini sama sama menggunakan gerakan sentuh seperti mengetuk, menggeser, dan mencubit.

Android mendukung penggunanya untuk merubah tampilan seperti menambahkan widget pada halaman home, menambahkan pintasan (shortcut), bahkan merubah seluruh tampilan UI menggunakan bantuan dari aplikasi launcher.

Sedangkan pada iOS pengguna hanya bisa menambahkan widget pada notification bar saja dan tidak bisa menambahkannya pada halaman home.


2. Model Sumber 

Perbedaan kedua dari sistem operasi ini terletak pada sumber atau source nya.

Android merupakan sistem operasi yang open source atau sumber terbuka.

Arti dari open source adalah pengguna di beri kebebasan untuk merubah atau memodifikasi sistem operasi ini sesuai dengan kemauan.

Tidak seperti Android, iOS adalah sistem operasi yang closed source atau sumber tertutup yang artinya pengguna tidak di beri kebebasan untuk memodifikasi sistem operasi ini sesuai dengan keinginan mereka.

Meskipun sistem operasi dengan sumber terbuka terlihat lebih unggul, namun hal ini bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga yang bisa saja berpotensi untuk menyebarkan virus ataupun malware pada perangkat Android yang digunakan.


3. Toko Aplikasi Resmi 

Kedua sistem operasi ini memiliki toko aplikasi resmi yang didalamnya terdapat banyak sekali aplikasi yang disediakan untuk penggunanya.

Perangkat Android memiliki toko aplikasi resmi yang bernama Google Play sedangkan perangkat iOS memiliki toko aplikasi resmi yang bernama App Store.

Toko aplikasi dari kedua sistem operasi tersebut berbeda.

Untuk toko aplikasi dari Android sendiri bebas dan mudah diakses menggunakan Hp maupun PC dengan syarat perangkat tersebut harus tersambung dengan akun google.

Sementara untuk toko aplikasi dari iOS hanya bisa diakses melalui perangkat keluaran dari Apple saja.


4. Berbagi Data

Dari segi berbagi data seperti file dokumen, musik, video, foto maupun data lainnya kedua sistem operasi ini juga memiliki perbedaan.

Untuk iOS tidak bisa berbagi data dengan perangkat lainnya yang berbeda OS kecuali dengan menggunakan iTunes.

Sedangkan Android bisa bebas berbagi data dengan perangkat lainnya baik menggunakan bluetooth maupun menggunakan kabel USB.


5. Metode Penjualan

Metode penjualan dari kedua sistem operasi ini juga berbeda. Jika iOS berfokus pada kualitas aplikasi yang berbayar.

Sedangkan pada OS Android biasanya menggunakan sistem Freemium yang artinya aplikasi dapat digunakan secara gratis namun mengandung iklan.


6. Asisten Virtual

Seiring berkembangnya teknologi banyak pengembang yang membekalkan asisten virtual pada sistem operasinya.

Asisten virtual berfungsi untuk mempermudah pengguna seperti membunyikan alaram, melakukan panggilan, mengirim pesan whatsapp dan melakukan tugas lainnya.

Sistem operasi Android memiliki asisten virtual pribadi yang bernama Google Assistant dan iOS memiliki asisten virtual yang bernama siri.

Meskipun sebenarnya kedua asisten virtual tersebut memiliki fungsi dan tujuan yang sama, akan tetapi untuk asisten virtual milik Android ini menyajikan hal yang lebih seperti meminta hiburan ataupun game yang tidak tersedia pada asisten virtual milik iOS yaitu siri.


7. Penyimpanan

Untuk perbedaan dari segi penyimpanan data, sistem operasi Android memiliki slot untuk menambahkan ruang penyimpanan agar pengguna bisa menambahkan file musik, video, foto, dengan sesuka hati tanpa takut penyimpanan penuh.

Sedangkan untuk iOS tidak bisa diberi tambahan ruang, akan tetapi biasanya iOS sudah menyediakan ruang penyimpanan yang cukup besar sehingga penggunanya tidak harus menambahkan ruang penyimpanan lagi.


8. Keamanan

Perbedaan Android dan iOS jjka dari segi keamanan, iOS di anggap lebih unggul. Sistem operasi dari Apple ini sangat sulit untuk di tembus oleh malware maupun virus lainnya.

Sedangkan sistem operasi Android biasanya sering muncul sebuah situs tanpa kita buka dan situs tersebut bisa saja situs berbahaya yang membuat ponsel terkena serangan virus.

Baca Juga: Apakah Memasang Aplikasi Antivirus Penting Untuk Smartphone Android? Simak Penjelasannya!


9. Pembaruan Versi

Perbedaan Android dan iOS berikutnya adalah dari segi pembaruan versi. Untuk pembaruan versi pada kedua sistem operasi ini, iOS dipermudah oleh pihak pabrikannya sendiri.

Sedangkan sistem operasi Android kita diharuskan untuk mengunduh pembaruan tersebut sendiri, belum lagi jika kita harus mencari versi terbaru yang terkadang sangat sulit ditemukan karena harus mencari yang resmi.

Baca Juga: Pengertian Dan Manfaat Pembaruan Perangkat Lunak Di Android


10. Kamera

Jika dilihat dari segi kamera, iOS bisa dikatakan lebih unggul. Resolusi dan tingkat pencahayaan yang di tampilkan dari kamera iphone kebanyakan lebih tinggi dari kamera Android sehingga menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik.

Namun untuk sekarang tidak jarang smartphone dengan sistem operasi Android yang sudah memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi juga.

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Foto Android Terbaik Dan Terlengkap


Melihat beberapa perbedaan dari sistem operasi Android dan iOS , kita bisa menyimpulkan bahwa kedua sistem operasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan yang masing masing berbeda jadi cukup sulit untuk menilai siapa yang paling unggul. Semuanya kembali lagi kepada penilaian penggunanya sendiri.

maka dari itu jika ingin mencari smartphone, carilah smartphone yang didalamnya terdapat fitur yang kamu butuhkan, karena setiap smartphone memiliki fitur serta kelebihan dan kekurangan yang berbeda beda.


Posting Komentar untuk "10 Perbedaan Sistem Operasi Android (OS Android) & iOS (iphone Operating System)"